Rahasia Wanita Aktif Bebas Anyang-anyangan

Sakit buang air kecil, apakah anda pernah mengalami hal seperti ini? Hati-hati, jika anda wanita aktif yang senang melakukan banyak kegiatan, anda bisa saja mengalami hal seperti ini. Apakah anda aktif melakukan travelling ke berbagai tempat, bekerja sepanjang hari, belajar, berorganisasi, ataupun ibu rumah tangga yang sibuk mengurus keluarga sehari penuh. 

Wanita yang aktif melakukan banyak kegiatan rentan terkena anyang-anyangan yang salah satu gejalanya ditandai dengan sakit sakit saat buang air kecil. Anyang-anyangan yang merupakan salah satu gejala dari Infeksi Saluran Kemih banyak dialami wanita daripada pria. Penelitian juga menunjukkan bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan selama hidupnya. Karena secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, yaitu hanya sekitar 2.5 – 4 cm dibandingkan pria, panjang uretranya sekitar 20 cm. 


Rahasia Wanita Aktif Bebas Anyang-anyangan
uricran.co.id
Oleh karena itu, wanita lebih mudah terinfeksi dan mengalami gejala anyang-anyangan. Ukuran saluran kemih yang pendek ini mempermudah bakteri untuk masuk ke kandung kemih sehingga memudahkan wanita mengalami infeksi saluran kemih. Wanita yang aktif juga biasanya mudah berkeringat saat melakukan aktivitasnya. Area lipatan tubuh yang tidak langsung terkena udara seperti area kewanitaaan akan mudah lembab dan membuat bakteri nyaman untuk tinggal. Hal inilah yang menjadi Penyebab sakit saat buang air kecil yang dialami wanita.

Kesibukan pekerjaan atau kegiatan lainnya pasti membuat tubuh lelah. Wanita yang aktif akan mudah sakit bila ia tidak hidup dengan pola dan gaya hidup yang sehat. Saat tubuh lelah, sistem imun tubuh pun melemah dan bakteri atau virus akan dengan mudah menyerang tubuh wanita seperti flu, infeksi saluran kemih, dan lain-lain.

Secara umum, anyang-anyangan ditandai dengan hasrat berlebih untuk buang air kecil, buang air kecil lebih sering tapi dengan volume sedikit-sedikit, nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita, Jika terjadi pada pria akan menimbulkan gejala nyeri pada anus, rasa perih dan panas saat buang air kecil, Urine berbau menyengat dan lebih pekat serta kadang-kadang mengandung darah, merasa lelah dan kurang sehat, serta mengalami demam.

Apabila kondisi infeksi saluran kemih ini diabaikan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Kuman atau bakteri bisa terus masuk ke saluran kemih bagian atas, sampai ke ginjal dan akan menyebabkan infeksi serius pada ginjal.

anyang-anyangan
uricran.co.id
 
Oleh karena itu, wanita yang aktif dengan banyak kegiatan perlu melakukan hal berikut agar terhindar dari anyang-anyangan:

  1. Banyak minum air putih
Infeksi saluran kemih dapat terjadi karena dua hal. Penyebab pertama adalah bakteri yang masuk ke saluran kemih, dan penyebab kedua adalah adanya bakteri dalam kandung kemih yang berkembang ke tingkat yang tidak sehat. Cara paling mudah untuk mencegahnya adalah dengan minum banyak air putih dan sering buang air kecil.

seorang ahli urologi di New York-Presbyterian Hospital/Columbia University Medical Center bernama Kimberly Cooper, MD, merekomendasikan minum air putih sebanyak enam sampai delapan gelas  per hari. Air putih atau cairan membantu tubuh untuk mengeluarkan bakteri dari kandung kemih dan mengencerkan urine sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak.

  1. Bersihkan Area Kewanitaan dengan benar
Salah satu cara mencegah infeksi saluran kemih adalah dengan membasuh area kewanitaan dengan benar. Setelah buang air, basuhlah area kewanitaan dari arah depan ke belakang. Selain itu hindari mencuci organ kewanitaan dengan air yang dicampur dengan cairan antiseptik. Cairan antiseptik dapat menghilangkan bakteri baik dan mengganggu keseimbangan alami area kewanitan, sehingga bakteri jahat dapat berkembang biak dan memicu terjadinya iritasi dan infeksi.

3.      Tidak menahan buang air kecil

Kadang-kadang  kesibukan bekerja membuat wanita lupa untuk buang air kecil, padahal menahan buang air kecil seperti ini merupakan salah satu penyebab anyang-anyangan. Urin yang terlalu lama berada di dalam kandung kemih bisa jadi lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. 

4.      Mengatur asupan nutrisi

Pola makan yang kaya nutrisi dan seimbang memiliki dampak baik pada kesehatan tubuh. Biasakanalah sarapan sehat sebagai modal agar tubuh berenergi saat seharian beraktivitas. Makanlah sesuai jadwal dengan porsi cukup dan tidak berlebihan agar tubuh tetap nyaman sampai kegiatan kita selesai. Hindari junk food, perbanyak buah dan sayuran kaya serat untuk kesehatan pencernaan.

manfaat cranberry
uricran.co.id


Salah satu jenis buah yang bisa menunjang kesehatan saluran kemih dan sekaligus mengatasi susah buang air kecil adalah buah Cranberry. Jus Cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih dengan kandungan antioksidannya yang disebut proantocyanidins. Antioksidan ini dikenal memiliki sifat anti adhesi yang membuat bakteri Escherichia Coli penyebab Infeksi Saluran Kemih tidak mudah menempel pada saluran kemih sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. 80% kasus infeksi saluran kemih memang disebabkan bakteri tersebut yang hidup di saluran cerna.

Sejak jaman dulu, buah cranberry yang dikenal dengan nama latin vaccinium oxycoccos ini sudah digunakan untuk berbagai macam pengobatan penyakit karena kandungannya yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Dan kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. 

Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan asal Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry efektif menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

mengatasi infeksi saluran kemih
dokpri

Buah Cranverry banyak ditemukan di utara Amerika dan Kanada. Namun, jangan khawatir, sekarang di Indonesia khasiat buah Cranberry bisa dinikmati dalam bentuk yang lebih praktis melalui suplemen dan minuman kesehatan bernama Prive Urican. Prive Uricran dengan ekstrak Cranberry dikemas dalam bentuk kapsul dan serbuk yang sangat praktis sehingga bisa dibawa kemanapun bahkan saat bepergian jauh. Prive Uricran juga bisa didapatkan di berbagai toko obat seperti Guardian, Kimia Farma, Watson, Century, dan Viva Generik. mengonsumi Prive Uricran secara rutin merupakan  Cara mencegah anyang-anyangan yang praktis untuk mereka wanita yang aktif.

Comments

  1. Alhamdulilah aku sekarang rutin minum air putih 8 gelas sehari mbak biar nggak kekurangan cairan dan untuk menghindari anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  2. MAAF OOT. Saya mau ralat di artikel saya tentang fenomena Super Blue Blood Moon. Saya nulisnya di artikel tanggal 31 Desember 2018, PADAHAL SEBENARNYA tanggal 31 Januari 2018, jadi besok ya... Makasih

    ReplyDelete
  3. Banyak minum air putih membantu banget Mbak, saya pernah ngalami anyang anyangan, enggak banget dech

    ReplyDelete
  4. Hahaha aku baru saja 2 minggu lalu anyang-anyangan. Katanya dokter karna kebanyakan makan jengkol.

    ReplyDelete
  5. Aku sering banget sakit urusan pencernaan mbak. Kemarin coba beli unicarn ini... Alhamdulillah cocok

    ReplyDelete
  6. SAya sekarang ekstra memperhatikan asupan air putih, Tapi kadang2 juga keteteran kalau terlalu asyik menyelesaikan tulisan. Padahal tidak baik, ya Mbak apalagi kalau menahan buang air kecil karena menulisnya lagi bikin lupa diri.

    ReplyDelete
  7. Bagus Artikelnya, Menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  8. waktu kecil dulu saya sering anyang2an mbak dan itu nggak enak banget :(

    ReplyDelete
  9. aku juga sering bawa uricran kalo lg bepergian mba, buat jaga2 kalo pipis bermasalah :(

    ReplyDelete
  10. aku juga sering anyang-anyangan mba makanya aku sering bawa uricran kemana-mana hehehe

    ReplyDelete
  11. Prive Uri-cran udah jadi andalan saya :)

    ReplyDelete
  12. Awal tahun lalu anyang-anyangan Mbak. Duh, nggak mau lagi deh. :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.