Baru Saja Membeli Mobil Bekas? Yuk, Segera Lakukan Hal Ini

 

Apakah kamu baru saja melakukan pembelian mobil bekas? Kalau iya, ternyata ada beberapa hal penting yang harus dilakukan sesaat setelah mobilnya sudah ada di tangan kamu. Kira-kira, apakah langkah-langkah yang dimaksud?

Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai hal-hal wajib yang harus kamu lakukan setelah membeli mobil second alias bekas. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak penjelasannya sampai akhir.


mobil bekas


Lakukan Ini setelah Beli Mobil Second

1. Cek Ban dan Kaki-kaki

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek bagian ban serta kaki-kaki. Bagian ini sangat rawan bermasalah karena bersentuhan langsung dengan jalanan. Apalagi mobil sudah digunakan selama bertahun-tahun dan melalui ribuan kilometer.

Selain itu, ban juga harus dicek mulai dari usianya hingga kondisi tapaknya. Jika usia ban mobil masih belum terlalu tua dan kondisi tapaknya masih bagus, tidak perlu dilakukan pergantian. Tapi jangan menunggu sampai ban benar-benar tipis atau retak, ya.

2. Spooring dan Balancing

Kalau semua kaki-kaki dan ban sudah dipastikan dalam kondisi yang baik, langkah selanjutnya adalah spooring dan balancing. Spooring dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa 4 roda sudah sesuai dengan pengaturan atau setting dari pabrik.

Sementara balancing dilakukan untuk menjaga keseimbangan di titik kiri, kanan, atas, dan bawah. Balancing dilakukan pada setiap ban sampai semuanya seimbang. Kalau sudah spooring dan balancing, pastikan bahwa stir tetap dalam kondisi lurus.


mobil bekas


3. Ganti Seluruh Cairan

Mobil punya banyak cairan di dalamnya, mulai dari air radiator atau coolant, oli mesin, oli gardan, oli persneling, hingga minyak rem. Semua cairan tersebut perlu diganti, terlebih ketika pemilik sebelumnya sudah lama tidak melakukan penggantian.

4. Ganti Filter

Selain semua cairan, filter-filter yang ada di mobil juga perlu diganti. Mobil juga punya banyak filter seperti filter bahan bakar, filter udara, filter oli, filter kabin, dan masih banyak lagi. Pastikan menggantinya dengan filter yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

5. Bersihkan Area Kabin

Kalau semua perbaikan dan penggantian sudah dilakukan, sekarang waktunya membersihkan area kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh. Bila malas melakukannya sendiri, bawalah ke salon mobil.

6. Urus Semua Surat

Terakhir, uruslah semua surat yang berhubungan dengan mobil tersebut. Kamu disarankan untuk segera melakukan balik nama pemilik kendaraan. Salah satu manfaat dari melakukan ini adalah menghindari pajak progresif yang mungkin harus dibayarkan oleh pemilik sebelumnya.

Beli Mobil Second Terpercaya di Mana?

Penasaran di mana tempat membeli mobil second alias bekas yang terpercaya? mobbi jawabannya. Ini adalah sebuah marketplace mobil bekas terbesar di Indonesia yang berada di bawah naungan Astra Group.

Hanya mobil-mobil bekas berkualitas yang dijual di sana. Bahkan sebelum mendapatkan harga dan dipasang agar bisa dilihat calon pembeli, mobil-mobil tersebut sudah melalui serangkaian proses inspeksi yang panjang untuk memastikan kondisinya.

Untuk membeli unitnya, kamu bisa menggunakan pembayaran cash maupun kredit. Seluruh proses transaksinya sejak awal hingga akhir sangat dilindungi keamanannya.

 

Comments

  1. Alhamdulillah
    setiap saya mengantar teman beli mobil
    saya melakukan hal hal seperti itu

    ReplyDelete
  2. Perawatan dan treatment yang perlu dilakukan untuk mobil second memang harus teliti ya. Siip kak informasinya, pasti membantu buat yang membutuhkan

    ReplyDelete
  3. Makasih atas tipsnya. Jadi tau nih apa aja yang perlu dilakukan setelah membeli mobil bekas. Kalau sudah ada panduannya kayak gini, kita nggak bakalan bingung lagi mau melakukan perawatan apa pada mobil bekas yang baru saja dibeli. Wah ada lagi nih marketplace untuk membeli mobil bekas. Di Mobbi, urusan membeli mobil second jadi lebih mudah dan pastinya terpercaya....

    ReplyDelete
  4. Wah terima kasih tipsnya kak! Memang harus lebih cermat dan teliti ya kalau memutuskan untuk beli mobil bekas :)

    ReplyDelete
  5. Mobil memang sudah jadi kebutuhan ya, Mbak. Dan banyak mobil bekas yang kondisinya bagus, karena terkadang dijual akan pindah atau punya beberapa mobil. Jadi beli mobil bekas di tempat terpecaya. Dan memang, setelah membeli mobil bekas, diusahakan segera balik nama, biar nanti saat bayar pajak kendaraan lebih mudah.

    ReplyDelete
  6. Cari mobil bekas di Mobbi pastinya akan memudahkan dan bisa dipercaya nih, apalagi berada di bawah Astra. Pasti sudah berpengalaman sekali dalam urusan mobil.

    ReplyDelete
  7. Penting banget tuh buat ngelakuin itu semua. Terutama keaslian surat2nya. Soalnya ini bakal nguras energi dan biaya kalo surat2nya bodong. Blm lagi kl blm bayar pajaknya.

    ReplyDelete
  8. Kita butuh banget tau yang beginian waktu beli mobil bekas. Biar ga mudah ketipu, pengen dapet mobil bagus dengan harga murah eh malah dapetnya rongsokan kan ga bangett

    ReplyDelete
  9. Mobbi memang tempatnya jual beli mobil bekas. Jadi ga takut tertipu kalo mau beli mobil karena sudah terpercaya

    ReplyDelete
  10. Semoga ada rezeki ya biar saya bisa beli mobil bekas nanti lihat tipsnya lagi deh.

    ReplyDelete
  11. Kalau di sini (Qatar) ada tempat khusus buat pengecekan mobil, semacam screaning lah. Jadi ketahuan jika mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan (minor atau mayor). Jadi pembeli bisa mengecek dulu sebelum membeli.

    ReplyDelete
  12. beli mobil bekas memang harus dicek bener2 ya. kalo nggak bakalan bisa zonk. ngeceknya ini yang perlu ngajak orang yang paham

    ReplyDelete
  13. Beli mobil bekas memang bener-bener perlu ketelitian ekstra ya, Mbak. Seneng ada aplikasi kayak mobbi yang melakukan pengecekan ketat pada mobil bekas yang dijual.

    ReplyDelete
  14. makasih banget tipsnya pasti bermanfaat nanti saat ingin beli mobil bekas, pastinya akan memperhatikan beberapa hal tersebut

    ReplyDelete
  15. Meski mobil second, tapi gak bole menyesal ketika mengadopsinya ya..
    Karena gimana pun, harapannya ketika membeli barang, inginnya yang lifetimenya lama. Mobil yang jadi cover artikel kak Kania ini aselik cakeepp banget...

    ReplyDelete
  16. Udah buka websitenya Mobbi. Informasinya lengkap, bahkan mobil yang ditawarkan di sana sudah diberi level grade A, B, sampai seterusnya. Grade ini hasil inspeksi dari tim Mobbi, jadi kita setidaknya punya gambaran dasar tentang kondisi mobil dengan adanya grade tersebut

    ReplyDelete
  17. Kalau tempat jualan mobil bekasnya masih di bawah naungan Astra Group, pasti mobilnya masih bagus ya.

    ReplyDelete
  18. Makasih tipsnya, Nia. Aku ada rencana beli mobil bekas nih buat nganter anak-anak sekolah. Biarpun bekas tapi layak pakai ya. Ga mogok-mogok.

    ReplyDelete
  19. Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang menguntungkan selams kita beli di marketplace mobil bekas yang terpercaya ya kak

    ReplyDelete
  20. Wah aku baru tahu nih apa aja yang harus di cek kalau beli mobil bekas. Thank you infonya

    ReplyDelete
  21. Gemes pengen forwardin ini ke kakakku yang habis beli mobil bekas tapii akhirnyaa malah nombokin banyaaaak karena kondisinya harus service dan ganti ini itu haduuhhh

    ReplyDelete
  22. Noted nih tipsnya. Btw, urusan surat surat ini penting banget loh. Jangan sampai surat2nya palsu, sekarang kan ada yang kayak begitu.
    Etapi, kalau langsung balik nama, biasanya biayanya juga lumayan sih.

    ReplyDelete
  23. wajib banget nih melakukan inspeksi begini. Jadi beneran aman dan nyaman saat memilikinya nanti ya, Kak. Dan Mobbi memang rekomendasi untuk nyari mobil bekas sih.

    ReplyDelete
  24. Jd tahu nih kalau mau beli mobil bekas apa aja yg harus dilakuin. Kebetulan kalau sudah ada rezeki lebih nanti rencana pengin beli mobil bekas dulu. Soalnya kalau beli yg baru harganya terlalu mahal euy

    ReplyDelete
  25. Memang harus banyak pertimbangan kalau mau membeli mobil bekas ya. Harus teliti mengenai surat-suratnya dan memeriksa kondisi mobil dengan baik.

    ReplyDelete
  26. Temenku baru ada yang mau beli mobil bekas nih. Dia udah tahu belum ya apa-apa yang kudu diperiksa dulu

    ReplyDelete
  27. Jujur kalau saya masih kurang paham tentang mobil.
    Misalnya pgn beli mobil bekas harus bawa orang yg ngerti mobil, jadi pngchekan nya lebih teliti lagi dan meminimalisir hal" yang tidak diinginkan jika sudah deal beli.

    ReplyDelete
  28. Memang kalau beli mobil bekas harus mau mengorbankan banyak waktu dan biaya untuk ngecek dan mengganti segala macemnya dengan detail ya, Kak. Tapi memang harga mobil bekas cukup ekonomis sih kalo dibanding yang baru. Asal teliti dan beruntung dapat yang masih bagus2, seperti di Mobbi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Cara Mudah Mendapatkan Kuota Internet Gratis

Semakin Bersyukur di Usia Cantik