Menjalani Hobi Sekaligus Pekerjaan Dengan Menyenangkan dan Percaya Diri

Kalau bicara tentang kebutuhan hidup, rasanya tidak pernah cukup. Namanya juga manusia yang merasa kurang terus, bukan malaikat. Apalagi menjelang bulan suci Ramadhan dan lebaran, biasanya harga barang kebutuhan pokok beranjak naik. Buat para ibu rumah tangga, hal ini bisa membuat sedikit panik karena berpengaruh pada keuangan rumah tangga. Eit, seharusnya sih bapak rumah tangga sih ya yang panik, kan mereka yang menjadi tulang punggung keluarga. Tapi karena ibu biasanya yang suka mengatur keuangan rumah tangga, mereka biasanya lebih bisa mencurahkan rasa gelisah mereka dengan mengeluh pada teman, tetangga, bahkan media sosial.

Sst bu, daripada mengeluh kita cari tambahan penghasilan saja yuk!

Aaargh, sudah pusing dengan urusan rumah tangga masa harus ditambah dengan mencari penghasilan. Ya, begitulah hidup, ujiannya banyak biar makin dewasa. Seorang wanita memang tidak dibebankan untuk mencari nafkah setelah mereka menikah, karena suaminyalah yang lebih bertanggungjawab sebagai tulang punggung keluarga. Tapi, kenyataannya banyak wanita yang terpaksa harus keluar rumah untuk mencari nafkah demi membantu perekonomian keluarga. Ada juga yang memilih bekerja lepas (freelance) agar lebih fleksibel mengatur waktu.

Bekerja lepas atau freelance menurut Wikipedia artinya pekerjaan yang tidak terikat dengan majikan dalam jangka waktu tertentu. Bekerja lepas bisa menjadi pilihan bagi wanita yang ingin mengaktualisasikan diri namun tidak bisa meninggalkan anak-anak di rumah. Seperti saya, ingin melakukan satu hal yang produktif sesuai kemampuan tapi tak bisa meninggalkan anak-anak di rumah karena ketiadaan asisten rumah tangga.

Menurut data freelancer.com, portal pekerja lepas terbesar di dunia, pekerja lepas dari Indonesia yang terdaftar sebagai anggota freelancer.com terus bertambah dari 60.000 orang di tahun 2012 menjadi 550.000 orang di tahun 2015. Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah seiring semakin banyaknya pengguna internet. Artinya, bekerja lepas semakin diminati dan dijadikan pilihan bagi sebagian orang untuk mendapatkan penghasilan.

Banyak kok pilihan pekerjaan lepas untuk seorang wanita, misalnya programmer, penerjemah, konsultan berbagai produk dan jasa, desain grafis, guru privat, penulis, dan sebagainya. Namun jika kita tertarik untuk bekerja lepas, sebaiknya kita memperhatikan hal berikut ini:

vitalis exotic body scent blissful


  1. Bekerja sesuai passion
Menurut situs Nextren, jika tertarik memulai karir sebagai freelancer, sebaiknya mulailah dengan sesuatu yang menjadi passion atau keahlian yang bisa dijual.

Ada beberapa pekerjaan lepas yang pernah saya lakukan. Saya pernah menjadi pengajar privat dan menjual produk secara online. Saya berhenti menjadi pengajar karena merasa kurang memiliki ilmu yang cukup untuk menjadi pengajar. Saya juga istirahat dari berjualan online karena merasa waktu saya terkuras 24 jam untuk melayani konsumen. Bahkan dalam waktu istirahat saya konsumen menuntut perhatian, sehingga kadang saya merasa mengabaikan anak saya. Padahal, sebenarnya jika saya sabar dan telaten penghasilannya cukup lumayan banget dari berjualan secara online. Internet memudahkan orang berbelanja dan menyediakan produk yang lebih berragam, sehingga belanja online banyak diminati.

Oh ya, karena berjualan online juga saya merasa tidak sempat menulis, kegiatan yang justru menjadi passion dan hobi saya. Ya, menulis awalnya hanya merupakan hobi saja. Awalnya saya hanya menulis kegiatan keseharian dan curhat tidak jelas di buku diary saat sekolah menengah. Lalu saya mulai menulis cerita pendek yang dikirimkan ke media cetak. Satu dan dua, ada tulisan saya yang dimuat sehingga saya mendapat honor. Sehingga saat ini, saya merasa menulislah yang menjadi passion saya dan bisa dikembangkan untuk mendapatkan penghasilan. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain melakukan apa yang menjadi passion kita dan kita mendapatkan penghasilan dari hal tersebut.

  1. Bergabung dengan komunitas dan marketplace khusus pekerja lepas
Era internet mendorong saya untuk menulis di blog. Saya sebenarnya sudah menulis di blog sejak awal tahun 2000an. Namun karena menikah dan memiliki anak, saya sempat vakum menulis. Baru pada tahun 2013 lah saya mulai menulis lagi di blog.

Terus terang, awal saya menulis di blog adalah untuk membunuh kebosanan karena hanya mengurus anak di rumah. Saya juga menulis di blog untuk mencatat kenangan saya bersama dua buah hati saya. Lalu saya bergabung dengan komunitas blogger dan mendapat banyak pengetahuan yang tidak saya ketahui sebelumnya tentang dunia blogging.

Saya baru tahu kalau menulis di blog itu ternyata bisa di-monetize, diatur agar bisa mendapatkan penghasilan. Biasanya, penghasilan dari blog itu berupa iklan dari Google Adsense, mereview produk atau jasa suatu perusahaan, memenangkan lomba blog, dan sebagainya.

Selain itu, bergabung dengan komunitas membuat saya mengenal blogger-blogger lain dan terjalinnya pertemanan sesama blogger. Tak jarang, komunitas memfasilitasi sharing ilmu tentang dunia blog baik secara online maupun offline. Di luar penulis blog, juga tentunya banyak komunitas serupa sesuai passion masing-masing yang bisa diikuti dan dirasakan manfaatnya.

Seorang pekerja lepas juga sebaiknya bergabung dengan marketplace khusus pekerja lepas agar mudah mencari proyek pekerjaan yang sesuai. Biasanya, tidak dikenakan biaya untuk bergabung dengan marketplace pekerja lepas yang mempertemukan freelancer dengan klien pemberi proyek pekerjaan. Karena kita tidak terikat perusahaan tertentu, maka kita sendiri sebagai pekerja lepas yang harus rajin mencari proyek pekerjaan yang sesuai.

Jaringan pertemanan sesama blogger dan bergabung dengan marketplace pekerja lepas sempat membawa saya pada dunia buzzing, yaitu kegiatan mempromosikan produk atau jasa di media sosial, biasanya selain di blog. Masih berkaitan dengan menulis sih menurut saya. Karena saya sebagai buzzer harus bisa membuat kata-kata yang membuat orang tertarik untuk mencoba produk atau jasa tersebut.

  1. Tampil professional
Walaupun pekerja lepas, bukan berarti sembarangan dalam bekerja. Kita tetap harus memesona dengan tampil professional dalam melakukan pekerjaan. Bagi seorang blogger, professional bisa dalam banyak hal. Misalnya tidak telat ketika harus menyetorkan tulisan, menguasai dan mempelajari materi yang akan ditulis, tepat waktu datang ke liputan acara, tidak membawa anak ke acara formal, membuat akun media social yang professional, membangun branding lewat blog pribadi, memiliki kartu nama, menetapkan fee yang bersaing sesuai layanan yang kita berikan, memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk bekerja, dan sebagainya.

Berusaha percaya diri adalah upaya untuk tampil professional. Percaya diri  salah satunya diupayakan dengan memberikan penampilan yang sesuai dan nyaman ketika akan menghadiri satu acara atau akan bertemu klien. Saya kadang menerima undangan liputan pada akhir pekan. Karena di waktu itulah biasanya anak-anak ada yang menangani, yaitu ayah mereka. Saya berusaha memakai pakaian, sepatu, dan tas yang nyaman walau tidak baru. Dan tidak lupa menyemprotkan wewangian ke sekujur tubuh sehingga bau badan tersamarkan.

Namanya juga ibu rumah tangga, kadang suka bau badan setelah berkutat mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Ada artikel yang menyebutkan bahwa hormon dan stress pada wanita juga bisa menyebabkan keringat berlebih dan bau badan. Duuh, kebayang kan kalau harus meliput atau bertemu klien dengan bau badan yang menyengat.

vitalis exotic body scent
6 varian vitalis exotic body scent

Sekarang ini, saya lagi suka dengan salah satu produk wewangian dari Vitalis yaitu Vitalis Exotic Body Scent yang baru di-relaunch tahun 2017 ini. Vitalis adalah brand wewangian terkemuka di Indonesia yang pertamakali diperkenalkan pada tahun 2005. Saat ini, Vitalis merupakan market leader di pasar adult female fragrance dengan pangsa pasar sebesar 23%.

Tema relaunch Vitalis Exotic Body Scent yaitu “Urban Bloom” yang terinspirasi dari wanita modern yang sukses berkarir di kota besar di seluruh dunia. Mereka biasanya dinamis, berkomitmen, dan inspiratif. Mereka diibaratkan bunga-bunga yang sedang bermekaran indah, menghiasi dinamikan kehidupan urban.

Wanita karir yang dinamis tidak saja dituntut untuk professional dan update dengan “knowlodge & skill” yang terbaik, namun juga memiliki keterampilan sosial yang tinggi dan berpenampilan terbaik. Vitalis mengambil inspirasi dari keidupan wanita urban ini dan memadukannya dengan perfumery. Ahli wewangian di Vitalis mengembangkan wewangian modern dengan fokus generasi baru dari floral olfactive. Wewangian floral generasi milenial ini bersama dengan beberapa varian floral yang sudah sukses sebelumnya, menjadi kekuatan relaunch dari Vitalis Body Scent yang membantu wanita Indonesia menyempurnakan penampilannya, meningkatkan kepercayaan dirinya, menjalani hari-harinya, dan mengejar impiannya.

Kali ini, Vitalis Exotic Body Scent melakukan beberapa perubahan untuk meningkatkan kualitasnya. Kualitas wewangian lebih baik karena dosis wewangian lebih tinggi sehingga lebih tahan lama. Vitalis juga mengupdate wewangiannya dengan wewangian bunga yang lebih modern, serta mengubah desain kemasan dengan tema “urban bloom” yang lebih segar, modern, premium, dan dinamis tanpa meninggalkan kesan feminim.

Ada enam varian Vitalis Exotic Body Scent, yaitu:
  1. Vitalis Exotic Body Scent Blossom diawali dengan aroma Iris, plum dan rose dipadu dengan vanilla dan musky yang elegan dan tahan lama.
  2. Vitalis Exotic Body Scent Breeze memadukan wangi bunga cyclamen, Lily of the valley, Peach, CedarWood, dan amber.
  3. Vitalis Exotic Body Scent Bizzare memancarkan kesegaran aroma bunga violet, lotus, blackcurrant, sandalwood, dan marine.
  4. Vitalis Exotic Body Scent Belle mengkombinasikan semerbak aroma bunga rose damask, muguet, peach, melon, dan sandalwood, yang menawan dan tahan lama.
  5. Vitalis Exotic Body Scent Bless diawali dengan kesegaran aroma bunga jasmine, Fresia, berpadu dengan drewberry, apel, dan gourmand yang tahan lama.
  6. Vitalis Exotic Body Scent Blissful merup-akan paduan sempurna dari kesegaranwangi bunga rose, peony, lemon, grapefruit, dan oakwood yang elegan dan tahan lama.
vitalis exotic body scent blissful


Nah, yang terakhir ini yang saya pakai yaitu Vitalis Exotic Body Scent Blissful. Orange Peony adalah bunga yang melambangkan kebahagiaan dan kemakmuran. Bunga ini sering dijadikan sebagai obyek seni dari artis Cina, Jepang, bahkan Eropa seperti Pierre-August Renoir dan Vincent Van Gogh, yang mengabadikan keindahan bunga ini di kanvas. Bunga Orange Peony juga memberikan gambaran tentang kesempurnaan wewangian parfum Vitalis Exotic Body Scent Blissful dengan paduan bunga peony, rose lemon, grapefruit dan oakwood, yang membantu menikmati hidup lebih berwarna dan fantastik.

Saya menyemprotkan wewangian ini ke seluruh tubuh sehabis mandi. Sensasi yang saya rasakan dari semprotan pertama adalah kesegaran dari paduan wewangian bunga yang merangkai Vitalis Exotic Body Scent Blissful. Hati-hati, jangan sampai kena area mulut dan mata atau area sensitive lainnya. Kesegaran Vitalis Exotic Body Scent Blissful berpengaruh pada saya untuk menjalani hobi sekaligus pekerjaan saya dengan lebih menyenangkan dan percaya diri.

PT. Unza Vitalis adalah produsen yang memproduksi Vitalis Exotic Body Scent. Selain memproduksi wewangian, PT Unza Vitalis juga memproduksi produk perawatan tubuh dan kulit lainnya dengan merek-merek ternama antara lain Sumber Ayu, Izzi, Enchanteur, Direct, Doremi, Pandansari, dan Bio Essence.

PT Unza Vitalis merupakan bagian dari Wipro Unza, yaitu salah satu produsen dan pemasar produk perawatan tubuh terkemuka di Asia Tenggara. Wipro Unza memproduksi lebih dari 24 merek unggulan di 50 negara di Asia Tenggara dan sekitarnya. Wipro Unza sendiri dibawah naungan Wipro Consumer Care & Lighting Group. Informasi lebih lengkap tentang PT Unza Vitalis dan produk-produknya bisa didapatkan di website www.pesonavitalis.com dan media sosialnya berikut ini.

Facebook: Pesona Vitalis
Instagram dan twitter: @pesonavitalis

Nah, bagaimana dengan anda? Tertarik untuk mencoba Vitalis Exotic Body Scent agar dapat  tampil memesona dalam menjalankan pekerjaan anda dengan menyenangkan dan percaya diri? Apapun hobi sekaligus pekerjaan anda, jangan sampai anda melakukannya tanpa persiapan dan rasa cinta. Bagi saya, #memesonaitu adalah bisa menjalankan hobi sekaligus pekerjaan dengan menyenangkan dan percaya diri. 


Comments

  1. Vitalis ini wanginya mmg enak banget ya mbak, aku juga pake ni, tapi yang Honolulu Escape. Aromanya suuegger ..

    ReplyDelete
  2. Tos dlu kita mbk kania, aku jg pakek ini nih,tp yg bizarre,
    Cucok baunya, suka suka suka, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy belum coba yg lainnya baru blissful aja :)

      Delete
  3. Walau pekerja lepas kita harus tetap profesional ya mbak...

    Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas satto, tp saya masih blm sih..

      Delete
  4. belum coba vitalis kemasan ini 😁 btw aku jg pengen deh freelance tp keknya ga memungkinkan mb aku masi blm bisa manage waktu dg baik klo kerja dirumah 😂🤣
    gudluck mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mba kalo du rumah banyak ga fokus :(

      Delete
  5. Saya suka wangi Vitalis Exotic Body Scent Blissful. Setuju mba kerja sekaligus hobi jadi menyenangkan ya

    ReplyDelete
  6. Enak kalau kerja sesuai passion ya mbak. Pengen banget jadi freelance, nanti deh kalau sudah berumah tangga :)

    ReplyDelete
  7. Wah lengkapnya bahasnya kalo aku pakai bizzare

    ReplyDelete
  8. Walau pun di dalam rumah, kita juga tetep bisa jadi seorang profesional ya, Mba

    ReplyDelete
  9. kalau blogger tampil profesional termasuk dalam menampilkan foto diri ya mak, sesuai niche-nya.

    ReplyDelete
  10. Aku malah sedang pingin jualan online Mbak, sudah beli barang tapi belum memulai. Lagi seneng nulis dan update blog. Memang semuanya kudu dikembalikan ke pada passionnya yak. Aku mau coba wewangian dari Vitalis Mbak. Dari jaman aku kuliah keknya sudah ada, dech. Kakakku pernah beli, waktu itu warna ungu.

    ReplyDelete
  11. Woww...ada yang orens ternyata ya? Di kotaku belum lengkap berarti. Maklum ndesooo hahahah

    ReplyDelete
  12. Dan tulisan iini termasuk contoh monetize blog, ya? :D
    Btw, di rumah juga sering pakai Vitalis. Tepatnya anakku yang make. "Semuanya enak wanginya," kata dia. Aku sih numpang make aja :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Benzyl Alcohol Dalam Dove White Beauty Bar, Halal Atau Haram?