Wednesday, May 6, 2015

Tiba-tiba Pintar Masak



Kamu anak kos? Terus males masak dan mending beli aja walaupun akhirnya tiap bulan tekor (itu sih saya waktu masih jadi anak kos hehe). Kamu ibu rumah tangga yang sibuk dan juga males masak? Habis cuci baju, ngepel, beresin rumah, eh mau masak kok tinggal lemesnya. Atau, kamu mau wirausaha di bidang makanan tapi bingung usaha makanan apa karena tak punya keahlian memasak.

Sepertinya, ini sih masalah semua orang. Ada yang hobi masak, ada yang males masak atau tak sempat masak. Kalau saya, sebisa mungkin disempatkan masak walau tak pintar masak. Masak sendiri jauh lebih irit dan sehat.

Untuk yang nggak pinter masak seperti saya, merasa beruntung banget dengan banyaknya penemuan alat-alat dapur. Sekarang, banyak alat dapur diciptakan untuk memudahkan orang memasak atau berkreasi dengan makanan. Ini nih diantaranya:

Food maker

Sumber: http://www.shopious.com/items/3180757/Donut-maker-oxone-hanya-Rp-350-000

Siapa yang tak suka donat. Makanan berbentuk bulat dengan berbagai toping yang lezat ini berasal dari Amerika. Tahun 1968, stan American Donat di Djakarta Fair (sekarang Pekan Raya Jakarta) merupakan perintis donat yang digoreng dengan mesin otomatis.

Saya baru tahu ada mesin pembuat donat (doughnut maker) untuk skala rumah tangga setelah lihat postingannya mbak Diah Didi, seorang food blogger asal Yogya, yang bikin donat pake alat seperti ini. Ih, asyik juga, pikir saya. Bikin donat jadi praktis banget. Tinggal nyalain alatnya, terus tuang adonan. Tak berapa lama, donat udah matang tanpa perlu kita goreng bolak balik. 

Saya pernah bikin donat untuk bekal anak. Ya gitu deh, karena nggak pake cetakan jadinya bentuk bulatnya nggak benar-benar bulat. Tapi alhamdulillahnya tetap ludes.

Selain doughnut maker, ada juga youghurt maker, ice cream maker, biscuit maker, dan yang lainnya. Yang tadinya nggak pinter masak, tiba-tiba jadi pintar bikin aneka makanan karena alat-alat ini.
Sumber: http://www.shopious.com/items/3180762/Biskuit-maker-oxone-tuk-persiapan-d-hari-raya-hanya-Rp-85-000

Sumber: http://www.shopious.com/items/1039209/Ice-cream-maker-170rb-Info-product-lengkap-dan-update-stock-www-TokoBayiFiv-com-Order-line-TokoBayiF

Alat Dapur

Kalo belanja ikan di tukang sayur, pasti saya minta tolong bersihin sisik ikannya juga. Sayangnya, tak selalu bersih. Kadang masih ada sisik ikan yang menempel dan harus saya bersihkan ulang di rumah. Kalau pakai pisau biasa bisa aja sih, tapi tentunya butuh trik tertentu agar sisik ikan benar-benar sempurna terlepas dari ikannya. 

Alat khusus pembersih sisik berguna banget buat ibu rumah tangga kayak saya yang tak terlalu pintar mengolah ikan. Dipakai saat travelling juga oke. Yang punya usaha bakar ikan juga bisa terbantu banget nih dengan alat pembersih sisik ini.

Sumber: http://www.shopious.com/items/3360987/Pembersih-sisik-ikan-Only-15rb-Praktis-gak-ribet-ada-tempat-penutupnya-jadi-aman-lebih-bersih-yuuk-g
Ada juga alat pengupas kulit buah atau sayur. Kalau yang seperti ini, saya udah punya, dikasih mamih ibu saya. Kalau mengupas kentang, wortel atau ubi, lebih cepat pakai alat ini dibanding pisau biasa.

Dokumen pribadi
Cetakan 

Kadang-kadang saya suka bikin es loli sendiri di rumah untuk anak. Bahannya bisa dari jus buah, susu, teh manis, bahkan air kolak (serius, pernah saya bikin kolak airnya masih banyak bersisa dan dijadiin es loli ternyata enak juga). Karena saya tak punya cetakan es loli, saya pakai alat yang ada saja. Misalnya gelas plastik dan stik es krim. Karena pakai alat seadanya, hasilnya pun seadanya, stik es krimnya bengkok ke kanan atau ke kiri. Kalau pakai cetakan es loli, tentu lebih rapi dan lebih pede kalau mau sekalian dijual.

Saat ini saya punya beberapa cetakan agar-agar beraneka bentuk dan satu cetakan roti berbentuk domba. Lumayan juga punya cetakan-cetakan ini karena anak jadi lebih tertarik untuk makan. Selain itu, cetakan agar-agarnya sepertinya bisa juga dipakai untuk mencetak makanan lain seperti kue kukus atau nasi (belum pernah nyoba sih kalau mencetak nasi). Pernah dengar dari mbak Fitri Fity Firmansyah (kalau nggak salah), seorang food blogger yang jago bikin bento, kalau salah satu modal untuk berkreasi dengan bento yaitu cetakan. Apalagi, kalau yang ingin serius buka usaha makanan kreasi bento.
Sumber:http://www.shopious.com/items/3351513/CETAKAN-ES-LOLI-ISI-6-43-000
Sumber: http://www.shopious.com/items/3326489/Berkreasilah-dengan-makanan-si-kecil-Dengan-menggunakan-Toast-Mold-sudah-1-set-semua-panda-frog-dan
Dokumen pribadi

Terus, dimana belinya alat-alat seperti di atas? Bisa dibeli di toko-toko yang khusus menjual alat dapur kok, di supermarket juga biasanya ada. Kalau nggak mau antri di kasir, bisa belanja lewat toko online

Kalau kamu punya akun di beberapa media sosial, pasti sering menjumpai toko-toko online kesayanganmu. Misalnya shopious yang selalu mengupdate produk terbarunya di instagram. Semuanya lengkap di sini. Pilihan barangnya banyak, selain alat-alat yang diceritakan di atas. Dari mulai pakaian, tas, gadget, keperluan rumah, dan keperluan bayi. Kalau tidak punya akun instagram kamu tinggal buka www.shopious.com, pilih barangnya, ikuti cara pembayarannya, lalu barang akan kita terima di rumah. Gampang ya.



34 comments :

  1. pengupas yang seperti di atas mama saya punya hehehe
    cetakan rotinya lucu iya mba :)

    ReplyDelete
  2. aaak donat maker.. penting banget punya ni, secara suka banget makan dan bikin donat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pengen juga saya punya donat maker

      Delete
  3. Naksir cetakan donatnya, mba. Bikin pengin masak donat sendiri di rumah, hehe

    ReplyDelete
  4. Ini review tentang shopius ya Mbak?

    ReplyDelete
  5. Tertarik banget sama kreasi bento. Bisa jadi lahan bisnis nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kalo saya mungkin buat bikin bekal anak

      Delete
  6. Mupeng alat pembuat donat nya...

    ReplyDelete
  7. Mau dong foodmaker-nya. Kirim satu ke Surabaya yam hahaha.....

    ReplyDelete
  8. Jadi kepengen.... Punya yng bread cutter kayaknya asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cuma punya satu cetakan roti bentuk domba

      Delete
  9. cetakan rotinya lucu banget. jadi pengen beli buat anak saya :)

    ReplyDelete
  10. istri saya pakai cetakan waffle tapi masih saja gagal bikin wafflenya :D

    ReplyDelete
  11. jadi pengen punya cetakan donat :)

    ReplyDelete
  12. Waah, ternyata ada cetakan yang lucu-lucu gitu, baru tau saya ada mesin pembuat donat juga

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. iya ya mba jadi emak kreatif kalo punya ini

      Delete
  14. penting semua nih, kayaknya..., mupeng bgt.
    Tapi bener nggak ya kalo udah punya jadi pinter masak beneran, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, tergantung juga ya rajin ngga masaknya

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...