Monday, June 13, 2016

Perawatan Rambut Ala Elisa Monic


Seperti halnya di dunia nyata, dunia maya blogging pun begitu ramai. Banyak orang dengan berbagai latar belakang yang bisa memperkaya pertemanan dan pengetahuan jika kita bisa mengambil sisi positif dari ngeblog. Seperti program Arisan Link dari Grup Blogger Perempuan, dimana saya bisa mengenal lebih banyak blogger perempuan di grup ini.

Kali ini saya mengunjungi blognya Elisa Monic, seorang Blogger Bekasi yang sudah menulis di blog sejak usia 17 tahun (Sekarang Monic 24 tahun). Waw, saya di usia 17 masih nulis di diary, hehe, karena memang saya tinggal di kampung dan gak punya akses internet. Saat itu Monic (atau bisa juga dipanggil Elisa) banyak menulis tentang diri sendiri dan puisi. Namun sekarang Monic lebih suka menulis segala hal tentang beauty (kecantikan). 


elisa monic
Dari postingan-postingannya yang berlabel beauty, saya tertarik dengan segala hal tentang perawatan rambut yang ditulis beauty blogger ini. Karena saya pun pernah mengalami masalah ketombe rambut yang parah beberapa tahun lalu sebelum menikah, seperti yang pernah dialami Monic. Sedikit-sedikit, saya garuk kepala karena ketombe yang membuat kepala gatal. Ibu saya sampai gemas melihat saya garuk-garuk kepala terus. Tangan saya ditepisnya kalo sudah keliatan mau garuk kepala. Mungkin beliau takut anaknya gak laku karena kerjaannya garuk kepala terus, hihi. 

Sekarang masalah ketombe saya sudah hilang namun berganti dengan masalah lain yaitu kerontokan. Mungkin karena pengaruh hormone dan usia juga dan saya belum menemukan solusi yang pas untuk ini. Eh, kok jadi cerita tentang saya, kan mau cerita tentang perawatan rambut ala Elisa Monic. Ini nih perawatan rambut yang dilakukan Monic biar rambutnya sehat.

1. Pre shampoo oil treatment and deep conditioning

Rambut Monic termasuk rambut kering dan ia pernah berjuang melawan ketombe yang parah. Monic mencoba memakai minyak kelapa sebelum keramas yang didiamkan semalaman. Tujuannya untuk menghilangkan ketombe. 

Kenapa Pre-Shampoo Oil Treatment ? Karena, mencuci rambut dengan shampoo tidak hanya membersihkan rambut kita dari debu/kotoran, polusi, dan sisa-sisa produk rambut. Tapi juga dapat menghilangkan kandungan baik dari natural oil yang ada pada rambut. Itulah sebabnya, sering disarankan untuk tidak keramas setiap hari karena rambut kita perlu kandungan oil untuk tetap sehat.

Untuk memulai Pre-Shampoo Oil Treatment butuh minyak yang punya banyak manfaat dan kandungan yang baik. Beberapa minyak yang disarankan adalah minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak alpukat. Monic memilih minyak kelapa karena lebih light/ringan untuk kulit kepalanya  daripada minyak zaitun yang cukup waktu lama untuk membilas. 

minyak kelapa
Minyak kelapa buatan sendiri untuk mengusir ketombe (elisamonic.com)

Monic juga membuat sendiri minyak kelapa yang akan dipakai untuk memastikan semuanya bersih dan tidak ada kandungan bahan lain. Dari satu buah kelapa tua, Monic bisa dapat minyak kelapa setengah botol lewat proses cold press untuk mendapatkan semua benefit dari minyak kelapanya. Moniiic, share juga dong gimana cara bikin minyak kelapa lewat proses cold press!

Cara pakai minyak kelapanya, oleskan ke rambut sebelum tidur lalu balut rambut dengan handuk atau shower cap biar tidak mengotori seprai, Besok paginya, bilas rambut menggunakan shampoo. Atau bisa juga dioleskan 30-45 menit sebelum keramas. Monic melakukan treatment ini 2 hari sekali sesuai jadwal keramas. Namun setelah ketombe hilang, Monic melakukannya seminggu sekali. 

Saya juga jadi terinspirasi untuk melakukan hal yang sama untuk rambut rontok saya. Dan sebenarnya saya juga sudah melakukan pre shampoo oil treatment ini sama anak perempuan saya yang rambutnya tipis. Saya suka mengoleskan rambut anak saya minyak zaitun sebelum keramas. Hanya saja masih belum rutin karena suka lupa.

Nah, kalo deep conditioning yang Monic lakukan tujuannya menghindari conditioner menempel di rambut dan mengakibatkan ketombe. Caranya, setelah keramas pakailah conditioner ke kulit kepala dan rambut lalu bungkus rambut dengan handuk hangat sebagai pengganti steamer seperti di salon. Lalu diamkanselama 45 menit. Monic melakukannya minimal seminggu sekali. Hasilnya, rambut jadi mudah diatur, lemas dan jatuh. 

2. Mengatasi ketombe dalam 3 langkah

Monic memberikan 3 tips agar ketombe tidak balik lagi. Pertama, keramas dengan rutin sesuai jadwal dan jangan biarkan rambut kotor terlalu lama. Kedua, Tidak mengganti-ganti produk rambut kalau sudah mendapatkan produk yang cocok. Dan ketiga, berikan rambut perawatan rutin seperti creambath, pre shampoo oil treatment dan conditioning.

3. Menggunakan catok agar rambut terlihat bervolume

Monic punya tips agar rambut terlihat bervolume saat kita tak banyak punya waktu, yaitu dengan menggunakan catok. Intip tutorialnya di video Monic yang ini.



Itulah perawatan rambut yang Monic lakukan agar rambutnya indah dan sehat. Selain berbagi tentang beauty di hari Jumat, Monic juga bisa dibilang seorang lifestyle blogger karena suka menulis tentang lifestyle atau hal lainnya di hari Senin. Monic senang berbagi hal yang positif yang akan membangkitkan semangat. Monic juga senang membuat sesuatu dengan tangan sendiri, karena itu kadang ia membuat artikel DIY (Do It Yourseld). Gak lama lagi, Monic juga akan mempublish blog bukunya sendiri karena memang ia pecinta buku. Asiiik nih, teman blogger satu grup saya di Arisan Link banyak pecinta buku!

Oh ya, Monic adalah lulusan sarjana ekonomi dan sekarang bekerja untuk perusahaan keluarga. Ternyata, bekerja untuk perusahaan keluarga sendiri tidak mudah. Monic kadang harus tetap masuk di hari Sabtu saat seharusnya libur, kadang dimarahin ayah sendiri saat pekerjaan salah, susah untuk ijin karena perusahaannya ada di rumah, dan suka duka lainnya termasuk omongan nyinyir orang lain yang tidak merasakan sendiri seperti apa rasanya bekerja untuk perusahaan keluarga. Semangat Moniiiic!!

Yuk, mampir ke blognya Monic dan sosial medianya kalau ingin tambah kenal. 

Facebook: Elisa Monic
Twitter:  @elisamonic
Youtube: Elisa Monic
Instagram: @elisachic

20 comments :

  1. Wah saya termasuk yg tak terlalu detail soal kecantikan.. bisa mampir dan belajar dr tulisan2 mba Monic. Bagus juga ya mba ada video tutorialnya juga

    ReplyDelete
  2. aah aku juga suka maluu kalo dah komen di biuti blogger, secara ga tau detail masalah kecantkan xixiix

    salam kenal buat Mba Elisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama teh, saya jg gatau banyak ttg dunia beauty tp jadi belajar dikit2 merawat diri

      Delete
  3. Saya juga ketombean mba, abis kepo di blognya mba Monic pengen coba minyak kelapa deh. Biar say good bye sama ketombe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah say goodby tp bisa aja balik lg kalau ga dirawat

      Delete
  4. Boleh banget neh tips merawat rambut ala Elisa Monic ya mba

    ReplyDelete
  5. wah, rajin banget bikin mikin kepala sendiri. Mantap, uy

    ReplyDelete
  6. Ini tulisan ttg Elisa Monic keberapa ya yg kubaca? Heheee... Jadi mengenalnya dr bbrp sisi.

    ReplyDelete
  7. Ya ampun telaten banget ternyata mba Monic :D
    sampe bikin minyak kelapa sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg telaten kaya gini calon istri idaman , eh

      Delete
  8. Monic jujur banget soal ketombe ya, tapi dari sini jadi guru buat dia tuk memberikan informasi yg lebih baik terutama di blognya. Kalau saya lebih milih pre-shampo daripada conditioner

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mau nyoba, padahal di rumah ada minyak zaitun. tapi suka lupa ><

      Delete
  9. Mau nyobain juga ah pre-shampoo, secara selama ini pakai conditioner aja suka lupa. Hihi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...