Memahami 6 Rukun Iman yang Ada Didalam Agama Islam

 


            Asal kata dari rukun iman ini adalah gabungan dari dua buah kata yaitu “rukun” yang memiliki arti tiang, dan juga “iman” yang memiliki arti kepercayaan. Jadi jika kita simpulkan artinya ini adalah pilar dari keimanan, pilar ini harus dimiliki oleh semua umat muslim.

            Seperti yang dijelaskan didalam Hadis Riwayat Imam Muslim yang bunyinya “Maka kabarkan padaku tentang iman, Rasulullah bersabda: Iman adalah bahwa kamu beriman kepada Allah dan malaikat-Nya, segala kitab-Nya, dan Rasul-Nya dan hari akhirat serta kamu beriman dengan qadar baik dan buruk.”

            Ini dia 6 rukun islam yang ada dan harus Anda ketahui:

·       Iman kepada Allah SWT

Sebagai umat muslim yang baik, kita ini harus beriman dan percaya jika Allah SWT ada, seluruh dunia dan seisinya ini di ciptakan oleh Allah SWT. Sebagai umat muslim kita ini tidak boleh menyembah tuhan selain Allah SWT. Salah satu bentuk iman kepada Allah SWT juga kita harus mengimani sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah SWT yang ada di dalam Asmaul Husna.

·       Rukun iman kepada Malaikat

Malaikat ini dalam bahasa arab asalnya dari kata “malak” yang artinya kekuatan. Malaikat ini diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya. Sebagai umat muslim yang baik kita ini harus percaya akan adanya malaikat walaupun kita tidak bisa melihatnya. Dalam agama islam ada 10 nama malaikat yang wajib diketahui yaitu:

1.     Jibril

2.     Mikail

3.     Israfil

4.     Izrail

5.     Munkar

6.     Nakir

7.     Raqib

8.     Atid

9.     Malik

10.  Ridwan

·       Iman kepada kitab-kitab Allah

Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab yang diturunkan kepada para nabi untuk bisa membimbing umat manusia. Kitab yang di turunkan oleh Allah SWT ini bukan hanya satu diantanya ada:


iman kepada Alquran


1.     Al-Qur'an

2.     Taurat

3.     Injil

4.     Zabur

·       Iman kepada Nabi dan Rasul

Rasul adalah utusan dari Allah SWT yang diberikan sebuah wahyu kemudian wahyu tersebut harus di sampaikan dan juga diamalkan. Semua Rasul yang ada ini pasti seorang Nabi, tapi  seorang Nabi ini belum tentu seorag Rasul. Hal ini di karenakan nabi ini tidak diberi perintah untuk menyamikan wahyu yang mereka terima untuk umat. Dalam agama islam sendiri terdapat 25 nabi dan rasul yang wajib untuk diketahui.

·       Iman kepada Hari Akhir

Hari akhir ini benar adanya, dan sebagai umat islam kita juga harus mempercayainya. Hari akhir ini lebih sering dikenal sebagai hari kiamat, hari akhir ini adalah hari dimana bumi dan seluruh isinya hancur. Setelah semua umat di dunia meninggal, semuanya ini akan di bangkitkan lagi kelak untuk di timbang segala amal dan juga perbuatannya selama ia masih hidup di dunia.

·       Iman kepada Qada dan Qadar

Seperti yang sudah kita tahu jika Allah SWT ini sudah memiliki kehendak, ketetapan, dan juga keputusan untuk semua mahluk yang telah dia ciptakan, baik itu hal yang baik atau untuk hal yang buruk. Sebelum manusia ini terlahir ke dunia Allah SWT ini sudah memiliki ketetapan untuk manusia tersebut. Semuanya telah Allah SWT tulis di dalam kitab Lauh Mahfuz.

Itu dia pejelasan kita hari ini untuk 6 jenis rukun iman yang ada di dalam islam, jika Anda sudah mengetahui jangan lupa untuk di terapkan juga dalam kehidupan sehari- hari.

 

Comments

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask