Mengatur Rencana Keuangan di Masa Pandemi

 

Tak bisa dipungkiri, pandemi yang sudah kurang lebih setahun kita alami sangat mempengaruhi banyak aspek terutama masalah ekonomi. Banyak perusahaan gulung tikar karena tidak memperoleh pendapatan. Akibatnya banyak masyarakat yang kehilangan pendapatan dan jadi pengangguran. 


Pandemi yang terjadi secara tiba-tiba membuat kita harus kembali mengatur rencana keuangan yang sebelumnya sudah disusun. 


Mengatur rencana keuangan


1. Menyusun skala prioritas


Di masa pandemi ini, dimana keadaan tidak menentu, haruslah menentukan hal yang prioritas terlebih dahulu. Misalnya saja menunda membeli barang elektronik, karena kebutuhan pangan dan kesehatan lebih utama. 


2. Berhemat


Berhemat adalah hal yang bijaksana dilakukan di masa pandemi, agar dana yang kita punya cukup untuk memenuhi kebutuhan kita sekarang dan di masa yang akan datang. Misalnya saja, untuk kebutuhan pangan yang biasanya makan daging ayam seminggu sekali menjadi dua minggu sekali dan memenuhi kebutuhan  protein bagi tubuh dengan bahan makanan yang lebih terjangkau seperti telur dan kacang-kacangan. 


3. Menabung


Menyisihkan harta untuk kebutuhan masa datang yang belum pasti perlu dilakukan, sebagai bentuk ikhtiar kita memenuhi kebutuhan di masa depan untuk keluarga kita. Tabunglah sebagian penghasilan kita di bank agar aman dan hati nyaman, dibandingkan menabung di rumah. 


4. Berinvestasi


Tidak ada salahnya berinvestasi agar memiliki dana caangan di luar penghasilan utama. Investasi bisa dilakukan dengan membeli tanah atau emas, bisa juga dengan membeli surat berharga di bank atau di pasar saham. Jangan lupa untuk memilih investasi yang aman dan terjangkau, serta badan pengelolaan investasi yang terpercaya. 


5. Miliki asuransi


Memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa di masa pandemi adalah hal yang sangat dianjurkan agar bisa mengurangi kekhawatiran kita saat musibah datang. Memilih asuransi juga bisa disesuaikan dengan dana yang kita punya, serta pilihlah lembaga yang sudah amanah dan berpengalaman. 


Bagaimana, apakah anda juga sudah melakukan hal-hal di atas? Kita semua doakan ya semoga pandemi segera berlalu dan keadaan dunia semakin membaik. Aamiin. 

Comments

Popular posts from this blog

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik