Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

 


Sepeda motor adalah salah satu jenis model kendaraan yang banyak digunakan masyarakat. Sepeda motor dinilai praktis dan hemat. Menggunakan sepeda motor bisa menghemat waktu untuk sampai ke tujuan. Dari segi biaya pun, menggunakan sepeda motor bisa lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan umum. 


Namun banyak juga kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh sepeda motor. Oleh karena itu, agar aman berkendara sepeda motor perlu memperhatikan hal berikut ini:


1. Menggunakan perlengkapan keselamatan


Agar aman berkendara sepeda motor, pakailah berbagai perlengkapan yang bisa melindungi dari berbagai bahaya di jalan raya. Jaket, sepatu, helm, sarung tangan, kacamata, celana panjang, masker, dan lain sebagainya bisa digunakan untuk melindungi diri dari sinar matahari yang panas atau cedera karena jatuh di jalan raya. 


2. Miliki sikap berkendara yang baik


Seorang pengendara sepeda motor perlu memiliki sikap berkendara yang baik agar aman di perjalanan. Duduk tegak namun tetap santai, tidak mengangkat kaki ke tempat lain dengan alasan apapun, pandangan ke depan, tidak membawa lebih dari satu penumpang dan barang bawaan yang berat, adalah beberapa sikap berkendara yang perlu diterapkan. 


Tips aman berkendara sepeda motor


3. Jaga jarak dalam berkendara


Aturlah kecepatan sepeda motor sesuai dengan kondisi di jalan raya. Jangan lupa untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau tabrakan akibat pengereman mendadak. 


4. Tetap fokus dan selalu waspada


Banyak pengendara sepeda motor merasa yakin akan kemampuan berkendara yang dimiliki dan merasa kecelakaan tidak mungkin terjadi. Sikap seperti ini akan menciptakan kecerobohan dan kurang hati-hati. Oleh karena itu, sehebat apapun dalam berkendara, kita harus tetap fokus dan waspada agar aman di perjalanan. 


5. Patuhi rambu lalu lintas


Seorang pengendara sepeda motor perlu memahami berbagai aturan dan rambu lalu lintas yang ada. Gunakan lampu sein jika akan berbelok, serta patuhi berbagai aturan dan rambu lalu lintas untuk keamanan selama perjalanan. 


6.Menyiapkan kendaraan sebelum pergi


Sebelum menggunakan sepeda motor, sebaiknya periksa dahulu seluruh komponen kendaraan. Pastikan seluruh komponen kendaraan berfungsi dengan baik. Jika ada suku cadang yang harus diganti atau komponen sepeda motor yang harus diservis, maka lakukan segera dan tidak menunggu lama. 


By the way, melakukan servis sepeda motor sebaiknya dilakukan di tempat atau bengkel yang terpercaya. Salah satu bengkel yang saya rekomendasikan adalah Planet Ban. 


Planet ban


Planet Ban adalah Planet pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap. Tidak hanya menjual Ban sepeda motor saja, mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, dan berbagai suku cadang lainnya tersedia di Planet Ban dengan lengkap. Harganya juga transparan, bisa di cek di website resmi Planet Ban, planetban.com atau lihat langsung di rak produk yang terdapat di bengkel Planet Ban.


Planet Ban bisa menjadi bengkel pilihan untuk mendapatkan layanan terbaik dari bengkel motor. Mekanik yang profesional, peralatan yang canggih, produk suku cadang lengkap, bisae pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari, adalah beberapa kelebihan Planet Ban.


Selain itu, Planet Ban memberikan berbagai keuntungan lain yang mungkin tidak akan ditemukan di bengkel motor lain, seperti gratis biaya pemasangan ban, gratis jasa servis dan ganti oli, gratis jasa pengisian cairan anti bocor, serta gratis pengisian nitrogen selamanya. 


Yuk, kunjungi Planet Ban terdekat untuk mendapatkan servis sepeda motor terbaik dan dapatkan potongan harga sampai 150 ribu! Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai Planet Ban dan potongan harganya, klik link berikut ini https://bit.ly/PotonganSampai150Ribu.








Comments

  1. Sangat bermanfaat banget tipsnya untuk yang setiap hari kemana-mana naik motor nih. Makasih, kak

    ReplyDelete
  2. Perlengkapan keselamatan penting banget, pernah naik motor keserempet truk untungnya pakai helm, pas jatuh meski pingsan kepala gak luka.

    ReplyDelete
  3. Planet ban mah udah andalan aku banget sejak dulu, mulai dari jaman kuliah dulu sih. Service yang optimal, pelayanan yang cepat, serta kualitas produk yang baik serta tahan lama.

    ReplyDelete
  4. Salah satu alat keselamatan yang nggak pernah aku lupain setiap naik motor adalah helm. Meski jarak dekat tetep pakai, soalnya kita nggak tau apes itu datangnya kapan.

    ReplyDelete
  5. Salah satu alat keselamatan yang nggak pernah aku lupain setiap naik motor adalah helm. Meski jarak dekat tetep pakai, soalnya kita nggak tau apes itu datangnya kapan.

    ReplyDelete
  6. Terkait tips aman berkendara, sebagai pengendara mobil saya sering terganggu dengan sikap pengandara motor yang suka mengobrol. Sering melihat dua pengendara motor yang jalan bersebelahan, cenderung pelan karena sambil ngobrol. Selain mengganngu, ini juga membahayakan mereka.

    ReplyDelete
  7. Sudah pernah dari planet ban dan hasilnya memuaskan

    ReplyDelete
  8. tips tambahan, klo capek atau ngantuk istrahat dulu di rest area atau pom bensin

    ReplyDelete
  9. Pengecekan suku cadang memang penting sebelum melakuan berpergian jaraka jauh, apalagi soal rem. Sebab itu cukup riskan.

    ReplyDelete
  10. Yups...jangan lupa selalu cek ricek kendaraan sebelum berkendaraan. Mulai dari ban,mesin, dan sparepart lainnya. Termasuk juga perlengkapan keamanan diri.

    ReplyDelete
  11. cewek kalo males ribet dan banyak takut kalo mau servis motor pilihan terbaiknya bengkel planet ban. dahlah... full rekomen dan terpercaya hehe

    ReplyDelete
  12. Dulu zaman SMA selalu dicerewetin sama bapak karena nggak aware sama kebutuhan motor. Maunya pakai aja nggak mau tahu urusan perawatan. Giliran sekarang nyadar kalau ternyata merawat motor itu penting banget.

    ReplyDelete
  13. Planet Ban memang andalan banget untuk urusan servis motor. Eh pas ada kupon promo juga, asyiik bangett

    ReplyDelete
  14. Planet Ban memberikan perawatan terbaik bagi motor kita ya kak
    Sehingga kita bisa mengendarai motor dengan baik dan aman

    ReplyDelete
  15. Planet ban memang sudah ada dimana-mana. Tapi sejahuh ini saya kalau kesini untuk ganti ban sajaa, belum pernah melakukan service nya. Mungkin nextnya bisa dicoba

    ReplyDelete
  16. Kebetulan lagi mau servis motor. Ke planet ban ah, selain karena ada potongan yang nominalnya besar, review yang servis motor di planet ban bagus semua. Jadi ya cus ah ke planet ban. Makasih infonya ya mbak niaaa

    ReplyDelete
  17. Setuju kak, kalau lagi berkendaraan gitu jangan sembrono atau sombong. Tetep santuy dan perhatikan rambu² yang ada biar selamat pulang dan pergi

    ReplyDelete
  18. Memastikan kendaraan dalam keadaan prima atau sehat memang penting sih untuk menjamin keamanan berkendara. Salah satu caranya ya dengan rutin ke bengkel untuk perawatan seperti ganti oli, cek angin, dan penggantian komponen-komponen yang memang sudah perlu diganti.

    ReplyDelete
  19. aku juga servis motor diplanet ban sih kak meski gak rutin disana karena jarak cabang terdekat agak jauh (jauh banget malah) dari rumah. jadi dateng kesana kemrin buat ganti oli dan ganti ban juga. servisnya selalu bagus, produk ori dan tenaga mekaniknya profesional

    ReplyDelete
  20. Hindari berkendara ketika mengantuk, ini penting banget.
    Mungkin masuk ke Stay Focus yaa.. Karena aku pernah banget ketiduran pas nyetir motor. Huhuu.. serius. Dan aku kecelakaan.
    Padahal posisiku yang nyetir loo.. kok bisa keseliyuutt..

    ReplyDelete
  21. tips yang sangat bermanfaat nih mbak memang kalau bawa motor itu kita sebaiknya harus dalam kondisi fit dan selalu taat aturan yaa

    ReplyDelete
  22. Terima kasih tipsnya kak, memang harus selalu di cek kondiisi motor kita. Biar selalu aman dan nyaman berkendara kemana saja.

    ReplyDelete
  23. Berkendara menggunakan sepeda motor memang aktivitas yang selalu saya lakukan setiap hari, karena sering berkendaraan menggunakan motor jadi sering memastikan keselamatan khususnya pada roda. Planet ban emang jadi solusi banget lah kalau soal urusan service, teruji dan memuaskan pelayanannya.

    ReplyDelete
  24. Patuhi rambu lalu lintas yang paling penting, agar aman sentosa :D

    ReplyDelete
  25. betul banget ini aman berkendara sangat diperlukan dan emang ya kalau aktivitas kita sibuk, motor emang harus diservis dan dicek sebelum bepergian.

    ReplyDelete
  26. Menaati peraturan berkendara itu bukan cuma untuk diri sendiri ya, tapi juga untuk pengguna jalan lain. Sayang masih banyak yang menganggap jalan sebagai “milik sendiri” :’) Belum lagi malas pakai helm dan sepatu dengan alasan dekat. Padahal kecelakaan itu gak mengenal jarak, huhuhu.
    Btw, Planet Ban memang bengkel yang bisa banget dijadikan pilihan. Sudah sering baca review bagusnya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Cara Mudah Mendapatkan Kuota Internet Gratis

Semakin Bersyukur di Usia Cantik