Harapan di Hari Blogger Nasional 2023

 

Sudah tahu belum kalau setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional? Ya, Hari Blogger nasional pertamakali ditetapkan pada tahun 2007 oleh Menteri Komunikasi dan informatika RI saat itu yaitu Bapak Muhammad Nuh.

Buat teman-teman yang baru mendengar tentang blogger, blogger adalah seseorang yang menulis di blog. Blog sendiri pada dasarnya adalah web log yang berarti website untuk menyimpan log atau catatan yang dikelola oleh satu atau beberapa blogger.

Penetapan Hari Blogger Nasional sejalan dengan perayaan Pesta Blogger dimana saat itu para blogger dari seluruh Indonesia berkumpul dan berdiskusi. Setelah 4 tahun, scara Pesta Blogger berubah menjadi event On Off Indonesia (OnOffID) yang mana fokusnya mulai bergeser ke arah bisnis tentang pengelolaan blog yang efektif. Blog diakui sebagai sumber potensial penghasilan yang mengubah persepsi dari blog sebagai platform curhatan hati menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Melalui inovasi tersebut, blog bertransformasi dari sekedar tempat untuk berbagi pengalaman pribadi menjadi salah satu sarana penting dalam dunia bisnis modern yang memberikan kesempatan kepada para blogger untuk mengembangkan kreatifitas mereka dan meraih peluang finansial yang lebih besar.


hari blogger nasional 2023
sumber; pixabay


Harapan Untuk Diri Sendiri di Hari Blogger Nasional

Saya mulai menulis di blog pada platform Blogger pada akhir tahun 2009, jadi sudah sekitar 22 tahun saya menulis di blog. Awalnya saya hanya mencari kegiatan positif di sela-sela mengurus keluarga sebagai sarana healing atau refreshing yang akan membuat mood menjadi lebih positif. Menulisnya pun hanya saat waktu senggang saja dan menulis asal saja sesuai apa yang ada dalam pikiran dan dalam hati, tanpa memperhatikan Teknik menulis yang benar seperti apa, mungkin istilahnya sekarang adalah free writing ya.

Karena ketidaktahuan saat memulai menulis di blog, saya pun pernah meng-copy paste sebagian tulisan website lain ke blog saya. Belakangan setelah beberapa lama menjadi blogger dan bergabung dengan komunitas blogger, saya baru tahu kalau copy paste tulisan dari website lain itu tidak boleh. Secara etika, itu berarti pencurian tulisan orang lain. Selain itu, blog kita akan terdekeksi oleh Google sebagai penjiplak yang tentu akan berpengaruh buruk terhadap penampilan blog menjadi kurang bagus.

Saya pun berusaha menghapus tulisan copy paste tersebut dari blog dan berusaha membuat tulisan yang dibuat sendiri walaupun Cuma beberapa baris. Ya, awalnya saya menulis di blog Cuma beberapa baris saja. Yang penting update blog dulu deh, pikir saya. lalu lama kelamaan menjadi satu paragrap, dua paragrap, tiga paragrap, dan seterusnya. Ternyata saya bisa juga menulis jika dilatih terus setiap hari. Sekarang, jika satu hari tidak meluangkan waktu untuk menulis rasanya ada yang hilang dari dalam diri saya, karena kebutuhan mengeluarkan ribuan kata belum tersalurkan. Ya, setiap manusia baik lelaki maupun Perempuan memiliki kebutuhan untuk mengeluarkan kata-kata setiap harinya. Dan bagi saya, menulis adalah salah satu caranya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Saya berharap bisa terus meningkatkan kualitas tulisan saya menjadi lebih baik, disertai Teknik blog yang memadai. Ya, menulis di blog itu ternyata bukan sekedar menulis loh. Kita perlu punya pengetahuan lain tentang mengelola blog, memasukkan berbagai kode html blog, mendesain blog, menerapkan Teknik SEO agar tulisan kita banyak dicari pembaca, dan sebagainya. Jadi, ternyata pekerjaan dan hobi seorang blogger itu begitu kompleks ya. Bahkan untuk masa saat ini, blog semakin bagus lagi jika disertai foto yang ciamik dan video yang keren.

Saya juga berharap bisa terus menulis, menulis sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang banyak di platform blog atau lainnya, menulis sampai tubuh saya tak mampu lagi menopang dunia. Menulis di blog adalah hobi dan bahkan profesi yang bisa dilakukan sampai tua, karena seringkali pekerjaan menulis di blog tidak memperhatikan batasan usia penulisnya. Yang penting, performa blog dan tulisan bagus menurut pemberi pekerjaan. Itu yang saya tahu.


hari blogger nasional 2023
sumber: pixabay


Harapan Untuk Komunitas Blogger di Hari Blogger Nasional

Komunitas blogger pertama yang saya ikuti adalah Kumpulan Emak Blogger (KEB). Pertamakali saya tahu KEB dari postingan seorang teman blogger yang sudah terlebih dulu bergabung dengan KEB. KEB adalah komunitas blogger Perempuan Indonesia yang anggotanya terdiri dari ribuan blogger Perempuan dari berbagai komunitas blogger Indonesia, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri.

Saya langsung merasa betah bergabung dengan KEB. Banyak hal positif yang saya dapatkan ketika bergabung dengan KEB. Karena semua anggotanya Perempuan, tentu lebih nyaman ketika berinteraksi dan berbagi segala hal tentang Perempuan. Saya jadi mengenal para blogger perempaun dari seluruh Indonesia. Biasanya interaksi dan bahkan diskusi dengan sesama anggota dilakukan di grup facebook KEB, melalui kegiatan blogwalking dengan tema berbeda stiap harinya, melalui website emakblogger.com, Instagram KEB, atau saat ada acara yang diselenggarakan secara offline.

Banyak diskusi dilakukan dengan berbagai tema, seperti parenting, keuangan dan bahkan tentang tema tentang blog. Bahkan selain diskusi secara gratis dari narasumber yang juga anggota KEB, KEB juga kerap menjadi penghubung dengan Perusahaan yang memberikan penawaran Kerjasama penulissan di blog.

Di Hari Blogger Nasional 2023, saya berharap KEB akan semakin baik lagi dalam mewadahi para blogger Perempuan Indonesia. Akan semakin banyak lagi kegiatan blogger yang menyatukan blogger Perempuan Indonesia, tak hanya di pusat bahkan di daerah. Saat ini sudah ada komunitas KEB Solo yang banyak mengadakan kegiatan sendiri di Solo. Tentunya ini Langkah yang sangat positif dan bagus sehingga blogger di Solo dan sekitarnya bisa semakin produktif dengan kegiatan yang bermanfaat. Semoga nanti ada juga komunitas KEB di daerah lain seperti Bandung atau bahkan Tangerang Selatan dimana saya tinggal saat ini. hehe, kalau Tangerang Selatan sih bisa loncat ke Jakarta ya jika ada event KEB di Jakarta.

Kegiatan challenge menulis seperti yang KEB lakukan menjelang Hari Blogger Nasional ini juga sangat bagus untuk melatih dan mengasah kemampuna menulis blogger. Saya senang mengikutinya walau sempat tertinggal dan kembali mengejar. Boleh juga dilakukan challenge menulis dengan tema tertentu yang nantinya tulisan tersebut dikumpulkan menjadi buku cetak yang bisa diperjualbelikan. Seru sepertinya! Selain itu, tema blogwalking harian di grup KEB juga sebenarnya bisa kita jadikan ide untuk menulis harian di blog sendiri dengan tema yang sama.

Semoga KEB juga semakin banyak mendapat penawaran Kerjasama sehingga anggotanya juga bisa mendapat penghasilan dari blog, dan terus terpacu untuk memperbaiki blog yang bisa mengundang Perusahaan mau bekerjasama. Semoga para founder dan pengurus KEB juga diberikan kesehatan lahir dan batin sehingga bisa terus mengurus KEB dan anggotanya. Selamat Hari Blogger Nasional!

 

Sumber referensi:

  • twibbic.net
  • hostinger.co.id



Comments

  1. Harapan saya selalu sama dihari blogger nasional, semoga blog saya cepat pecah telur, yang amin saya doakan mendapat keberkahan... :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Cara Mudah Mendapatkan Kuota Internet Gratis

Semakin Bersyukur di Usia Cantik