Hijrah Karena Allah





Salah satu talkshow yang suka saya tonton adalah Hitam Putih. Bukan karena suka sama host-nya, tapi karena tema talkshownya yang biasanya santai tentang kehidupan. Kan salah satu tujuan saya nonton itu untuk mencari hiburan tapi tetap bisa menggali hikmah dari suatu tontonan. Makanya, saya tidak terlalu menontonn talkshow tentang politik. Suka pusing, karena suka kepikiran. Padahal masalah di rumah saja sudah membuat saya pusing, ya masalah belajar anak, masalah komunikasi dengan suami, masalah tagihan-tagihan, dan seterusnya. Biarlah dibilang cuek, biarlah jika perhatian saya untuk bangsa ini baru sebatas doa seusai shalat.

Dalam salah satu episode Hitam Putih diangkat tema tentang hijrah atau perubahan. Bintang tamunya adalah Michael Howard yang dulunya merupakan anggota gangster di Amerika Serikat. Awal keterlibatannya dengan gangster dan narkoba adalah karena kekecewaan terhadap orangtuanya. Namun, saat satu persatu teman gangsternya meninggal, ada kekosongan di hati Michael. Ia kembali ke Indonesia dan berubah untuk menjadi orang yang lebih baik. 

Bintang tamu lainnya adalah Evie Effendi yang dulunya merupakan anggota Geng Motor, pernah masuk penjara, dan pernah mencoba narkoba. Namun sekarang Evi adalah seorang ustadz yang banyak dinanti oleh jemaahnya. Titik balik Evie adalah saat mengingat kematian, dimana ia tidak mau mati saat melakukan maksiat. Bagi Evie, ibu adalah salah satu orang yang membuatnya menjadi orang yang lebih baik. Ibunya pernah menyumpahinya masuk penjara karena lelah menghadapi Evie yang nakal. Namun ibunya juga yang mengeluarkannya dari penjara dan mendoakannya menjadi seorang ustadz. Akhirnya Evie benar-benar menjadi ustadz saat ini. Makanya menurut Evie, jangan sepelekan orangtua karena ridha orangtua itu merupakan ridha Allah.

Berubah ke arah yang lebih baik atau hijrah itu tidak mudah karena berhubungan dengan attitude. Kita harus mengubah attitude yang sudah sekian lama mendarah daging. Oleh karena itu, bagi Michael kita perlu memiliki mentor-mentor yang bisa mengingatkan kita pada kebaikan dan menjauhi hal yang dulu membuat kita terjerumus. Sedangkan bagi Evie, hijrah itu sebaiknya karena Allah, karena kita menginginkan akhir hidup yang husnul khatimah. Sehingga rintangan apapun itu bisa dihadapi ketika niat kita untuk berubah sudah bulat.


Comments

  1. eleuh aku baru tau Ust. Evie masa lalunya begitu tapi ini menginspirasi aku mba sebagai ortu ternyata doa kita bener2 ya menjadi pengiring anak2 kita masyaAlloh :) aku uda lama ga nonton hitam putih nih jadi pengen searching lagi hehehe

    ReplyDelete
  2. saya belum sempat nonton episode yang ini mbak, karena diyoutube saya seirng liat episode lawas hitam putih, maka di wall youtube saya pun muncul episode yang ini. nampaknya menarik nanti berkesempatan saya tonton deh.

    Soalnya ada kejadian hijrahnya kan, saya sangat suka yang begini, ada mengangkat kisah2 orang inspiratif

    ReplyDelete
  3. talkshow semacam ini bisa membuat kita terinspirasi ya mba

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah ya Mbak, klo udah dapat hidayah bakalan hijrah juga. Doa ortu, Ibu itu utamanya manjur banget ya Mbak, gak boleh asal ngomong juga kita ini sbg Ibu krna kata-kata kita adalah doa :)

    ReplyDelete
  5. Selalu kagum dengan mereka yang bisa berhijrah :)

    ReplyDelete
  6. Wah.., aku udah enggak pernah nonton tv lagi Mbak Kania. Jadi enggak tahu yg episode hijarh ini. Tapi tontonan semacam ini inspiratif ya, membawa pencerahan untuk kita. Btw, sama loh kita, soal nonton yg berbau politik. Bukan tidak peduli, tapi malah tambah bikin hati suntuk. Toss deh!

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Benzyl Alcohol Dalam Dove White Beauty Bar, Halal Atau Haram?

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro