Tips Memilih AC Terbaik Untuk Rumah



Banyak rumah dijual di Jakarta Selatan dan kota lain yang dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC (Air Conditioning). Hal ini karena kawasan lokasi rumah tersebut memiliki suhu udara yang cukup panas sehingga membuat rumah menjadi kurang nyaman. Dengan adanya AC, maka suhu ruangan di rumah bisa disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah.

AC sendiri dapat disimpan di ruangan pilihan tergantung kebutuhan dari penghuni rumah. Biasanya, kamar tidur dan ruang tamu menjadi ruangan utama tempat AC dipasang. Semakin banyak AC yang dipasang, penggunaan listrik juga akan semakin besar.

Selain listrik, AC juga membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Perawatan perlu dilakukan agar AC tetap menyehatkan dan juga memiliki usia yang lama. AC juga dikenal sebagai salah satu peralatan elektronik yang mahal. Maka dari itu, penting untuk memilih AC yang tepat untuk rumah kita agar sesuai dengan kebutuhan namun tidak terlalu menguras biaya, baik biaya listrik maupn biaya perawatannya.


tips memilih ac
pixabay.com

Berikut adalah tips memilih AC terbaik untuk rumah hunian kita. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih AC, diantaranya adalah:

Luas Ruangan

Kinerja maksimal AC tergantung dari luas ruangan yang akan dipasang AC. Hal ini akan dapat membuat Kita memilih AC yang tepat. Dengan begitu, nantinya AC yang sesuai dapat dipilih untuk ruangan yang ada di rumah kita.

Untuk ruangan dengan luas sekitar 18 meter persegi, sebaiknya menggunakan tipe AC 1PK. Untuk ruangan yang lebih besar, gunakan AC dengan PK yang lebih tinggi. Untuk ruangan dengan luas 32 meter persegi misalnya, pilihlah AC dengan tipe 2PK.

Jumlah Orang dalam Ruangan

Tidak hanya luas ruangan, Kita juga perlu untuk memperhitungkan jumlah penghuni ruangan. Semakin banyak orang yang menggunakan ruangan, maka semakin berkurang suhu dingin yang dihasilkan oleh AC.

Untuk ruang keluarga dan untuk ruang tamu yang kerap diisi oleh banyak orang, maka kita harus memilih tipe AC yang berkekuatan lebih. Namun untuk ruangan seperti kamar tidur, maka AC dengan kekuatan biasa juga sudah cukup.

Kapasitas AC dan Listrik

Merek AC sendiri bebas dipilih oleh Kita. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah tegangan listrik yang diperlukan AC. Dengan begitu, AC dapat bekerja dengan optimal. Berikut rinciannya:

-          AC ½ PK memerlukan listrik 400 – 570 watt
-          AC ¾ PK memerlukan listrik 600 – 800 watt
-          AC 1 PK memerlukan listrik 750 – 950 watt
-          AC 1,5 PK memerlukan listrik 1100 – 1300 watt
-          AC 2 PK memerlukan listrik 1800 – 1950 watt
-          AC 2,5 PK memerlukan listrik 2350 – 2800 watt

Jadi, AC seperti apa yang cocok untuk rumah hunian anda, teman?

Comments

  1. Dari dulu tuh aku pling ribet deh mba klo urusan milih AC. Karena milih yang gak makan listrik banyak. Lumayan juga bikin jebol kantong soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya AC di rumah jg udah lama ga diperbaiki

      Delete
  2. aku sih karena tinggal di daerah dingin jadi gak terlalu memerlukan AC hihi.. kalau lagi gerah, pasang kipas aja udah cukup.
    thanks for the tips

    salam kenal
    http://www.fujichan.net/

    ReplyDelete
  3. terima kasih mba sudah diingatkan kembali

    ReplyDelete
  4. Listrik rumahku saat ini kyknya 1/2 PK aja hehe
    TFS mbak :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro