8 Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Dari Rumah




Bagi seorang wanita, sangat sulit untuk memilih antara bekerja di luar rumah dan menjadi ibu rumah tangga penuh saat sudah menikah. Harus ada rasa saling pengertian dan komunikasi dengan pasangan agar seorang wanita mantap dalam bekerja atau menjadi ibu rumah tangga penuh waktu. 

Beberapa bidang pekerjaan tetap membutuhkan peran wanita, seperti guru, dokter, bidan, dan pekerjaan lain yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan didukung pasangannya karena seringkali waktu untuk keluarga terpakai untuk pengabdian kepada masyarakat. Jadi ibu rumah tangga penuh waktu pun tidak selalu mudah karena harus mengatur semuanya sendiri dan harus jadi orang yang bisa diandalkan di rumah.


Jika sulit menentukan pilihan antara bekerja di luar rumah dan menjadi ibu rumah tangga, ada satu cara yang bisa menjadi solusi dengan bekerja sesuai kemampuan dan passion di rumah. Di rumah bukan berarti terkurung dari dunia di luar rumah, hanya kegiatan bekerjanya yang lebih banyak di rumah. Beberapa pekerjaan ini bisa menjadi gambaran untuk anda yang ingin bekerja dari rumah sambil mengurus keluarga.

  1. Penulis
Jika kita mempunyai kemampuan menulis, kita bisa menjadikan menulis sebagai profesi. Penulis juga macam-macam jenis pekerjaannya. Diantaranya adalah mengirimkan tulisan ke berbagai media cetak, mempublikasikan tulisan menjadi sebuah buku, menjadi penulis skenario, menulis di blog sendiri dan menerima review berbagai produk dan jasa, menulis konten untuk website perusahaan, dan sebagainya. 

Profesi menulis ini jika ditekuni dan kita bisa bekerja keras lumayan juga loh. Tahu JK Rowling kan, penulis buku Harry Potter. Awalnya bukunya tidak sukses, namun setelah sukses bahkan dibuat film, JK Rowling pun menuai rejeki. Untuk penulis Indonesia, ada Achi TM yang sukses menjadi penulis skenario setelah sebelumnya menawarkan naskah-naskah bukunya ke berbagai Production House.

8 Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Dari Rumah
pixabay.com
 
  1. Berjualan
Berjualan produk atau jasa bisa dilakukan dari rumah juga dengan memasarkannya secara online atau membuka kios kecil di depan rumah. Berjualan online saat ini menjadi tren karena pengguna internet semakin banyak. Selain itu, berjualan online tidak membutuhkan toko. Produknya pun bisa dengan menjual produk orang lain, tidak harus produk sendiri. Jadi modalnya lebih sedikit. Kita hanya butuh smartphone atau laptop yang terkoneksi dengan internet untuk menjual produk kita secara online.

  1. Penjahit
Tidak semua orang bisa menguasai kemampuan menjahit. Jika kita memiliki keahlian menjahit, kita bisa membuka jasa menjahit pakaian di rumah. Orang yang ingin menggunakan jasa kita, tinggal datang ke tempat kita.

  1. Membuka kursus
Punya keahlian berbahasa, menggambar, pintar matematika dan sebagainya, bisa kita manfaatkan kemampuan tersebut dengan membuka kursus di rumah yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Jadi, walaupun titel kita sebagai ibu rumah tangga, kemampuan kita tidak akan hilang jika mengajarkannya kembali pada orang lain. Sediakan saja satu ruangan khusus untuk kursus serta waktu untuk memberi kursus, sore hari misalnya.

  1. Menyewakan kostum
Suka belanja pakaian dan mix and match pakaian? Manfaatkan pakaian yang kita beli untuk disewakan kembali. Akan selalu ada orang yang mencari pakaian daerah, pakaian karakter, pakaian profesi, dan sebagainya. Terutama pada saat perayaan hari Kartini atau kemerdekaan Indonesia.

  1. Desainer
Suka menata ruangan, merancang pakaian atau memnciptakan desain produk lainnya? Pekerjaan ini cocok untuk mereka yang suka mendesain atau mempunyai latar belakang desain. Pekerjaan mendesain bisa dilakukan dari rumah. Diantara para blogger, tentu mengenal desainer Langit Amaravati yang menggeluti pekerjaannya dari rumah sambil mengurus anak lelakinya. Beliau bisa jadi contoh untuk ibu bekerja dari rumah dengan melakukan pekerjaan mendesain blog dan produk lainnya seperti kartu nama.

8 Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Dari Rumah
pixabay.com


  1. Programmer
Anda memiliki kemampuan membuat program, anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk membuat berbagai program untuk perusahaan yang dikerjakan dari rumah.

  1. Seniman
Pekerjaan di bidang seni pun bisa mengerjakan pekerjaannya dari rumah. Misalnya pelukis, membuat ilustrasi untuk buku, crafter, komikus, dan lain-lain.

Kemajuan teknologi memudahkan orang bekerja dari rumah. Dengan bekal sebuah smartphone atau laptop yang terkoneksi internet, kita bisa dengan mudah mengenalkan usaha kita dari rumah. Harga gadget sekarang semakin terjangkau. Contohnya saja, harga laptop Asus di toko-toko online dibandrol mulai dari harga 3 juta. Untuk investasi usaha, harga segitu tentu tidak masalah ya.

Bekerja dari rumah tentu saja berbeda dengan bekerja untuk perusahaan tertentu. Salah satunya adalah penghasilan yang tidak tetap. Apalagi jika sambil mengurus keluarga, kita harus pandai membagi fokus dan waktu untuk bekerja. Tetapi semuanya bisa kita siasati misalnya dengan mengatur waktu dan komunikasi yang baik dengan anggota keluarga lain. Bagaimana dengan anda, pekerjaan jenis apa yang ingin anda geluti dari rumah sembari mengurus keluarga?

Comments

  1. Kalau saya misalnya nggak kerja lagi pengennya punya usaha sendiri sih entah itu jualan atau apa. Tapi pengen juga tetap dapat duit dari nulis. He

    ReplyDelete
  2. pengen banget menjahit belum beli meisnnya heheh sama pengen desainer juga kalau aku mah mba :)

    ReplyDelete
  3. Salam Mbak Bro
    Menjadi penulis dan berjualan itu paling memungkinkan sih dilakuin sekarang ini.
    Kalo ga bisa nulis, jualan bisalah.
    Ga pinter ngomong?
    Biarin toko online yang ngong sendiri, kita tinggal buat gambar aja.
    Mauliate
    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. sudah hampir 2 tahun terakhir menekuni kerjaan jadi penulis.. dan sekarang sedang berusaha mencari tambahan lainnya..
    dan bagi waktu di rumah memang sebenarnya justru paling susah yaa.. bawaan malasnya berat banget euy..
    hehehe

    ReplyDelete
  5. Setuju banget mbk. Susah memilih bekerja dluar dgn dirumah. Tp aku pengennya jadi penulis sih. Makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  6. Saya belum terpikir apa yang bisa saya lakukan jika harus bekerja dari rumah. Yang terbayang sih berkebun sayur organic sambil bersinergi dengan catering makan sehat. kayaknya asik juga

    ReplyDelete
  7. pengen jadi penjahit. kapan ya huhuhu

    ReplyDelete
  8. aku juga bekerja dari rumah mbak... banyak ya ternyata ibu-ibu yang juga berminat untuk mulai kerja dari rumah hehehe, aku sendiri terima jasa design dan memang dikerjain dari rumah cuma tantangannya itu lho mbaaa.. nggak boleh males karena suasana dirumah kan mendukung buat leyeh-leyeh banget. plus nya sih emang enak karena urusan rumah tangga udah pasti kepegang

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.