Ternyata Cincin Pernikahan Bisa Terbuat dari Logam Lain Selain Emas Lho!

 

Sebelum memutuskan untuk menikah, setiap pasangan harus mempersiapkan beberapa hal. Di mana hal tersebut harus dipersiapkan dengan baik agar acara pernikahan berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah cincin pernikahan. 

Cincin pernikahan ini merupakan bukti jika sepasang kekasih sudah berada dalam ikatan yang sah. Dan setiap pasangan ternyata memiliki ketertarikan sendiri terhadap cincin pernikahan. Salah satunya adalah bahan dasar atau logam yang digunakan. Hal ini karena ada beberapa pilihan logam selain emas yang bisa dibuat menjadi cincin pernikahan loh. 

Ingin tahu apa saja logam selain emas yang bisa dijadikan cincin pernikahan? Yuk, simak saja di bawah ini.

4 Logam Selain Emas yang bisa dijadikan Cincin Pernikahan

Cincin nikah


1. Perak

Logam pertama yang bisa dipilih untuk dijadikan bahan dasar cincin pernikahan adalah emas. Di mana perak merupakan logam yang banyak dipilih sebagai pengganti emas. Hal ini karena perak asli mempunyai sifat yang lembut sehingga mudah untuk dibentuk. Pertimbangan lainnya adalah cincin pernikahan perak cenderung lebih murah dibandingkan cincin pernikahan emas.


Namun, jika kamu memilih perak sebagai bahan dasar cincin pernikahan, dalam penggunaannya haruslah hati – hati. Alasannya adalah cincin pernikahan perak lebih mudah tergores, dan warnanya lebih cepat pudar. Untuk itu, pilihlah cincin pernikahan perak yang telah dilapisi logam lainnya seperti rhodium, agar warnanya lebih tahan lama.


Selain itu, kamu juga harus melakukan perawatan terhadap cincin pernikahan perak. Di mana kamu melakukan pemolesan ulang di toko perhiasan yang menyediakan jasa tersebut.


2. Platinum

Platinum juga bisa dijadikan alternatif pengganti emas. Dan kamu harus tahu jika platinum ini melambangkan cinta yang murni serta abadi, sehingga platinum juga diminati banyak calon pengantin selain perak. Kemudian, harga cincin pernikahan platinum dinilai lebih mahal dibandingkan dengan cincin pernikahan dari bahan logam lainnya.


Kenapa harganya tergolong mahal? Pertama, platinum merupakan logam yang tidak mudah mengalami korosi. Kedua, orang yang memakai cincin platinum tidak akan mengalami alergi pada kulit. Terakhir, platinum memiliki warna yang menarik, dan tidak mudah rusak.


Lalu, bagaimanakah cara memilih cincin pernikahan platinum yang berkualitas? Kamu bisa memilih cincin pernikahan platinum yang memiliki kadar karat yang tinggi, sekitar 95%.


3. Titanium

Jika kamu tidak ingin memakai cincin pernikahan emas, kamu bisa menggunakan cincin pernikahan titanium. Meskipun titanium bukan termasuk dalam kelompok logam mulia, cincin pernikahan titanium memiliki penampilan yang menarik. Selain itu, cincin pernikahan titanium memiliki daya tahan yang cukup tinggi, dan harganya lebih terjangkau.


Nah, jika kamu memang ingin menggunakan cincin pernikahan titanium, kamu harus berhati – hati saat membelinya. Hal ini karena titanium merupakan salah satu logam yang cukup sulit untuk dibedakan dengan logam lainnya. Selain itu, titanium ini bisa menimbulkan alergi jika kamu memiliki kulit yang sensitif.


4. Palladium

Kamu ingin memiliki cincin pernikahan emas putih maupun platinum, tetapi kamu takut membelinya karena harganya yang mahal? Tenang, kamu bisa membeli cincin pernikahan palladium. Hal ini karena cincin pernikahan palladium memiliki penampilan dan sifat yang cukup mirip dengan cincin pernikahan platinum maupun emas putih, dan harganya pun cukup terjangkau.


Meskipun harga cincin pernikahan palladium lebih murah, cincin pernikahan yang satu ini juga memiliki keunggulan yang tak kalah dengan emas putih maupun platinum loh. Di mana palladium tidak mudah tergores, warna cincinnya menarik, serta tidak mudah pudar. Kemudian, cincin palladium ringan, dan yang paling penting tidak menimbulkan alergi pada kulit.

Nah, itulah beberapa alternatif logam yang bisa kamu pilih sebagai bahan dasar cincin pernikahan kamu. Dari keempat logam yang sudah disebutkan di atas, logam manakah yang menarik perhatian kamu?


Comments

  1. kalau kami dulu, emas putih sih. untuk investasi sekalian. walau cuma dipakai sekali.
    cowok dilarang pake emas , walau sedikit unsur e ya mbak . (curhat)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.