Friday, September 23, 2016

Perbedaan Warna Sejuk dan Hangat untuk Rumah

Cantik atau tidaknya rumah salah satunya tergantung pada warna yang digunakan untuk eksterior maupun  interior rumah kita. Warna merupakan salah satu faktor yang penting untuk desain ruangan.  Hal ini dikarenakan warna dapat memengaruhi suasana rumah atau diri seseorang. Dengan menggunakan warna yang tepat untuk ruangan, maka ruangan akan dapat efektif untuk mengurangi stres, meningkatkan kebahagiaan, dan juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita.

Sayangnya, tidak banyak orang yang mengerti warna apa yang akan memberikan dampak kepada penghuninya. Karena itulah, biasanya para desainer interior rumah akan membagi warna ke dalam dua tipe golongan warna. Yaitu warna hangat dan warna sejuk. Dengan adanya golongan warna tersebut, nantinya anda akan dapat dengan mudah menentukan warna; tergantung dari dampak apa yang diinginkan.
 
warna rumah urbanindo.com
pixabay.com

Walaupun memiliki sifat yang berbeda, kita masih dapat memadukan warna-warna tersebut. Tidak hanya menggunakan salah satu golongan warna saja. Dengan begitu, ruangan di rumah akan terasa hangat dan juga sejuk. Cukup perhatikan perpaduan warna agar nantinya akan terasa warna yang lebih dominan.

Misalnya saja, kita ingin ruangan ruang tamu terasa lebih hangat. Maka gunakanlah warna hangat dengan memberikan sedikit perpaduan warna sejuk. Jangan lupa untuk mendominasi warna ruangan dengan warna hangat tersebut.

warna rumah urbanindo.com
pixabay.com

Warna Hangat

Warna hangat adalah warna warna yang memberikan kesan hangat. Warna-warna ini akan membuat anda langsung merasa hangat, atau ingat akan sinar matahari. Warna ini adalah warna merah, jingga, kuning atau campuran dari warna-warna tersebut. Dengan warna ini, sebuah ruangan yang besar akan tetap terasa hangat.

Warna Sejuk

Sementara warna sejuk merupakan warna yang akan memberikan kesan sejuk atau dingin, kebalikan dari warna hangat. Beberapa warna yang ada adalah biru, hijau, dan juga violet. Warna ini, walaupun tidak berdampak secara langsung, cocok digunakan di rumah-rumah yang lokasinya berada di kawasan beriklim panas. Misalnya cocok untuk rumah dijual di Bandung, Surabaya, Makassar, atau Medan. Tidak hanya membuat lebih sejuk, warna ini juga dapat membuat ruangan yang mungil menjadi terasa lebih besar.

5 comments :

  1. iya bener banget Mak, terkadang pilihan warna mempengaruhi suasana rumah ya.
    Aku suka kuniing :D

    ReplyDelete
  2. catet dlu ah,bsok klok udh punya rmh aku praktekin, tengkiu ya mbk nia

    ReplyDelete
  3. Rumah impian. Yes, rumah yang menyejukkan. Paling suka dengan warna biru atau violet.

    ReplyDelete
  4. Kalau saya sih sukanya warna macam-macam Mbak, tiap ruangan punya warna tersendiri. Xixixi, maruk yak. Kamar anak, saya senang pink atau ungu. Kalau ruang tamu saya lebih suka warna netral coklat, ruang tengah marun, ruang makan warnanya kuning terang. Biar makannya tambah semangat Mbak..

    ReplyDelete
  5. Berhubung rumah saya kecil jadi biar keliatan luas aku pake warna putih mak hehe.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...