Proses Kreatif Sebuah Tulisan di Blog

Saya duduk di belakang mereka. Segerombolan ibu-ibu muda yang cantik tengah mengobrol di depan saya, sambil menunggu acara di sekolah anak berlangsung. Jelas sekali apa yang sedang mereka obrolkan karena di ruangan itu hanya suara mereka yang terdengar. Mereka tengah membicarakan trend bermunculannya youtuber-youtuber muda di media sosial yang tiba-tiba terkenal karena kemunculannya di media sosial, dan menjadikan mereka mendapat rejeki berlimpah karena mendapat penawaran ini itu, termasuk penawaran menjadi artis. 

Ah mereka itu hanya ingin terkenal lewat jalan pintas” Begitu kira-kira komentar salah seorang ibu. Ya, media sosial bisa menjadi jalan bagi seseorang untuk lebih cepat dikenal (dalam arti yang postiif dan negatif). Tapi, itu semua tergantung dari niat mereka. Jika ia memang berniat untuk terkenal, ya Cuma itu yang ia dapat. Jika ia berniat menebar kebaikan dan manfaat, maka yang didapat pun bisa di luar dugaan. Tapi tak bisa dipungkiri, video para toutuber muda itu banyak yang bagus. Mungkin karena mereka memiliki peralatan vlogging yang memadai ya. Seperti ASUSPRO B8230 yang dilengkapi dengan Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor yang berkinerja tinggi.

Saya tak sepenuhnya setuju dengan komentar itu. Tahukah teman-teman, dibalik postingan video para youtuber itu ada ide dan konsep yang harus ditemukan dan ‘diracik’. Ada modal yang harus dikeluarkan dengan sejumlah uang, seperti notebook/komputer, kamera, smartphone, tongsis atau tripod, dan sejenisnya. Ada proses kreatif yang dijalani dan seringkali memakan waktu yang cukup lama dan melelahkan. Jadi, mereka ada yang benar-benar mempersiapkan diri untuk ber-media sosial. Bisa jadi karena mereka senang melakukannya, ingin menyalurkan kratifitas, ingin membuka jalan rejeki, dan tujuan lainnya.

Saya juga pernah membuat video untuk postingan di blog, dan ternyata tidak selalu mudah loh membuat sebuah video, terutama bagi saya yang tidak mempunya latar belakang broadcasting. Ada aplikasi yang harus dipakai, dan fitur ini itu yang harus dipelajari agar video bisa menjadi sebuah rangkaian cerita yang menarik. Untuk postingan video dengan durasi beberapa menit, pengambilan gambarnya dan editing bisa sampai berhari-hari.

proses kreatif tulisan di blog


Sama halnya dengan media sosial Youtube, menulis di media sosial seperti blog juga kadangkala tidak mudah. Ide dan konsep juga harus dipersiapkan, modalnya harus ada berupa koneksi internet dan minimal smartphone. Ada proses kreatif yang harus dijalani agar tulisan tak sekedar curhat tanpa manfaat. Untuk itu, perkenankanlah saya menulis beberapa hal yang biasanya menjadi proses kreatif sebuah tulisan di blog. Setidaknya, beberapa proses ini pernah saya lakukan ketika akan menulis sebuah artikel di blog. 

1. Mencatat ide tulisan

Ide tulisan yang tiba-tiba datang biasanya saya catat di note di smartphone saya agar tidak lupa. Ide tulisan bisa darimana saja. Resep masakan unik yang kita buat hari itu, kejadian tragis yang dialami tetangga atau keluarga, ocehan anak yang menggurui orangtua, tips dan trik jitu yang kita lakukan dalam menghandle sesuatu, prosedur mengurus sebuah dokumen, dan sebagainya, bisa menjadi sebuah tulisan yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain. 

2. Mengumpulkan referensi

Menulis sesuatu berdasarkan pengalaman biasanya lebih mudah ditulis karena saya sendiri yang mengalaminya langsung. Jika saya harus menulis sesuatu yang diluar pemahaman dan pengalaman saya, tentu saya harus mencari sumber referensi yang dipercaya dong agar informasi yang saya sampaikan valid. Dan kadang-kadang harus menyediakan waktu yang lumayan banyak untuk mengumpulkan bahan referensi tulisan, karena harus membuka satu persatu buku atau website. Tak jarang pula, ketika mencari sebuah informasi, seseorang harus pergi menemui sumbernya langsung sehingga harus mengeluarkan biaya untuk transportasi.

Dalam mencari sumber referensi tulisan di interet saya dituntut untuk jeli dan tahu mana informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Makanya, saya berusaha pilih informasi dari sumber yang benar-benar dipercaya dan kiprahnya nyata. Jangan sampai kena tipu, kemakan informasi hoax gitu. Misalnya, kalau cari informasi kesehatan, lebih valid di blog kesehatan yang dikelola dokter-dokter dari rumah sakit atau klinik tertentu.

Mencari sumbere referensi di internet juga biasanya memakan banyak waktu. Tapi hambatan itu sepertinya bisa diminimalisir jika kita punya Notebook ASUSPRO B8230. Berjam-jam berkencan dengan notebook untuk membuat tulisan yang sempurna, namun tetap hemat daya dengan notebook ini karena dilengkapi dengan baterai yang bisa tahan sampai 8 jam! Mikroprosesor berkecepatan hingga 3,1GHz tersebut terkenal gesit namun tetap hemat daya. Semua disebabkan oleh nilai TDP yang rendah, yakni hanya 15 watt. Selain itu, dengan rendahnya konsumsi daya yang dibutuhkan, semakin rendah pula panas yang dihasilkan oleh komponen saat notebook sedang digunakan.

notebook asus indonesia
hemat daya dan ringkas, peralatan yang memadai buat seorang blogger :)
 

Saya mau cerita pengalaman saya ketika membuat tulisan berjudul “Kenali Alergi Sejak Dini Supaya Si Kecil Tetap Berprestasi” di blog parenting saya di www.petualanganzara.com. Karena itu tulisan untuk lomba, maka saya berupaya maksimal dalam menuliskannya.

Memang kebetulan sekali, saya dan suami punya riwayat alergi sehingga potensi alergi anak pun besar. Riwayat alergi yang kami sekeluarga miliki secara tak langsung memudahkan saya dalam menulis. Saya pun berusaha mengingat-ingat kejadian-kejadian yang dialami berhubungan dengan alergi, lalu menuliskannya. Saya menambahkan referensi kesehatan dari berbagai sumber. Tak lupa, saya membuat dokumen penunjang berupa foto yang berhubungan dengan alergi. Dalam hal ini adalah anak saya yang jadi modelnya. Waktu itu anak saya memang sering banget mengalami gatal-gatal sampai kemerhan di seluruh tubuh. 

Untuk mendukung tulisan saya, saya juga mendatangi klinik yang bekerjasama dengan penyelenggara lomba agar mendapatkan informasi dan referensi yang dari ahlinya langsung. Saya mendatangi dokter ahli alergi dan bertanya-tanya pada beliau serta mencari tahu tentang alergi yang saya alami sekeluarga. Dokter juga sempat melihat foto yang pernah saya ambil saat anak saya gatal-gatal. Untungnya sih, kliniknya dekat dari rumah, jadi saya tidak mengeluarkan banyak uang untuk transportasi.

proses kreatif sebuah tulisan di blog
Saya mendatangi sumber informasi (dokter ahli alergi di klinik) untuk bahan tulisan di blog

3. Menyusun tulisan dengan menggunakan bahasa dan gaya sendiri yang mudah dimengerti, lalu diendapkan selama beerapa hari.

Gaya bahasa seseorang dalam menulis di blog berbeda-beda. Gaya bahasa saya ya begini, rada kaku memang. Tapi ya beginilah gaya bahasa yang nyaman buat saya saat ini. Yah, mudah-mudahan saja teman-teman mengerti apa yang saya omongin di blog ini ya. Banyak-banyak baca dan bergaul saja supaya menemukan gaya bahasa yang pas buat kita.

Ide-ide tulisan dan sumber referensi yang saya dapat, saya rangkai menjadi sebuah tulisan yang runut. Biasanya, saya lebih nyaman menggunakan komputer/notebook untuk menulis karena akan lebih cepat. Kebetulan, dulu waktu kuliah saya sempat belajar administrasi perkantoran dan ada mata kuliah mengetik 10 jari yang membuat proses mengetik lebih cepat menggunakan keyboard.

Varian terbaru dari lini produk segmen profesional ASUS ini menarik perhatian saya, yaitu ASUSPRO B8230. Notebook ini didesain dengan bentang layar lebih kecil. Mengusung dimensi layar 12 inci yang sangat ringkas, praktis ASUSPRO B8230 terlihat mungil, cantik dan elegan. Dengan bentang layar yang lebih kecil, notebook yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 ini jadi lebih ringan serta mudah dibawa bepergian. Saya jadi membayangkan, ketika liburan sambil pulang kampung pun saya masih bisa menulis dengan nyaman menggunakan notebook cantik ini.

asus indonesia


Kelebihan lainnya, penampilannya akan lebih mempesona secara estetika. Kita juga akan sangat terbantu dengan dukungan aplikasi ASUS Business Manager yang ada di dalamnya. Backlit kkeyboard bisa membantu saya saat mengetik di tempat yang kurang terang. Kedalaman tuts keyboard yang mencapai 2 mm dan memiliki ergonomis 19.05 mm adalah kunci kenyaman dan kemudahan untuk mengetik yang dapat mengurangi kelelahan di jari. 

SensePoint dan tombol touchpad tombol dipisahkan dengan ukuran 50mm sehingga memungkinkan untuk kemudahan memilih dan 'scroll' dengan satu tangan. Touchpadnya juga luas dan intuitif sehingga nyaman ketika kita menggerakkan jari. Ah, jadi jatuh cinta sama notebook ASUSPRO B8230 yang kriterianya sesuai dengan notebook yang saya harapkan.

Oh ya, idealnya setelah menyusun tulisan, kita mengendapkan tulisan tersebut selama beberapa saat atau hari agar bisa disempurnakan pada hari berikutnya.

notebook asus indonesia
Kayaknya nyaman banget ya mengetik dengan ASUSPRO B8230

4. Menyediakan gambar atau foto

Gambar atau foto itu seperti air di padang tandus, maksudnya.. gambar atau foto membuat kegiatan membaca sebuah tulisan di blog tidak membosankan dan menjadi segar. Selain itu, gambar atau foto bisa menjadi pelengkap informasi dalam sebuah tulisan di blog. 

Membuat gambar dan foto yang menarik harus punya usaha lebih. Misalnya, punya kemampuan melukis atau menulis indah. Juga, kita harus punya perangkat kamera yang bagus dan tahu cara menggunakannya untuk menghasilkan foto yang bagus pula. Tak jarang juga, blogger harus membeli produk atau datang ke sumber berita agar mendapat gambar untuk pelengkap tulisan di blog.

5. Membuat infografis

"Infografis adalah penyajian sebuah informasi yang dibuat dengan konsep visual agar lebih mudah dipahami. Secara umum hasil akhir dari Infografis lebih didominasi bentuk visual daripada informasi teks." (teoridesain.com).
Membuat infografis bagi saya tidak cukup mudah. Bagi mereka yang pernah belajar desain mah mungkin gampang aja ya. Makanya, saya menggunakan website penyedia infografis gratis yang bertebaran di internet untuk membuat infografis.

Waktu menulis untuk artikel untuk lomba berjudul “Kenali Alergi Sejak Dini Supaya Si Kecil Tetap Berprestasi", saya mencoba membuat infografis menggunakan Canva. Di website canva.com tersedia banyak desain yang tinggal kita edit, jadi cukup mudah jika dibanding membuat infografis sendiri dari nol. Walau begitu, ternyata saya harus banyak mengutak-atik fitur di Canva, sampai akhirnya mendapat infografis yang pas dengan keinginan. Dan itu tidak selesai satu hari, saya melanjutkannya dan mengedit di lain hari jika belum sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan.


6. Membuat video

Untuk sebagian orang, lebih mudah mendapat informasi dari sebuah video. Video bisa melengkapi sebuah tulisan di blog sehingga tulisan terebut makin menarik dan makin lengkap informasinya. Untuk membuat video pun tak asal saja. Saya butuh konsep yang menarik dan perangkat yang mumpuni. Pengetahuan membuat video pun harus dikuasai.

Menyimpan video-video di Notebook tentu butuh kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Untung saja ASUSPRO B8230 sudah didesain agar menyediakan kemudahan untuk proses upgrade. Kita dapat membuka kompartemen yang berada di bawah bodi notebook dengan mudah. Setelah dibuka, kita pun dapat mengganti kapasitas penyimpanan atau storage, serta memori RAM yang lebih besar. Selain melakukan upgrade terhadap RAM dan storage, dengan membuka kompartemen tersebut kitaa juga bisa melepas baterai polymer yang disediakan.

notebook ASUS indonesia




7. Menerbitkan tulisan di blog

Setelah tulisan dan pernah-perniknya sudah siap, saya akan menerbitkan tulisan tersebut di blog. Banyak penyedia blog gratisan di internet, silahkan di googling. Namun yang paling sering saya dengar adalah blogger.com dan wordpress.com. Saya sendiri menggunakan blogger.com yang cukup mudah penggunaannya.

Oh ya, jangan lupa membuat copy tulisan kita dan disimpan di Notebook ya. Saya pernah mengalami kehilangan banyak tulisan yang dipublish di media sosial terdahulu seperti Friendster dan Multiply, karena saya tidak memiliki duplikat tulisan yang dipublish tersebut. 

Notebook ASUSPRO B8320 telah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang mampu memproteksi data kita secara maksimal. Sejumlah fitur tersebut antara lain, USB lock, HDD protection, fingerprint, TPM module, Kensington lock, Smart Card reader dan sudah didesain dengan standar pengujian militer MIL-STD 810G.

notebook asus indonesia
pemindai sidik jari di notebook ASUSPRO B8230

8. Menyebarkan tulisan kita di media sosial

Jika  ingin tulisan kita dibaca banyak orang, tentu saja kita harus berupaya menyebarkannya. Salah satunya di media sosial seperti facebook, whatsapp, twitter, linkedin, Google, dan lain-lain. 

9. Mempercantik blog

Jika ingin blognya lebih cantik dan lain daripada yang lain, tentu saja kita harus berusaha sedikit untuk belajar caranya. Kalau saya, biasanya saya googling di internet tentang cara-cara mempercantik blog. Misalnya cara membuat page, cara menambahkan widget, cara membuat header blog, dan sebagainya. Kalau tidak mau repot, ya bayar orang lain saja untuk melakukannya, dengan resiko kesempatan kita belajar jadi hilang.

Itulah beberapa proses kreatif yang biasanya saya jalani jika hendak membuat tulisan di blog. Oh ya, tulisan saya yang berjudul “Kenali Alergi Sejak Dini Agar Si Kecil Tetap Berprestasi” itu akhirnya memenangkan juara loh. Alhamdulillaah. Saya pun bisa mengantongi sejumlah uang hadiah lomba. Uang tersebut saya pergunakan untuk membeli sebuah mesin cuci agar pekerjaan rumah saya lebih ringan.


Comments

  1. Ngeblog memang selain menyasyikkan, nambah teman dan ilmu juga mendatangkan rejeki ya Mbak.Semoga sukses lombanya ya :)

    ReplyDelete
  2. orang mah selalu lihatnya hasil ya Mbak Kania, mana tahu mereka prosesnya, kalau dibalik layar sesungguhnya kita berpeluh-peluh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplg kalo buat video mba saya mah berpeluh bgt karena msh amatir

      Delete
  3. jadi mupeng mbak..spesifikasinya bagus.
    Goodluck buat lombanyaa

    ReplyDelete
  4. wahhh rinciannya detail..pantes isinya bagus-bagus

    ReplyDelete
  5. hooo, begitu ya mbak, kiat kiatnya. no satu , tiga, empat , alhamdulilah selalu dipakai. kalau video, masih video sendiri hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah jadi tahu proses kreatif mak kania, ngeblog memang ngga semudah yang orang kira yaa..

    ReplyDelete
  7. Saya pun juga bikin blog list, tapi di buku catatan sih 😁 laptop-nya canggih banget bisa rata gitu 😁 Canva andalan saya juga untuk edit2

    ReplyDelete
    Replies
    1. terbantu bgt ya mba pake canva karena sy gabisa dan ga install photoshop

      Delete
  8. Notebook ASUSPRO B8230 ini pengujian kualitasnya paling ketat mbak....keren....salam kenal ya mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, mksh infonya ..iya liat di websitenya uji militer gitu ya dengan alat berat.. salam kenal jg

      Delete
  9. Emang yang namanya kreatif itu selalu butub proses ya mbak. Pastinya didukung oleh perangkat yg memadai lebih oke hasilnya. �� Aku suka deh sama ulasannya. Detail but simple!

    ReplyDelete
  10. pengen asus yg iniiii, asus kecilq dibajak bocah soalnyaaahhh, hiks
    tengkiu sharenya ya mak

    ReplyDelete
  11. Pengen banget punya laptop kaya gini .

    ReplyDelete
  12. betul banget mbak, proses bikin video yang berdurasi menitan aja prosesnya bisa berhari-hari. Duh, aku yang anak broadcasting ngerasaian banget ini lelah letihnya sebuah proses pembuatan video. Ternyata proses kreaif tulisan di tiap blog hampir sama ya mbak, aku juga gitu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dr broadcasting y mba, udah banyak lah ilmu bikin videonya :)

      Delete
  13. Aku juga pengin mak... asus ku klo loading mulai lelet

    ReplyDelete
  14. waaah laptop asusnya lebih keren dibanding punyaku :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut lombanya mba kan udah punya ASUSnya

      Delete
  15. wah ulasannya keren mbak, nggak nyangka pas baca judul dan isi bisa disangkut kan ke produk asus, ajib bener dah mbak, moga menang ya mbak :)

    ReplyDelete
  16. Mba, kemarin aku samping mba Kania tapi selang satu orang hehe... Laptop favorit aku Asus. Tapi kalau yg ini aku belum punya^^ goodluck mba

    ReplyDelete
  17. Sukses mbak lombanya...
    Untuk video, aku mlh nggak pernah mbuat mbak..keterbatasan memori penyimpan. Aku pke hape doang..
    Btw, penasaran pke canva..kyknya bnyk yang make. Bisa untuk android?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga jarang-jarang kok sekarang, sesekali aja ketika sempat

      Delete
  18. Bener banget ya mba. Sekarang jadi blogger pun kudu multitalent. Ga hanya nulis ya jadi videogapher dan fotographer juga. Seh malah juga harus bisa jadu desigm grafis dadakan juga. Hihii jadi harus belajar terus deh. Sukses ya mba..

    ReplyDelete
  19. banyak yang mengira ngeblog itu gampang, mereka gak pernah tahu kadang blogger itu "pontang panting" mencari ide kreatif juga gambar dan video yang bagus untuk tulisannya

    ReplyDelete
  20. setuju banget mba Kania, mengendapkan tulisan selama beberapa hari biasanya akan ngasih kita ide2 soal apa yang perlu ditambah atau dikurangi, jadi hasilnya lebih maksimal...

    ReplyDelete
  21. betul betul betul. menjadi vlogger itu bukan jalan pintas untuk jadi terkenal ya. itu adalah jalan panjang yang harus dilalui dengan tekun.
    dua jempol untuk tulisannya ^_^

    ReplyDelete
  22. Betuuul... Aku juga salut sama vlogger. Aku aja baru mau bikin 1 konten video nggak jadi-jadi karena banyak faktor yang mostly sebenernya kurang niat. Hehe

    ReplyDelete
  23. Proses kreatif penulisan itu jalannya berliku ya Mbak. Apalagi kalo disisipkan video. Prosesnya bisa berhari-hari. Apalagi saya msh belajar banget bikin video...Sukses yaa lombanya. Komen juga yaa di blog aku. Hehe...modus...

    ReplyDelete
  24. Aku juga naksir ASUSPRO B8230 kayaknya asik buat dibawa kemana2, apalagi kalau harus mobile dan menghadiri acara blogger, bawa notebook ini jadi ngga bikin susah :D

    ReplyDelete
  25. Menerbitkan di blog
    ..Bener banget mba... Kadang buru2 di share ke sosmed..Kadang lupa malah mendem di draft..he2

    ReplyDelete
  26. rajin Mbak Kania mah ya... good luck Mbak

    ReplyDelete
  27. Tidak mudah menjadi seorang youtuber atau ngevlog...demikian juga dg ngeblog...tidak mudah menciptakan tulisan di blog yang mampu menarik lebih banyak pembaca, butuh konten kreatif dan alat pendukung yang mumpuni. Salah satunya notebook Asuspro...gutlak ya Mbak semoga menang

    ReplyDelete
  28. Maksimal bgt proses kreatifnya, asyik bs beli mesin cuci :)

    ReplyDelete
  29. bikin video nih, aku nyerah... kurang perangkat, kurang sdm yg bantuin, kurang anggaran buat kuota hehehe
    moga sukses buat lombanya yaa

    ReplyDelete
  30. Proses kreatif jadi lebih asyik dengan notebook ASUS yang keren

    ReplyDelete
  31. emang asus keren bgt pokoke .........

    ReplyDelete
  32. ini laptop yg aku mau beli :D.. keren ih featuresnya... asus emg udh mumpuni kalo soal tangguhnya mbak... hp suami dulu asus, itu aweeeet.. makanya ntr aku mau beli laptopnya jga, gantiin laptop skr

    ReplyDelete
  33. Aaaa, asus memang lengkap banget spesifikasinya ya mbaaaa nia

    ReplyDelete
  34. Emang, nulis itu nggak semudah yg kita bayangin. Penulis itu kudu bsa membedakan mana data mana informasi biar ga nulis yg hoax2

    ReplyDelete
  35. enakan baca ya dari pada nulis, apalagi materinya lengkap n panjang...

    ReplyDelete
  36. hal yang paling sulit dari menghasilkan sebuah karya adalah kreatifitas, tapi jika berhasil, hasilnya juga sangat luar biasa..

    ReplyDelete
  37. Selamat untuk artikel Kania yang memenangkan hadiah ini dan alhasil dengan nangkringnya mesin cuci di rumah Kania. Wah, bunda terkesan banget bacanya. Di usia bunda yang renta ini memang sulit untuk cepat bisa menelan tutorial begitu aja, masih butuh belajar, belajar, dan belajar lagi. Tulisan Kania sangat manfaat buat bunda. Linknya bunda catat, ya biar gampang kalo balik lagi, hehe...

    ReplyDelete
  38. keren laptop nya jadi pengen punya nih pubiwayliker.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro