Buka Puasa Adalah Waktu Yang Sangat Dinanti Saat Puasa Ramadan




Buka puasa adalah waktu yang sangaaaaat dinantikan oleh orang Islam yang berpuasa Ramadan. Bagaimana tidak, seeharian kita haus dan lapar sambil tetap mengerjakan berbagai aktivitas. Jelas saja, waktu buka puasa jadi waktu yang istimewa karena dinanti-nanti dari pagi hari. Saat anak-anak, biasanya sedikit-sedikit akan melihat jam untuk menanti waktu buka puasa. Atau, mereka selalu antusias menanyakan apa menu buka puasa hari ini dan request segalam macam untuk menu buka puasa.
 
Kebiasaan di masyarakat kita kalau menjelang waktu buka puasa adalah dengan melakukan ngabuburit berupa berbagai kegiatan menarik sambil menanti berbuka puasa atau jalan-jalan. Hmm, sebaiknya tidak terlalu terlena dengan kegiatan ngabuburit yang menyenangkan. Nanti lupa betapa istimewanya waktu berbuka. Lebih baik memanfaatkan waktu dengan ibadah seperti baca Alquran. Apalagi jika punya target menghabiskan membaca Alquran sebanyak 30 Juz selama bulan Ramadan. Tentu saja harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Lalu banyaklah berdoa menjelang buka puasa karena waktu berbuka puasa adalah waktu yang mustajab untuk terkabulnya doa. Doakanlah keluarga kita, pasangan kita, anak-anak kita, umat Islam, bangsa Indonesia.

doa buka puasa
pixabay.com

Saat adzan terdengar, berdoalah dahulu sebelum menyentuh makanan berbuka. Doa buka puasa yang biasa kita ucapkan dengan awalan allahumma laka sumtu dan seterusnya, ternyata sumber hadistnya dhaif loh. Yang sumber hadistnya shahih adalah doa buka puasa berikut ini.
 
ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah-ed.”
[Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki](Hadits shahih, Riwayat Abu Daud)

Lalu makanlah secukupnya setelah berdoa. Biasanya waktu buka puasa, segala ingin dimakan ya. Es buah, kolak, gorengan dan semuanya terlihat sangaaaat menarik dan menggiurkan. Perut penuh dan begah baru deh kita sadar betapa banyaknya makanan yang masuk ke perut. Setelah itu, ngantuk datang sehingga shalat tarawihnya dalam keadaan ngantuk.

Jadi ingat, kebiasaan bapak saya saat berbuka puasa adalah dengan teh tawar dan kurma, lalu makan nasinya nanti setelah shalat Tarawih. Berbuka puasa dengan kurma selain sunnah yang dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW juga banyak sekali manfaatnya. 

manfaat buka puasa dengan kurma
pixabay.com
 
Kurma adalah makanan yang mudah dicerna oleh perut setelah seharian perut tidak bekerja mencerna makanan. Kurma akan mengaktifkan pelepasan enzim dan cairan pencernaan dalam perut. Tubuh juga jadi lebih berenergi dan siap untuk menjalankan fungsinya. Gula alami dalam kurma dapat segera ditransfer ke liver dan diubah menjadi energi lebih cepat dari nutrisi lainnya. Nafsu makan juga lebih terkontrol karena tingginya serat pangan yang dimiliki kurma.

Kadar keasaman darah seringkali meningkat saat tubuh membakar cadangan lemak sebagai sumber energi utama saat berpuasa. Di fase ini, mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap dan tubuh merasa kelelahan. Dengan mengonsumsi beberapa butir kurma saat buka puasa dapat membantu mengatasinya karena kurma mengandung garam alkalin yang dapat menormalkan keasaman darah. Kurma juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Konsumsi kurma disertai dengan pola makan sehat lainnya akan membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa di Bulan Ramadan.

Bagaimana dengan anda teman, biasanya apa yang anda lakukan ketika buka puasa? Semoga ibadah puasa kita di bulan Ramadan dimudahkan ya dan kita bisa meraup berbagai keberkahan di bulan suci ini.

Comments