Thursday, July 9, 2015

3 Blog Masak Favorit

Masak sendiri di rumah ada keuntungannya. Selain lebih sehat dan hemat, juga belajar mengolah sendiri sampai menemukan formula yang tepat untuk masakan sendiri. 

Waktu di rumah orangtua di kampong, saya suka nyoba-nyoba resep sendiri. Waktu SMA, saya pengen nyoba bikin pudding kentang resep dari teman. Saya minta uang sama ibu buat beli bahan-bahan. Hasilnya? Gagal total hehe. Pudingnya ngelumbruk aja gabisa berdiri, saya Cuma colek-colek aja, rasanya sih enak. Tapi kalau penampakannya mengerikan, ga ada yang mau makan. Sejak itu, ga berani nyoba-nyoba masak lagi di rumah. Kata ibu, biar ibu aja yang masak. Saya disuruh jaga warung saja.


pitchknives.com
Sesudah nikah, tentu saja mau tak mau harus belajar masak dari awal. Masih ingat, awal- awal belajar masak dapur kayak kapal pecah. Berrrantakan! Awal-awal nikah juga lah pertamakalinya merasakan masakan bapak suami, sayur bayam dan ikan kembung goring. Walau potongan bawangnya di sayur bayam besar-besar ga beraturan, ternyata rasanya…not bad.

Sekarang saya punya 3 blog masak favorit yang sering saya kunjungi. Kalau cari inspirasi masak, biasanya berkunjung ke sini dulu baru yang lain. Ga tau ya, rasanya resep-resep di blog ini ga asal nulis aja, dipraktekkan dulu sama si empunya blog. Juga, biasanya ada tips-tips biar masaknya oke. Ini nih 3 blog masak pavorit saya:

Diah Didi’s Kitchen (www.diahdidi.com)

Pemilik blog ini mba Diah Didi. Tau blogger asal Yogya ini awalnya di grup Kumpulan Emak Blogger. Mbak Diah udah terkenal sekarang, keren, udah nerbitin buku masak. Beliau juga pengusaha. Kalau yang suka lihat blognya, pasti sudah tau mbak Diah juga menjual berbagai kebutuhan masak seperti gula pasir cair, tepung yang siap dipakai seperti tepung tempura, tepung kentang, dan lainnya.

Saya itu suka banget sama cireng. Kalau pulang kampong, ibu selalu menyediakan sarapan surabi plus gorengan. Saya suka nyari-nyari gorengan cirengnya untuk menemani si surabi. Suami juga seringkali pulang kantor membawa oleh-oleh cireng bumbu rujak. 

Suatu hari saya pengen bikin cireng. Saya caritahu resepnya dengan googling. Saya menemukan satu resep dan saya cooba reep itu. Saya rebus tepung tapioka tanpa dicampur tepung lain. Hasilnya, tepung tak bisa dibentuk jadi cireng karena terlalu lengket. Saya googling lagi. Ketemulah resep cireng praktis dan enak nya mbak Diah. Saya coba yang ini dan berhasil! Ternyata tepung tapiokanya dicampur dengan tepung terigu. Yaa..lumayan enak lah buat dimakan sendiri mah hehe. Tapi, sayang ga punya fotonya. 

minjem tokopedia.com


Monic Simly Kitchen (www.monicsimplykitchen.com)

Ketemunya blog mbak Monika Rampo ini waktu nyari resep dari pisang. Kebetulan di rumah ada pisang pemberian orangtua. Ingin diolah jadi makanan lain biar ga bosen. Lalu saya googling dan ketemu resep puding Kukus Pisang Kismis nya mbak Monik. Saya modifikasi dengan bahan yang ada dan ditambahkan kopi sachet untuk mengurangi rasa sepet psang. Jadilah resep puding pisang kopi ala saya.

Mbak Monica tinggal di Batam. Selain suka masak dan menuliskannya di blog, beliau juga suka jualan tas-tas keren dari Batam. 



Just Try and Taste (www.justtryandtaste.com)

Yang punya blog ini namanya mbak Endang Indriani, tinggal di jakarta sih kayaknya. Beliau juga udah nerbitin buku masak kayak mbak Diah Didi, lebih dulu mbak Endang kayaknya. Udah lama sih sering lihat blognya mbak Endang di google. Kalau ngetik satu nama resep, sering sekali muncul blog ini. Tapi, baru tergelitik untuk menjelajahi blognya setelah menemukan resep homemade bandeng prestonya mbak Endang.

Saya sekeluarga suka makan bandeng presto. Waktu coba bikin, ternyata cara saya salah. Saya tidak menerapkan tipsnya mbak Endang untuk menyalakan api besar sampai panci mendesis. Setelah itu kecilkan api dan masak bandeng selama 20 menit. Tips dari mbak Endang juga, alas panci diberi daun pisang supaya nggak lengket. Kalau mau mengangkat ikan, yang diangkat daun pisangnya biar ikan tak hancur.



Terus, setelah ngintip-ngintip blog masak ketiga blogger keren itu, apa saya jadi pinter masak? Beluuuuuum, masih belajar terus, try and error udah biasa. Tapi, beneran ga bosen baca 3 blog ini. Selalu ada resep-resep baru yang menarik dan terpacu ingin mencoba bikinnya juga. Sukses buat mbak Diah, mbak Monica, dan mbak Endang. Buat saya juga, ayo dong jangan malas belajar masak :D


30 comments :

  1. haduuuh ngiler euy liat cireng sm bandengnya, montok amat bandengnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedapnya tgk gamba2 smua. thx for sharing ya sis. Anyway, kalau free2 jemput ke blog saya untuk info2 kekal fit and slim.

      >>>Tips Turun Berat Semula Jadi!<<<

      Delete
  2. haduuuh ngiler euy liat cireng sm bandengnya, montok amat bandengnya

    ReplyDelete
  3. Ha...ha, sering sama mak kayak saya.... Kdng kepengen niru resep,,,hasilnya ancur2an....biasanya klo nyoba resep baru sekali trus gagal....kapok... Tp klo sekali trus enak..Suka dipraktekkan lg

    ReplyDelete
  4. Aku cuma ngelihat yg punya mba Diah Didi, gampang ngikutinnya :)

    ReplyDelete
  5. yang no 3 samaan..blog favorit banget, blognya mba endang...*hi hi sok kenal ya

    ReplyDelete
  6. aku tambahin mak, http://nandangwuyung.blogspot.com/ selaen resep masak2an dia juga kadang kasih tips foto masakannya

    ReplyDelete
  7. yang ke 1 dan 3 aku sering main, hehe. kadang nyobain, kadang hanya baca2 aja. :D

    ReplyDelete
  8. aku sering main ke blog mba didi...iya, orangnya keren, beken dan ramah bingiits...

    ReplyDelete
  9. Sering ngintipin blognya mbak Diah Didi juga hihi, nanti mau berkunjung ke dua yang lainnya juga. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  10. Aku pernah blogwalking ke blog nya mba diah didi.. Emang iya, suka masak.. Aku jadi ingin kembali blogwalking ke blog nya mba diahdidi.com hehehe

    ReplyDelete
  11. wah lumayan nih buat referensi resep masak sehari-hari..
    thanks mbak..

    ReplyDelete
  12. Wahhh panduannya bagus! terima kasih yaa

    ReplyDelete
  13. bandengny bikin perut laperr tuh,krucuk krucuk nih perut. :D

    ReplyDelete
  14. Ya Allah, salah banget puasa-puasa nyasar ke sini xD

    ReplyDelete
  15. Terima kasih mbak infonya, saya jadi bisa cari resep masakan buat menu sahur dan berbuka.

    ReplyDelete
  16. Toss dulu deh, saya juga suka kepo sama blognya Mbak Diah Didi & Mbak Endang JTT, keren dan bikin ngiler.

    ReplyDelete
  17. Terima kasih mbak infonya, saya jadi bisa cari resep masakan ......

    ReplyDelete
  18. Terimakasih, mba Kania.
    Saya terdampar di sini saat mencari blog memasak terbaik. Dan lewat tulisan ini, saya menemukan Monic's Simply Kitchen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga jalan2 k blognya mba Monic

      Delete
  19. wiiiih kaya nya mantap banget tuh seh masakan nya .. boleh saya nyicipin ga ?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...