Tetap Aktif Beraktivitas Saat Usia Bertambah



Banyak hal yang berubah ketika usia bertambah. Mungkin kesehatan kita semakin berkurang. Rasa lelah dan pegal juga cepat menyerang saat beraktivitas. Daya tahan tubuh pun cepat menurun, berbeda ketika usia kita saat masih muda dimana badan lebih prima ketika beraktivitas. Perubahan fisik pun terjadi saat usia kita makin bertambah. Hal ini ditandai dengan tumbuhnya uban, bertambahnya keriput, banyaknya gigi yang tanggal, dan perubahan fisik lainnya. 


Namun kita tidak perlu khawatir, semua itu wajar terjadi karena merupakan hukum alam atau sunnatullah yang terjadi pada manusia dan makhluk hidup lainnya. Yang perlu kita lakukan adalah mensyukuri berbagai nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, sehingga kita menjalani hidup dengan bahagia. Dan tentu saja tetap aktif melakukan berbagai aktivitas walaupun usia makin bertambah. 


Dengan bertambah usia, biasanya metabolisme tubuh melambat sehingga badan bertambah bobotnya yang menyebabkan kita jadi malas bergerak. Dengan tetap melakukan berbagai aktivitas, kalori akan terbakar sehingga membantu menciptakan badan yang sehat dan berat badan yang ideal. 


Ketika kita aktif beraktivitas juga bisa membantu menajamkan daya ingat. Karena setiap kali kita bergerak, tubuh akan memompa oksigen termasuk memberi dorongan pada otak. Oksigen merupakan salah satu makanan otak selain nutrisi. Bahkan aktivitas seperti olahraga memacu tubuh memproduksi protein yang merangsang perkembangan neuron dalam otak. 

Aktifitas fisik ringan untuk lansia



Perlu diperhatikan, tetap aktif saat bertambah usia bukan berarti harus melakukan aktivitas yang berat. Terutama untuk mereka yang sudah lanjut usia, aktivitas fisik yang berat harus dihindari agar tidak terjadi cedera pada tubuh. Lakukan saja aktivitas yang ringan, yang penting otot tubuh kita tetap terlatih untuk bergerak. 


Contoh aktivitas fisik ringan yang bisa dilakukan adalah aktivitas sehari-hari yang menyenangkan seperti melakukan gerakan ibadah, memasak, berkebun, memainkan alat musik, jalan pagi sambil menghirup udara segar, dan sebagainya. Dengan rutin melakukan aktivitas fisik ringan yang menyenangkan saat usia kita terus bertambah, hidup akan terasa berkualitas dan tentu saja sehat lahir maupun batin. 

Comments

  1. Pertambahan umur juga diiringi degan penurunan kemampuan tubuh setelah melewati usia dewasa sesuatu yang harus kita terima ya mba. Tapi menjaga agar penurunannya tidak secara drastis tentunya dapat diusahakan dengan olahraga sesuai usia dan konsumsi makanan sehat.

    ReplyDelete
  2. saat ini kebanyakan di rumah emang bikin kita jadi mager banget, efeknya badan jadi kaku karena kita sama sekali gak gerak :(

    ReplyDelete
  3. impian semua orang yaa untuk bisa menua dengan sehat walafiat dan bahagia memang harus dibiasakan dengan gaya hidup sehat sejak muda sih yaaa, dan harus tetap aktif saat usia semakin bertambah

    ReplyDelete
  4. setuju, justru harus merutinkan aktivitas fisik ringan yaa meski usia bertambah biar tetap fit dan bugar dan ga sakit-sakit an, kerasa banget sih bedanya badan klo rajin olahraga atau engga

    ReplyDelete
  5. Setuju. Dengan bertambah usia harus tetap bergerak aktif agar tetap sehat dan bahagia. Beda sih sama yang mager, biasanya mereka trus obesitas dan bolak-balik ke rs.

    ReplyDelete
  6. Harus tetap bergerak dan beraktivitas ya kak, agar tubuh tetap bugar.
    Jangan tambah usia malah tambah mager yak haha

    ReplyDelete
  7. Bener banget. Aktivitas ringan pastinya bakal mereaktifkan banyak sendi. Dan bermanfaat banget buat tubuh. Membiasakan diri aktif sejak muda bakal bermanfaat juga nantinya.

    ReplyDelete
  8. Aduh sebagai sobat jompo, aku termasuk yang gampang banget lelah dan mageran. Kayaknya emang kudu mulai membiasakan diri melakukan aktivitas ringan deh, biar ga geje idupnya

    ReplyDelete
  9. aku sempet mbahas ini sama suamiku.. aktivitas yang lancar saat usia senja itu bisa didukung oleh dua faktor ya kayaknya.. pertama dana yang cukup, kedua kesehatan yang baik :D

    ReplyDelete
  10. Betul. Bertambahnya usia memang tak bisa dihindari tapi bersyukur setiap waktu membuat hidup kita menjadi lebih berkah dan bahagia.

    ReplyDelete
  11. Memang ada yang bilang, dengan bertambahnya usia kita jangan berhenti bergerak. Justru harus terus bergerak atau aktif meski sudah memasuki usia senja.

    ReplyDelete
  12. perlu banget juga kayanya dilakuin sedini mungkin, setidaknya dibangun habbite-nya, biar nanti ga males-malesan kaya aku :D

    ReplyDelete
  13. memang membiasakan tetap aktif bahkan dari usia muda itu dampaknya positif banget ya buat kehidupan. kita tetep bisa merasa produktif dan berguna juga jadinya :)

    ReplyDelete
  14. Di saat muda, aku ga pernah ke sawah. Nah pas pandemi melanda, dan aku kena PHK, aku sempat kalang kabut. Terpaksa aku kembali ke sawah karena orangtua sudah sepuh. Jadi ngga ada yang meneruskan jadi petani lagi.

    Beruntunglah aku masih diberi kekuatan. Aktivitas ringan masih bisa aku lakukan. Namun kalo sampe mencangkul dan aktivitas berat lainnya, terpaksa aku alihkan ke buruh. Yang penting kita selalu diberi kesehatan dan rezeki yang lancar ya kak.

    ReplyDelete
  15. Memang ky orang tua kita yang udah tidak bekerja lagi itu rasanya suntuk kalo di rumah tanpa aktivitas makanya orang tua saya tetap berusaha beraktivitas biar nggak suntuk..

    ReplyDelete
  16. MashaAllah~
    Tapi kalau melihat produktifitas ibu, mama dan papa mertuaku, alhamdulillah...masih aktif berpikir dan bergerak, kak.
    Ibu setiap pagi bersepesa, karena kalau tidak, lututnya akan sakit. Sedangkan Mama dan Papa mertua disibukkan dengan kajian dan alhamdulillah rutin memberikan nasi sedekah Jum'at.

    Aktivitas yang sangat jauh sekali denganku.
    Huhu~

    ReplyDelete
  17. Iya betul
    Ketika usia bertambah, kekuatan tubuh automatis berkurang

    ReplyDelete
  18. Ketika bertambah usia memang rasa-rasanya harus diimbangi dengan aktivitas yang menyenangkan diri sendiri. Seperti olahraga atau meditasi. Beda dengan saat muda karena fokus kita juga sudah teralihkan. Ibaratnya sudah lebih fokus pada kualitas diri secara batiniah. Tetapi tentunya harus ditunjang aktivitas fisik agar tubuh tetap bugar.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik