Membangun Karakter Sumber Daya Perusahaan Yang Lebih Baik Lewat Outbond Training

Tali-tali sudah terpasang mengelilingi paha dan panggul saya. Dengan berdebar-debar, saya menaiki tangga yang lumayan tinggi itu. Di atas, seorang teman sudah menunggu untuk memasangkan tali pengikat flying fox. Ya, sat itu pertamakalinya saya akan melakukan flying fox. Sebagai guru sekolah alam, saya tentu harus mencontoh ke murid-murid. Jangan bisanya hanya menyuruh murid saja untuk berani, gurunya juga harus berani.

Dengan gemetaran, saya pun meluncur dari ketinggian kira-kira 8 meter lebih ke bawa melalui tali flying fox. Boro-boro teriak untuk melepas ketakutan, yang ada malah bisik-bisik tak karuan, “Tidak, tolong, jangan, turuuuunn..” 


Duuuh, mengingat peristiwa lima tahunan yang lalu saat saya masih mengajar, sungguh lucu. Padahal ketika sudah sampai bawah, saya justru ketagihan ingin naik flying fox lagi. Awalnya mungkin memang takut, tapi setelah rasa takut itu lewat, pola pikir kita jadi berubah. Ternyata tidak ada apa-apa yang terjadi. Ternyata menyenangkan melawan rasa takut dan melayang di udara.

Flying fox merupakan salah satu permainan outbound. Outbound memiliki makna out of bounderise yaitu keluar dari kebiasaan, dimana seseorang diajak untuk berpikir luar biasa dan membuat terobosan-terobosan baru.

outbound training untuk perusahaan
sumber: SPIRIT Enterprise Group

Outbound training banyak digunakan dalam berbagai pelatihan sumber daya oleh perusahaan atau instansi. Namun, sekarang banyak juga tempat wisata yang memberikan sarana outbound agar keluarga atau perorangan bisa menikmati berbagai permainan outbound.

Melalui outbound diharapkan tujuan perusahaan atau instansi tercapai, karena outbound membantu terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas seperti:
  • Semangat kerja jadi tinggi
  • Mampu bekerjasama dengan tim
  • Pola pikir dan sistem kerja yang lebih baik
  • membangun dan meningkatkan iman dan takwa
  • Lebih memahami sebuah tantangan dan potensi diri
  • dan sebagainya
SPIRIT Enterprise Group adalah salah satu penyedia jasa outbound yang sudah bekerjasama dengan puluhan perusahaan. SPIRIT Enterprise Group menawarkan beberapa program outbound training, yaitu:

1.Company Outing Plus

Company Outing Plus merupakan program team building yang ditujukan untuk perusahaan dimana jumlah peserta kurang lebih 100 orang. Materi dan pelatihan yang ditawarkan meliputi Ice Breaking, Trust Building, Team work & Togetherness, Team Creativity, Team Focus, dan Sinergitas antar individu dalam kelompok maupun antar kelompok sehingga diharapkan pola pikir menjadi:  one team , one spirit, one goals.

outbound training untuk perusahaan
sumber: SPIRIT Enterprise Group

2. Corporate Team Building

Corporate Team Building merupakan salah satu program Outbound Training dari SPIRIT Enterprise Ggroup dengan program-program yang diberikan berupa: Ice Breaking, Trust Building, Problem solving, Team Work and Togetherness, Leadhership Communication, dan sebagainya. Jangka waktu training adalah dua-tiga hari. Dengan minimal 30 peserta yang ikut training, akan dibagi menjadi dua team dengan didampingi oleh satu orang fasilitator dan satu orang Observer. Di akhir kegiatan training, masing-masing peserta akan mendapatkan Personal Report Psikologis (laporan individu) sebagai bahan yang tentunya akan bermanfaat untuk perusahaan.

3. Paintball Game Mobile

Paintball Game Mobile adalah Permainan perang-perangan dengan memakai peluru berisi cat, dan perlengkapan perang layaknya ketika kita akan memasuki sebuah medan pertempuran. Peserta paintball Game Mobil mulia dari 15 tahun ke atas dan akan mendapat fasilias berupa peluru 30 butir, Senjata Semi automatic Model Tipman, helm Pelindung Kepala, Seragam Tempur, Body Protector, Tim Teknis, Tim Rescue, Team Strategic, dan obat-obatan.

Itulah program-program Outbound Training yang ditawarkan oleh Spirit Enterprise Group. Selain itu, SPIRIT Enterprise Group juga menyediakan alat-alat untuk outdoor activity / outbound training, seperti perlengkapan paintball, perlengkapan olahraga air (misal arung jeram), dan sebagainya.

Untuk teman-teman yang ingin mendapat informasi lebih lanjut tentang berbagai program outbound dari SPIRIT Enterprise Group, silahkan hubungi langsung pengelolanya ya.

Telepon/WA: 0896 5098 5099


 

Comments

  1. waah, aku juga suka banget outbound mbak, apalagi pas naik flying fox itu, seru banget. menantang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, saya udah lama nih gak flying fox lagi

      Delete
  2. Aku naik flying fox berkali-kali tetap takut dan pasti teriak2 hahaha tapi emng betul mba outbound bnyk manfaatnnya :)

    ReplyDelete
  3. Biasanya kalau di kantor suami mengadakan family gathering, keluarga boleh ikut. Disitu saya melihat para pegawai yang mengikuti outbond. Kayaknya seru dan semangat!

    ReplyDelete
  4. Bunda belum pernah meluncur di tali flying fox, tapi sering melihat cucu yang begitu senangnya melayang beberapa detik di tali gantungan flying fox. Senangnya cucu bunda, gak keliatan sedikit juga rasa takutnya.

    ReplyDelete
  5. Pas banget baca ini, soalnya besok saya ada outing yang konsepnya sama persis seperti tulisan diatas

    ReplyDelete
  6. Outbond selain untuk training juga bisa untuk refreshing... :D
    Nice info Mbak ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro