Cara Membuat Pancake Murah dan Enak

 

Pancake ini adalah salah satu menu sarapan Amerika yang populer hingga ke seluruh dunia. Biasanya pancake ini disajikan dengan buah- buahan yang segar, madu atau bisa juga sirop maple hingga selai kacang. Kadang ada beberapa orang juga yang menikmati pancake ini dengan paduan yang gurih seperti daging asap, bacon, sosis, keju dan telor mata sapi. 


Cara membuat pancake gaya Amerika ini sangatlah sederhana, hanya terdiri dari tepung terigu, telur, susu dan juga mentega. Dalam proses pembuatannya pun sangatlah mudah kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan menjadi satu. Untuk menjadikan tekstur pancake yang lembut kamu bisa memakai buttermilk. 


Karena kepopuleran pancake, saat ini sudah banyak sekali campuran tepung adonan pacake siap pakai yang tersedia dalam berbagai merk. Untuk membuatnya kamu hanya perlu menambahkan susu dan juga telur. Karena pancake ini dimakan selagi hangat ada beberapa orang yang meyebutnya dengan sebutan  hotcake atau griddlecake karena pancake ini dimasak di atas wajan yang bergelombang. Pancake ini harus kamu makan selagi panas supaya rasanya tetap enak. Jika kamu ingin memuat pancake ala Amerika yang memiliki tekstur yang lembut kamu bisa mengikuti resep yang ada di bawah ini:




Bahan:

225 gram tepung terigu dengan protein sedang

2 sendok teh baking powder

1/2 sendok teh garam

1 sendok teh gula pasir

2 butir telur ayam

30 gram mentega tawar, yang suda dilelehkan

300 ml susu cair

mentega untuk olesan

Topping:

Potongan buah segar seperti strawberry, apel, dan pisang

Madu atau sirop maple


Cara membuat:

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah campurkan tepung terigu dengan baking powder, garam dan gula putih ke dalam mangkuk kemudian aduk hingga rata.

Langkah yang kedua kocok telur sampai berbuih kemudian masukan mentega yang sudah di cairkan dan juga susu.

Kemudian buatlah cerukan dalam tepung tadi dan tuangkan campuran telur sedikit demi sedikit sambil kamu aduk dengan menggunakan kocokan hingga adonannya tercampur dengan rata.

Setalah adonan tercampur rata kamu harus diamkan adonan selama 15 menit sebelum di masak.

Sambil menunggu adonan kamu siakan wajan dan panaskan wajan degan api kecil, setelah wajan panas kemudian olesi wajan dengan sedikit mentega.

Kemudian kamu tuangkan 1 sendok sayur adonan pancake tadi ke atas wajan yang sudah panas. Masak pancake hingga permukaannya memiliki lubang yang kecil. Kemudian balik pancake secara perlahan dan masak lagi sisi satunya sebentar lalu angkat.

Ulangi semua langkah tadi hingga adonan pancake kamu habis

Setelah semua pancake matang saatnya kamu platting dan tambahkan semua topping yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Jangan lupa untuk memakannya selagi hangat ya!

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatika ketika kamu ingin membuat pancake ala amerika ini, diantaranya ada:

Jika kamu menggunakan double acting baking powder kamu harus mengurangi takarannya menjadi 1 sendok teh saja.

Sebaiknya kamu juga diamkan adonan pancake beberapa saat sebelum dimasak supaya adonan pancakenya menjadi lebih lembut.

Jagan lupa juga untuk mengaduk adonan secara merata sebelum kamu menuangkan adonan ke dalam wajan.

Nah itu dia bahan, langkah dan tips yang perlu kamu perhatikan ketika kamu ingin membuat pancake ala amerika yang mudah dah murah di rumah. Selamat mencoba membuat pancake sendiri di rumah ya semoga berhasil!


Comments