Friday, October 9, 2015

Blogging Sebagai Hobi Yang Menghasilkan


Membaca, menulis, jalan-jalan.


Tiga hal itulah yang biasanya tertulis di kolom hobby di curriculum vitae yang saya kirimkan untuk melamar pekerjaan. Waktu kecil, bapak suka membelikan majalah anak. Saking suka sama bacaan (terutama fiksi), buku novel saya lebih banyak dari buku kuliah.

Katanya, orang yang suka membaca, biasanya suka menulis juga. Kesukaaan saya sama menulis dimulai dari surat menyurat dengan sahabat pena sejak SD. Masa SMA, saya mulai suka menulis di buku diary. Bahkan, cerita pendek pertama saya juuga dimuat di media cetak saat SMA di majalah terbitan Pos Indonesia, Sahabat Pena. Walau tak besar, senaaaang banget saat menerima honor pertama dari menulis.


Menulis di Blog Ternyata Bisa Menghasilkan

Saya mulai menulis di blog pada tahun 2000an. Mulanya saya menulis blog di Friendster, multiply, dan sekarang blogspot. Pemikiran saya tentang blog waktu itu adalah media untuk menuangkan curhatan, ide, dan opini yang dipublikasikan. Setelah ikut komunitas blogger tahun 2013-an, saya baru tahu ternyata blogging itu lebih dari sekedar menulis curhatan.

Dari blogging, saya bisa mendapatkan ilmu. Banyak blogger yang men-share tulisan tentang berbagai tutorial blog dan cara menulis yang baik. Dari blogging juga saya bisa mendapat pertemanan. Memang, kadang kita tak bisa mempercayai orang yang dikenal lewat dunia maya. Tapi, banyak juga yang bisa menjalin pertemanan karena blogging, karena suka blogwalking atau suka ketemu di acara blogger.
 
Blogging bisa menghasilkan rejeki juga loh. Ini yang sedang saya usahakan capai. Mm, kesannya matre banget ya. Ya kan materi juga penting. Walau istri tak berkewajiban cari nafkah, tapi kalau ada kesempatan untuk itu tanpa mengabaikan tugasnya di keluarga, kenapa tidak? 

Terus terang saya belum bisa menjalankan blogging secara full time dan lebih professional. Saya ibu rumah tangga tanpa asisten dengan 2 anak aktif. Waktu saya untuk blogging sehari hanya satu atau dua jam efektif. Lumayan untuk menyeimbangkan hidup diantara keruwetan rumah. Mungkin, saya lebih suka menyebut blogging sebagai hobi yang menghasilkan. Kecil atau banyak terserah Allah SWT yang Maha Memberi. Udah bisa buat jajan anak dan bantu-bantu keuangan rumah tangga saat akhir bulan, udah Alhamdulillah. Apalagi kalau bisa kasih hadiah ke saudara dan orangtua tanpa mengotak-atik uang belanja.

Supaya blog kita bisa menghasilkan, kita bisa mengupayakannya dengan beberapa cara:


  1. Mendaftar google adsense
Penghasilan yang diperoleh dari google adsense dalam bentuk mata uang dollar. Jika pengunjung blog meng-klik iklan yang ada di blog kita, maka kita akan mendapat penghasilan. Saya sendiri belum menerima penghasilan dollar dari adsense. Namun proses ke arah sana ada. Karena ternyata tidak mudah menarik perhatian pengunjung ke blog kita. Kita harus membuat konten yang menarik dan update tulisan setiap hari. 

  1. Mengikuti lomba menulis
Alhamdulillah saya pernah mengalami senangnya jadi juara lomba. Kecil dan besar hadiahnya saya syukuri. Ada yang berupa uang, barang, makanan, voucher belanja, dan lainnya. Makanya, kalau ada lomba, jangan takut untuk ikut. Menang atau kalah urusan nanti, yang penting berusaha semaksimal mungkin untuk membuat tulisan. Kalau menang, Alhamdulillah. Kalau tidak, lumayan buat update blog. Ikut lomba juga sekalian melatih tulisan dan memacu kreatifitas. Kadang, bahkan saya ikut lomba yang tak sesuai minat seperti tulisan di bidang otomotif. Penasaran, ingin menjajal kemampuan diri. Tulisan ini juga dalam rangka ikut  lomba di blog Emak Gaoel loh.

  1. Mendapat job review
Saya mendapat Job review biasanya karena ditawari. Untuk menawarkan sendiri sebenarnya saya tidak terlalu percaya diri. Saya juga meninggalkan alamat email di blog agar orang bisa menghubungi saya jika ingin bekerjasama dalam menulis.

  1. Menerbitkan buku dari tulisan-tulisan di blog
Saya ingin menerbitkan buku dari tulisan-tulisan di blog. Cuma, masih bingung akan mengambil tema apa dan tulisan apa yang pantas dijadikan buku.




Aplikasi yang biasa saya gunakan dalam ngeblog biasanya Note, Email, dan Chrome. Saya menulis di Note, dikirim ke email. Nanti baru dibuka di komputer dan dipindah ke blogspot. Chrome saya gunakan untuk blogwalking saat tak bisa duduk depan komputer.

Saya berharap seiring waktu bisa lebih professional dalam blogging, go for it. Untuk menjadi blogger profesional, butuh manajemen waktu yang baik dan keahlian dalam bidang tertentu. Blogger professional juga butuh pengetahuan teknis ngeblog, kemampuan mendesain dan memasasrkan blog, kreatifitas, networking, dan sebagainya. Mungkin nanti saat anak-anak sudah besar dan mandiri. Saat itu mungkin saya sudah berumur sekali, namun insyaallah saya akan tetap menulis. Tak jadi profesi, masih bisa menulis sebagai hobi.

696 kata.

Go For It Blog Competition

40 comments :

  1. wah terimakasih banyak ya mbk buat informasinya :)

    ReplyDelete
  2. Buat emak2 ngeblog itu bisa buat refresh lho mak! ;)

    ReplyDelete
  3. Semangat!! Saya juga ngarepin adsense cepet cair, hihihi... BTW, hapenya Sony Xperia yaa....

    ReplyDelete
  4. Heu, hobinya itu yang membuat blog ini keren. :)
    membaca memang bisa menjadikan kita mahir dalam menulis.
    semoga menang mba :0

    ReplyDelete
  5. mendesain blog,lagi dalam proses belajar saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng ya kalo udah berhasil tau satu tutorial

      Delete
  6. Wahhh saya bersyukur berkah ngeblog bisa kenal dengan mba kania yang baik hati...Yuk terus berbagi dengan ngeblog..hehe jadi malu nulis kayak gini secara diri lumayan jarang ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman mba lebih bnyak pasti di balik layar :) alhamdulillah bisa kenal mba Kartina lewat blog

      Delete
  7. Saya jaraang ikut lomba. Makanya jarang menang juga, hahaha. Pengen coba kayak temen2 yang rajin ikut lomba ahhhh

    ReplyDelete
  8. o gituh ya, dengan jadi blogger kita dapat menghasilkan uang dari cera sepeeti di atas

    ReplyDelete
  9. SEMANGATT mbakk, semoga aku bisa ketularan juga giat nulisnya ... giat bloggingnya,.

    ReplyDelete
  10. Saya juga belum bisa bagi waktu dengan kerjaan rumah mba' Kania, tapi terpacu juga dengan semangat teman-teman blogger. Paling tidak saya berusaha terus. Kalau lomba, saya banyak mindernya, hehehe.

    ReplyDelete
  11. Setuju banget, Mbak Kania. Memang blogging banyak manfaatnya kok. Selain hadiah, yang paling kerasa adalah bertambahnya teman dan kenalan dari berbagai daerah. Itulah yang asyik. Semoga bisa ke adsenses dan makin berjaya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  12. Semoga beruntung.

    Makin semangat mba kania

    ReplyDelete
  13. Setuju sama tulisannya. Aku juga baru tahu kalo ngeblog bisa menghasilkan uang itu sekarang-sekarang. Gudlak, mak...

    ReplyDelete
  14. Kalau saya ngeblok hanya pengisi waktu luang saja. Dibandingkan dg menulis atau blogwalking saya lebih mementingkan bermain dan belajar dg anak anak makanya paling banyak tulisan saya 4 artikel saja sebulan. Blog saya sama sekali tidak ada tujuan komersial, kalaupun ikut lomba blog karena rasa pertemanan yg kebetulan saya punya materi nyata bukan karena hadiahnya walaupun terkadang saya memenangkannya.

    ReplyDelete
  15. daftar programnya tokopedia mak, biar bisa menghasilkan. Aku udah coba, bayarannya sangat menggiurkan.

    ReplyDelete
  16. saya mulai ngeblog lagi gegera dikomporin suami terus mbak. tadinya cuma ngeblog nulis resep di blog khusus :)
    salam kenal mbak ^_^

    ReplyDelete
  17. Artikel ini sangat bermanfaat...terimaksih sdh berbagi mba Kania

    ReplyDelete
  18. Saya baru-baru ini mendaftar adsense dan disetujui. Selanjutnya lagi nunggu tawaran review dari brand besar yang bayarnya pake gadget :D

    ReplyDelete
  19. sukses ya mbak lombanya....aku masih sering nggak pede n minim ide saat berlomba mb....

    ReplyDelete
  20. tetap semangat....waktu Insyaallah masih panjang....btw salam kenal kunjungn perdana setalah back to blogger...

    http://agoesman120.wordpress.com
    salam

    ReplyDelete
  21. Saya sudah terdaftar adsense tapi belum cair cair juga... hehehe.. mesti sabar ya..

    Semoga menjadi blogger profesional nya tercapai ya mbak. Aamiin

    ReplyDelete
  22. Ayuk mbak sama-sama berdoa, agar tulisan di dalam blog bisa jadi buku, aamiin :D

    ReplyDelete
  23. Mendapatkan penghasilan dari Adsense memang sedikit sulit, tapi hasilnya sangat memuaskan

    ReplyDelete
  24. blog untuk era skrng emang sedang naik daun ya mbaa.. posisi blogger pun semakin memegang peranan penting dalam ekonomi.. jadi blogger itu menyenangkaaann

    ReplyDelete
  25. Kalau saya pribadi masih belum kepikiran buat menghasilkan uang dari blog, untuk saat ini yang penting ikhlas berbagi dulu. :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...