Tips Belanja Kosmetik Korea

Sebenarnya, Indonesia kaya sekali dengan bahan-bahan alami yang bisa membuat tubuh sehat dan cantik. Namun seringkali kita tidak tahu atau tidak berusaha mencari tahu. Produk kosmetik Indonesia juga cukup bagus dan ada yang sampai diekspor ke luar Indonesia. Yang saya suka dari produk skincare Indonesia adalah yang berasal dari bahan alami serta yang bersertifikat halal. Membeli produk Indonesia juga berarti memajukan perekonomian Indonesia dong, setuju?

Tapi sesekali mencoba produk kosmetik atau skincare dari luar negara Indonesia juga boleh kan. Banyak alasan orang menggunakan produk kosmetik atau skincare dari luar negeri, salah satunya dari Korea. Ada yang ingin tampil cantik atau ganteng seperti tokoh idolanya. Ada yang hanya ingin mencoba produk Korea yang katanya bagus. Ada juga yang belanja produk Korea karena sedang ada diskon, dan seterusnya.

pixabay.com

Budaya Korea memang sudah banyak meramaikan industri di negara kita. Diawali dengan drama korea, makanan Korea, lalu sekarang trend kecantikan dari Korea. Banyak produk kosmetik dan skincare dari Korea sekarang dijual di Indonesia.

Trend kecantikan memiliki tempat tersendiri di Korea. Salah satu buktinya yaitu dengan adanya acara-acara televise khusus tentang kecantikan. Misalnya drama korea berjudul Beautyology 101 dan acara semacam Talkshow kecantikan berjudul Get It Beauty.

Berikut ini adalah tips berbelanja produk kosmetik dan skincare Korea untuk teman-teman yang beragama Islam.

  1. Pilih yang bersertifikat halal. Produk kosmetik dan skincare dari Korea juga ada kok yang sudah bersertifikat halal untuk menarik konsumennya yang beragama Islam. Misalnya merek Talent, Sunwoo Cosme, Do, dan sebagainya.
  2. Jika tidak ada sertifikat halalnya, pilih kosmetik atau skincare yang berbahan alami dari tumbuhan, misalnya merek Inisfree dan yang lainnya. Atau, berlogo animal cruelty free (ACF) yang berarti tidak mengandung unsur hewani di dalamnya. Produk berlogo Leaping Bunny juga memberi jaminan ACF. Bahkan katanya logo Leaping Bunny memiliki regulasi lebih ketat dibanding ACF.
  3. Baca dulu komposisi bahannya dan hindari bahan yang meragukan atau termasuk najis. Misalnya, kolagen dan gliserin dari babi, hormon, plasenta, dan seterusnya. kalau kurang mengerti nama kandungan bahan dalam kosmetik atau skincare Korea, bisa googling di internet untuk mencari tahu.
  4. Periksa kandungan alkohol dalam kosmetik atau skincare Korea. Alkohol boleh digunakan dalam kosmetik dan skincare dengan syarat bukan dari pabrik khamr (minuman keras yang memabukkan) dan tidak merugikan pemakainya. Karena fungsi alkohol dalam kosmetik dan skincare adalah untuk melarutkan bahan-bahan aktif dan sebagai bahan antiseptik untuk membunuh bakteri.
Kalau teman-teman punya tips lain, mangga di-share di kolom komentar supaya bisa bermanfaat buat teman-teman yang lainnya. Untuk lebih jelas juga bisa mencaritahu berbagai keterangan dari lembaga terkait mengenai hal ini seperti majelis Ulama Indonesia. Artikel berikut bisa untuk sekedar referensi:

http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/detil_page/48/2242
http://beautynesia.id/6373



Comments

  1. harus di bagi nih, biar cewek cewek nggak ketipu belanja online, apalagi kosmetik yang nggak jelas

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsna Mbak. Emang halal ini peting banget ya

    ReplyDelete
  3. Poin yang ke 4 itu bagaimana kita tau nya alkohol yang di maksud di skin care or makeup itu bukan dari khmr gitu mba? Btw yang sudah ada label Halal yang mba sebutin aku malah baru tau yah, langka banget yang jual ^^'

    ReplyDelete
  4. mungkin ini bisa membantu mba http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/detil_page/48/2242
    wallahualam saya juga baru belajar tentang hal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. namun ada jg yang berpendapat jika alkohol itu najis sehingga harus dibersihkan ketika akan shalat misalnya

      Delete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro