Trik Paling Ampuh Menghindari Kaki Lecet Akibat Sepatu



Banyaknya rutinitas dan aktifitas menggunakan sepatu, sering kali terjadi pergesekan secara terus menerus antara sepatu dengan kulit. Hal yang terjadi ketika gesekan tersebut timbul yaitu munculnya lecet dan menjadikan kulit melepuh. Tidak jarang juga jika luka tersebut berisi air dan waktu-waktu dapat pecah. 

Langkah mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadi luka yang membuat Anda merasa kurang nyaman, maka Anda bisa menggunakan plester khusus kaki. Plester dapat melindungi kaki supaya tidak mengalami luka serius yang akan membuat Anda lebih merasakan sakit.

Untuk menghindari kaki lecet akibat sepatu, maka Anda dapat mengikuti tips berikut ini:

1.       Perhatikan bahan sepatu

Faktor utama yang harus Anda perhatikan yaitu dengan memperhatikan bahan sepatu yang Anda kenakan dengan sebaik mungkin. Pilihlah bahan sepatu yang lentur dan bagus agar ketika dikenakan kaki tidak menimbulkan lecet. Bahan sepatu akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan penggunanya.

Trik Paling Ampuh Menghindari Kaki Lecet Akibat Sepatu


2.       Sesuaikan sepatu dengan ukuran kaki

Sebelum Anda beraktifitas, maka Anda dapat menggunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki. Hindari menggunakan sepatu yang terlalu kecil agar tidak menimbulkan rasa sakit atau lecet pada kaki.

3.       Pakai Plaster 

Dengan menggunakan plaster foot care, kaki Anda akan terlindungi dari lecet dan luka. Akan tetapi jika kaki Anda sudah terlanjur, maka Anda dapat menyemprotkan hansaplast spray antiseptik agar dapat mencegah dan membantu memulihkan kulit. Bentuknya pun transparan dan tidak bau, sehingga tetap membuat penampilan Anda tetap menarik. Setelah menggunakan handsaplast spray, tutup luka dengan menggunakan plester kaki.

Trik Paling Ampuh Menghindari Kaki Lecet Akibat Sepatu


Jika luka lecet Anda ringan, Anda dapat melakukan pertolongan pertama sendiri. Akan tetapi jika luka tersebut dianggap parah sampai mengeluarkan darah maupun menimbulkan gejala infeksi seperti hangat, bengkak dan merah, sebaiknya hubungi medis. Plester dapat melindungi kaki yang terkena luka akibat penggunaan sepatu. 

Selain menggunakan sepatu yang tepat, Anda pun juga harus mengetahui tata cara memberikan pertolongan pertama dalam menangani luka lecet. Meskipun luka lecet masuk dalam kategori luka ringan, namun dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Comments

  1. Iyaa, itu kerjaanku, mba. Sering plesterin kaki kalo mau pake sepatu. Biar ga lecet

    ReplyDelete
  2. seriiing banget niih aku pake ginian :p. kalo udh jalan2 pake sepatu yg fancy tp sbnrnya suka bikin lecet, udh pastilah beberapa bagian kaki ditutupi plester dulu biar ga lecet :p. tp kalo sepatunya model keds, ya tutupin pake kaoskaki aja udh paling gampang biar ga sakit :D

    ReplyDelete
  3. Saya baru tahu jika ada plaster. Tips yang sangat bermanfaat untuk saya yang sering menggunakan sepatu kemanapun pergi.

    ReplyDelete
  4. Untuk sepatu, sehubungan mobilitas aku yang tinggi - maksudnya sering naik-turun angkot gitu, aku nggak mau sembarangan memilih sepatu. Saat beli, mesti dicobain sambil ngiterin tokonya. Sambil dipakai jongkok, berjinjit, untuk memastikan nyaman di segala situasi. Kalau cocok, baru deh beli. Memang budget untuk sepatu lebih besar daripada pakaian. Nggak masalah beli baju murah-murah, yang penting nyaman. Kalau kaki kan menyangga seluruh tubuh, nggak mau deh beli yang sekedar lucu aja.

    Kalau plester, selalu aku pakai saat mengenakan sepatu gunung. Soalnya bagian belakang pas banget nyenggol tulang, jadi lecet gitu, hahaha ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.