Menyikapi Berbagai Berita Tentang Covid-19

 Setiap hari kita pasti menyempatkan membaca, mendengar atau menonton berita sambil melakukan aktivitas kita sehari-hari. Dengan membaca, mendengar atau menonton berita, kita ingin memperbarui pengetahuan kita tentang segala hal yang terjadi di sekitar kita. Tentu saja, juga biar nggak kudet (kurang update) kalau mengobrol dengan orang lain. 


Di masa pandemi seperti sekarang, berita tentang kesehatan pasti mendominasi semua media, baik televisi, radio, maupun koran dan website berita. Pandemi yang disebabkan Covid-19 telah menjadi pusat pembicaraan yang tak ada habisnya karena kedatangannya yang tak diundang dan merupakan hal baru serta menyebabkan perubahan dalam banyak hal. 


Setiap hari, berita tentang jumlah pasien Covid-19 di seluruh Indonesia selalu diupdate oleh pusat informasi Covid-19. Berita tentang cara penularan dan pencegahannya pun setiap hari selalu diinformasikan agar masyarakat waspada. Pun berita tentang berbagai dampak pandemi pada berbagai hal berseliweran di berbagai media. Pariwisata jadi sepi, perekonomian menurun, banyak terjadi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), dan lain-lain. 


Berita terkini


Di awal pandemi, banyak yang jadi paranoid karena setiap hari terus menerus digempur dengan berita tentang Covid-19, bahkan jadi depresi dan akhirnya malah jadi jatuh sakit betulan. Ditambah lagi, aktivitas kita sekarang banyak dilakukan di dalam rumah karena pembatasan sosial, yang membuat kita semakin depresi. Sebaliknya, masih banyak juga yang tak percaya adanya Covid-19 dan menganggapnya hanya ada di berita-berita atau hanya ada di daerah tertentu. 


Menurut para ahli, menyikapi berita-berita Covid-19 di berbagai media adalah dengan cara kita harus tetap waspada, namun tidak perlu juga panik berlebihan. Panik yang berlebihan akan menurunkan sistem imun tubuh kita. Kurangi berita yang tak perlu dan bahagiakan diri kita. 


Bagaimana cara membahagiakan diri kita? Salah satunya dengan cara melakukan berbagai hobi yang menyenangkan di sela-sela kegiatan pokok kita agar hati bahagia. Misalnya saja melakukan olahraga, menulis, menyanyi, hobi otomotif, dan lain sebagainya. Bahkan, mungkin yang awalnya sekedar hobi bisa dikembangkan jadi sesuatu yang lebih menguntungkan. Misalnya saja yang hobi olahraga, jadi mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan indah. Bahkan mungkin saja mendapat tawaran untuk menjadi instruktur. Yang hobi menyanyi, bisa mengikuti lomba dan berkesempatan mendapat berbagai hadiah atau bertemu orang-orang yang ahli di bidang musik. Yang hobi nulis, bisa menerbitkan buku sendiri. Yang hobi otomotif, bisa membuat mesin yang bermanfaat untuk orang banyak. 


Oh ya, ketika mendapatkan berita kita juga jangan memakan mentah-mentah berita tersebut, baik berita tentang COVID-19 maupun berita lainnya. Kalau perlu, lakukan kroscek agar tak termakan berita palsu atau hoax yang kadang membuat gempar dan panik. Hmm, sudah sering kan ya kita dapat berita hoax baik lewat media online maupun grup percakapan pribadi. Sebaiknya tidak langsung share dan periksa dulu apakah beritanya benar. 


Berikut tipsnya agar tak termakan berita hoax:


1. Tidak langsung share ketika mendapatkan suatu berita dan tidak terpancing emosi ketika mendapatkan berita yang kurang baik. Pergunakanlah akal dan pikiran kita untuk menyaring berita yang masuk ke dalam rumah kita. 


2. Periksa kebenaran berita tersebut melalui media yang terpercaya dan pihak yang bersangkutan dengan berita. Misalnya ketika mendapat berita tentang bahaya vaksin, tanyalah pada ahli kesehatan yang keilmuannya berhubungan dengan vaksin. 


3. Bacalah, dengarkan atau tonton berita dari media yang terpercaya dengan narasumber terpercaya sesuai keilmuannya. 


Dalam menanggapi suatu berita, kita memang dituntut untuk berfikir jernih. Apakah berita yang kita dengar itu benar atau salah, mungkin hanya Tuhan Allah SWT saja yang mengetahui kebenarannya. Kita hanya bisa berusaha dengan berikhitiar sebaik mungkin untuk kehidupan kita, waspada terhadap berita yang kurang baik dan bergembira sewajarnya saja akan berita baik. 


Saat ini, pandemi COVID-19 sudah berlangsung setahun lamanya di negeri kita. Nun di tengah berita pandemi yang membuat kita khawatir, selalu terselip harapan dan doa di hati kita agar pandemi segera berakhir. Harapan itu mungkin pelan-pelan akan terwujud berkat usaha dan doa yang tiada henti dari kita semua. Misalnya saja dengan adanya berbagai penemuan alat deteksi COVID-19 oleh peneliti di universitas-universitas di Indonesia, membuat kita berharap hidup dengan COVID-19 lebih mudah dan terjangkau. Jadi, jangan putus dari mendapatkan berita ya. Selalu ada berita positif yang akan membangkitkan semangat kita. 

Comments

Popular posts from this blog

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik