Memilih Axioo MyBook Sebagai Partner Menulis

Beberapa waktu lalu, saya mendengar cerita tetangga saya yang mempunya usaha penyewaan kostum. Beliau memulai usahanya dari hobi mendandani sang anak yang akan melakukan pentas. Awal mulanya, sang anak akan melakukan pentas di sekolahnya dan memerlukan kostum tertentu. Alih-alih menyewa kostum yang hanya sementara dipakai, tetangga saya membeli kostum yang lama-lama terkumpul banyak dan bisa ia sewakan lagi pada orang lain. Sekarang, tetangga saya punya sebuah toko penyewaan kostum yang laris terutama saat event Kartinian di sekolah-sekolah.

“Pekerjaan ini saya awali dari hobi mendandani anak” Begitu kata tetangga saya.


Benar, saya setuju pada bagian hobi bisa menjadikan sesuatu yang menghasilkan. Saya hobi menulis. Walau tak banyak, tulisan saya pernah dimuat di media massa dan diterbitkan dalam bentuk buku. Era teknologi internet mengantarkan saya untuk menulis juga di blog, baik blog sendiri maupun orang lain. Penghasilan menulis di blog bisa didapatkan dari Google Adsense, mereview produk atau jasa suatu brand, atau memenangkan lomba menulis blog. Hasilnya memang tidak tentu, yang jelas menjalaninya tentu menyenangkan karena sesuai dengan hobi.

Saya menulis biasanya saat anak-anak sekolah, di pagi hari sampai siang. Saat itu tenang dan saya bisa bisa lebih maksimal menulis. Sejak laptop saya rusak, saya menggunakan komputer milik suami di ruangan yang khusus dipakai sebagai ruang kerjanya.

Suatu hari, saya dibuat cemas tak terkira karena komputer suami yang biasa saya pakai tidak menyala saat mau saya gunakan. Aduuh, gimana ya kalau rusak, data-data penting mengenai kerjaan suami bisa hilang. Biasanya butuh banyak waktu untuk mendapatkan data-data pekerjaannya kembali.

axioo mybook


Benar saja, komputer suami tak bisa diselamatkan dan ia tentu saja butuh banyak waktu untuk mendapatkan data-data pekerjaannya kembali. Untungnya sih, masih ada laptop kantor yang bisa ia gunakan untuk bekerja di rumah.

Mengingat kejadian ini yang sudah lebih dari sekali terjadi, saya terpikir untuk membeli laptop lagi menggantikan laptop lama yang rusak agar tidak mengganggu pekerjaan suami. Saya bertekad untuk mengumpulkan sejumlah uang dari penghasilan menulis dan membeli laptop yang bisa saya gunakan untuk menulis. Terus terang, untuk saat ini selagi saya sehat dan masih bisa melakukan berbagai aktivitas, saya belum bisa meninggalkan dunia menulis. Menulis adalah pekerjaan yang paling memungkinkan untuk saya saat ini karena sesuai dengan hobi, bisa dilakukan di rumah sembari mengurus keluarga, dan tidak terikat dengan jam kerja dan usia.

Sambil mengumpulkan uang, saya mengumpulkan berbagai informasi laptop yang saya perlukan. Biasanya kita menentukan laptop yang akan kita beli berdasarkan beberapa hal, diantaranya sebagai berikut:

  1. Kebutuhan. Untuk kebutuhan sehari-hari, biasanya performa laptop yang sedang sudah cukup. Sebaliknya untuk game atau kebutuhan bisnis yang lebih rumit, biasanya butuh laptop yang performanya lebih tinggi.
  2. Dana. Jika dana yang ada kurang memadai, kita bisa membeli laptop bekas yang masih bisa dipakai dengan baik. Atau, bisa juga membeli laptop baru walau bukan dari brand terkenal.
  3. Style. Selain faktor kebutuhan dan dana, faktor style pun diperhatikan orang saat membeli laptop. Misalnya ada orang yang lebih suka laptop super tipis, berapapun harganya, agar mudah dibawa kemana saja.
Ketiga faktor itu penting bagi saya dalam memilih laptop untuk kegiatan menulis saya. Sebagai penulis, saya hanya memerlukan laptop untuk mengetik dan mengakses internet serta tidak perlu mahal. Namun, style laptop pun harus yang setidaknya nyaman saya gunakan. Saya pun browsing di internet mengenai laptop yang sesuai dengan kebutuhan saya menulis, dan sesuai juga dengan dana yang sementara ini sudah saya kumpulkan. Saya juga ‘jalan-jalan’ ke toko online langganan saya untuk melihat-lihat berbagai jenis laptop yang ada. Saat itulah, saya menjatuhkan pilihan pada Axioo myBook, salah satu laptop yang ditawarkan toko langganan saya.

Ini Alasan Saya Menggunakan Axioo MyBook

Axioo MyBook memenuhi kebutuhan saya dalam menulis (mengetik) dan mengakses internet, ini alasan pertama saya memilih Axioo MyBook. Axioo sendiri merupakan vendor PC (Personal Computer) Indonesia yang masih eksis dan konsisten di jalurnya. Meski belakangan Axioo sudah turut berkecimpung di persaingan pasar smartphone dan tablet, Axioo ternyata masih setia dengan produk yang telah membesarkan namanya yakni laptop. MyBook merupakan laptop berukuran 10.1 inci yang belum lama ini dikeluarkan Axioo dan dirancang untuk mendukung produktivitas penggunanya.

axioo mybook
Box, MyBook, kartu garansi, DVD, alamat service centre, dan charger

axioo mybook
tas dan buku petunjuk

Ketika menerima paket Axioo Mybook dari kurir toko langganan saya, laptop itu dikemas dalam kotak yang cukup kuat. Isinya ada laptop Axioo MyBook, charger, DVD Axioo MyBook, kartu garansi, alamat service centre, buku petunjuk, dan tas laptop.

Walau layar Axioo MyBook berukuran 10.1 inci, laptop ini dilengkapi dengan keyboard fisik. Pas banget dengan kebutuhan saya yang memang lebih suka dan lebih nyaman dengan keyboard fisik dibanding keyboard virtual. Udah pengalaman, kalau mengetik di smartphone atau tablet Android suka banyak salah ketik jika menggunakan keyboard virtual. Ujung-ujungnya, menulis jadi lama karena malah banyak mengedit tulisan.

Axioo juga dilengkapi dengan modul WiFi generasi terbaru 802.11ac 433 Mbps. Belum banyak laptop yang memakai WiFi generasi ke 5 ini. Kebanyakan masih memakai versi 802.11n. Dengan modul WiFi baru ini, saya bisa mengakses WiFi 3 kali lebih cepat, dan 6 kali lebih hemat energi. Asik ya, internetan lancar dan bayar kuota internet juga lancar karena bisa berhemat!

axioo mybook
keyboardnya cukup nyaman untu mengetik :)

Kapasitas HDD Axioo MyBook juga besar. Varian tertinggi Axioo MyBook bisa membawa hard disk dengan kapasitas sampai 2TB loh. Cukup banget lah buat yang suka nonton karena biasanya memerlukan file yang besar. Walau tidak setangguh laptop gaming yang harganya bisa 3 kali dari Axioo MyBook, laptop ini cukup untuk menjalankan kegiatan harian, seperti browsing internet, mengetik tugas menulis, streaming Youtube, menonton film HD, mendengarkan musik, atau bermain game-game ringan.

Layar Axioo MyBook punya resolusi 1280 x 800 piksel dan sudah memakai panel IPS yang membuat sudut pandang layarnya bisa lebih lebar. Soal port, Axioo MyBook punya port USB 3.0, port USB 2.0, microSD card reader, mini HDMI port, dan 3.5mm audio jack port. Ada juga Bluetooth buat yang membutuhkannya.

Axioo MyBook ini harganya cukup terjangkau loh, hanya sekitar 2,5 juta. Di toko online langganan saya malah Cuma sekitar 2,4 juta. Ini alasan kedua saya menggunakan Axioo MyBook, harganyanya yang terjangkau dengan kemampuan keuangan saya. Saat itu saya memang lagi butuh banget laptop yang terjangkau, karena sedang ada deadline menulis yang tidak mungkin dikerjakan menggunakan smartphone. Dana yang ada cukup sekali untuk membeli Axioo MyBook.

Dengan dana segitu, spesifikasi Axioo MyBook cukup mumpuni untuk kerjaan saya. Bisa dilihat di daftar berikut ini:

axioo mybook

Desain Axioo MyBook juga cukup stylish loh, ini alasan ketiga saya memilih Axioo MyBook. Tersedia warna-warna yang bisa kita pilih sesuai dengan kesukaan kita yaitu hitam, putih, biru, pink, dan hijau. Mm, sebenarnya saya suka dengan yang warna putih, tapi sepertinya tidak tersedia di toko langganan saya. Tapi hitam juga oke kok, elegan. Selain itu, layar Axioo MyBook bisa ditekuk sampai 180 derajat sehingga bisa kita gunakan sambil bersantai. Bobotnya yang ringan, kurang dari satu kilogram, juga memudahkan saya untuk membawanya kemana-mana.


Oh ya, hanya satu sih yang sempat membuat saya resah yaitu tombol power yang terletak di kanan atas dan berdekatan dengan tombol-tombol lain, sehingga saya pernah salah pencet yang menyebabkan laptop restart. Mungkin bisa menjadi perhatian Axioo sehingga tombol power diberikan space terpisah. Keyboard yang lembut juga di satu sisi membuat mengetik nyaman, namun di sisi lain jika menekan tombol tertentu maka huruf lain muncul. Namun hal ini masih lebih baik sih dibanding keyboard yang keras, yang justru tidak membuat nyaman saat mengetik.

axioo mybook
bisa ditekuk 180 derajat :)

Saat ini, saya merasa cukup puas selama menggunakan Axioo MyBook sebagai partner menulis. Harapan saya, semoga awet dan Axioo bisa terus mengembangkan berbagai inovasi lain yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, terjangkau, dan tentu saja tetap stylish.

Comments

  1. warna hitam keren mbak, kalau kotor nggak kelihatan heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru yang warna hitam kalo berdebu kelihatan banget

      Delete
    2. iya sih keliatan kalau berdebu

      Delete
    3. tapi nggak mencolok loh kotornya, heheheh

      Delete
  2. Simpel yah mungill kayaknya enak dibawa bawa.. tapi dirumah berbagai macam laptop sama aja menerut saya yg awam hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sebenarnya ga terlalu ngerti mba hehe, browsing2 aja :D

      Delete
  3. pengen suatu waktu punya laptop sendiri. lebih hemat listrik dibanding pakai pc. Untuk Axioo, keyaknya ringan ya Mbak buat dibawa kemana-mana

    ReplyDelete
  4. aku lagi cari2 leptop karena pengen beli buat khusus nge-blog hehehe liat ini jadi referensi ah makasi reviewnya mba gudluck lombanya :)

    ReplyDelete
  5. Bisa ditekuk 180 derajat kayaknya oke punya nih dah gt mungil juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mungil enteng dibawa kemana2 cuman kalo yg udah biasa -pake layar besar harus adap-tasi lagi

      Delete
  6. Axioo tampaknya enteng ya mba jadi bisa dibawa kemana-mana

    ReplyDelete
  7. Dr dulu pengen bgd punya laptop atw komputer lah, bwt ngeblog, soalnya suka lelah kalau ngeblog pakek tablet.
    Tengkiu loh mbk sharenya, aku jadiin referensi kalau nanti ada rejeki bwt beli laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. tablet juga bisa dipasang keyboard kan mba? semoga terkabul ya

      Delete
  8. Waow keren udah punya notebooknya malah, juara nih

    ReplyDelete
  9. makasih reviewnya ,siaap tahu mau beli di kemudian hari

    ReplyDelete
  10. Harganya Terjangkau banget zaaa..... Spesifikasinya juga mumpuni buat menulis dan browser

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, cuku-p lah buat nu-lis dan browsing

      Delete
  11. Baguss mbaak yaa MyBook Axioo, praktis juga dibawa kemana-mana dan desainnya stylish banget. Pengeen punyaaa bingits :D hehhee

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah ya Mbak, laptop baru semangat baru untuk menulis. Laptopku juga depannya A, kenapa kebanyakan laptop dan notebook depannya A, eh heheee, hayoo semangat menulis dan selalu berprestasi ya mbaak

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro