Museum, Tempat Wisata Edukatif Yang Terjangkau di Jakarta



Ada dua tempat yang paling saya senangi ketika mengajak anak jalan-jalan, yaitu Taman dan Museum. Alasannya, dua tempat tersebut biasanya relatif terjangkau dari segi keuangan. Masuk ke area taman umumnya tidak dikenakan biaya, kita hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi dan membawa bekal makanan. Walaupun ada juga taman yang mengenakan biaya untuk pengunjung yang datang, dengan timbal balik fasilitas taman yang lebih lengkap. 

Masuk ke Museum biayanya juga relatif murah. Jika liburan sekolah nanti, saya ingin sekali mengajak anak-anak mengunjungi museum. Tidak usah jauh-jauh, yang di dekat rumah saja di area Jakarta dan sekitarnya. Di ibukota Jakarta ini dikenal semuanya serba mahal kan ya. Eit jangan salah, wisata museum di Jakarta masih terjangkau kok. Mengunjungi museum juga bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan buat anak. Semua hal baru yang mereka lihat di museum bisa membuat mereka penasaran dan memancing rasa ingin tahu mereka akan pengetahuan baru.

Walaupun saya tinggal di area Jabodetabek, ternyata saya tidak terlalu banak mengetahui informasi museum di Jakarta. Tidak masalah sih, sekarang banyak sarana untuk mencari informasi. Internet, salah satunya, dengan mengakses website jasa layanan wisata seperti Traveloka. Menurut Info Museum di Jakarta di Blog Traveloka, ada sekitar 30 museum di Jakarta yang bisa kita kunjungi. Dan diantara kesepuluh museum tersebut, ada dua museum yang ingin saya kunjungi bersama anak-anak yaitu Museum Polri dan Museum Bank Indonesia.
 
museum polri di jakarta
Sumber: tribunnews.com

Museum Polri berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Disini anak-anak bisa belajar tentang profesi polisi. Sebagian orangtua kadang-kadang menakuti anak mereka dengan profesi ini. Padahal kan profesi polisi adalah profesi yang mulia karena menjaga masyarakat agar aman. Di museum ini, semua hal menarik tentang polisi bisa didapatkan informasinya melalui benda-benda yang dipajang seperti seragam, senjata, kendaraan, bahkan alat komunikasi yang digunakan polisi di jaman dulu. 

Buat pengunjung yang membawa anak kecil, anaknya bisa mencoba seragam polisi di ruang Kids Corner loh. Anak-anak seolah menjadi petugas polisi sungguhan. Mereka juga diajak untuk melakukan pencarian jejak, petunjuk dan mencoba belajar menjadi seorang penyidik. Selain itu, masih banyak permainan interaktif lainnya, buku-buku pengetahuan dan aktivitas bermain sambil belajar lainnya. Asyik kan, bisa jadi kenang-kenangan yang tak terlupakan buat anak. Oh ya, Museum Polri ini tiket masuknya gratis dan buka dari hari Senin sampai Minggu, pukul 8 sampai 15.00.

Sementara itu, Museum Bank Indonesia lokasinya ada di Jakarta barat dan berdekatan dengan Wisata Kota Tua. Masuk ke museum ini gratis untuk pelajar dan mahasiswa, sedangkan untuk masyarakat umum dikenakan biaya masuk 5000 rupiah saja. Namun kita sebaiknya menghubungi pihak museum dulu jika ingin berkunjung. Disini terdapat banyak barang peninggalan jaman dulu bertema keuangan, seperti brankas jaman dulu, dan uang jaman dulu baik koin maupun kertas. Anak bisa belajar mengenal sejarah uang dan mengenal uang dari jaman ke jaman. Pasti seru kan melihat perbedaan uang jaman dulu dan jaman sekarang.

museum bank indonesia di jakarta
 Sumber: traveloka.com

Sebenarnya jam kunjungan ke Museum Bank Indonesia itu dari hari Senin sampai Hari Minggu, jam 8.30 sampai jam 16.00. Namun ada juga yang mengunjungi Museum Bank Indonesia pada malam hari. Kabarnya, kalau melakukan kunjungan ke museum di malam hari akan terasa lebih istimewa jika dibandingkan dengan siang hari. Untuk informasi kunjungan ke museum di malam hari, bisa menghubungi pihak museum Bank Indonesia.

Nah, menurut teman-teman, museum apa lagi yang menarik di area Jakarta dan sekitarnya yang bisa saya kunjungi bersama anak-anak? Share ya di kolom komentar, agar bisa menjadi catatan saya saat ingin melakukan liburan murah meriah bersama anak.

Comments

  1. Kapan ya aku ke jakarta,huhu..belum sempat2...pingin banget ke monas. Museum bank bangunannya bagus ya mbk

    ReplyDelete
  2. dari kecil aku dibiasakan mengunjungi muesum oleh ibuku dan aku membiasakan anak2ku juga, sayangnya muesum banyak yg kurang terpelihaar shg kurang peminat

    ReplyDelete
  3. Yaa!! Apa pun itu Meseum juga bisa dijadikan tempat untuk berwisata...

    Justru dengan kemuseum kita lebih banyak mendapat wawasan berlebih.. Ketimbang tempat hiburan lain...

    Alhamdullilah hampir Museum yang ada di Jakarta hampir semua pernah saya datangi..😄😄😄

    ReplyDelete
  4. Waaahh baru tahu ada museum ini, kalau ke Jakarta cuzz juga ajak sepupu2ku, makasih mba..

    ReplyDelete
  5. noted dulu mbak :) belum kesampaian buat jalan kesini ;)

    ReplyDelete
  6. Saya baru tau nih ada museum polri di Jakarta, padahal sering di Jakarta

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen ngajakin anak lanang ke museum...

    ReplyDelete
  8. Saya jadi pengen ke museum bank indonesia, pastinya lebih menyenangkan.

    ReplyDelete
  9. baru tahu museum POLRI ini mba tahunya museum yang lain :p

    ReplyDelete
  10. Museum Bank Indonesia kece banged yak...
    klasik bangunannya...

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah mengajak anak-anak ke museum ini. Masih mau kali ya saya ajak mereka :D

    ReplyDelete
  12. Museum bank indonesia posisi gmaps adakah??

    ReplyDelete
  13. Saya senang banget waktu pertama kali masuk ke museum bank indonesia setelah mengunjungi museum bank mandiri. Senangnya karena ACnya dingin yang kedua karena enggak begitu semenakutkan di museum bank mandiri. Tapi, tetap sih kedua museum tersebut selalu ingin saya kunjungi lagi.

    ReplyDelete
  14. Beberapakali lewat museum Bank Indonesia aku belum pernah masuk,cuman mengagumi gedung peninggalan kolonial Belanda itu dari luar.
    Ternyata bagus juga dalamnya ya ...

    ReplyDelete
  15. Wah bisa ajakin ponakan kesini nih.... Mereka suka banget kalau jalan jalan di suatu tempat yg ada ceritanya

    ReplyDelete
  16. Museum BI yanga da 4 D nya itu kan mbak? denger2 sih museumnya canggih kalau ga salah, pasti seru tuh kalau main kesana.

    Saya sealma di jkt belum pernah kemana2, sabtu minggu dihabiskan rehat di kosan saja, kalau sudah punya anak pasti jalan2 jadi pertimbangan dong

    ReplyDelete
  17. Gede museum ya? Ada taman lalu lintasnya nggak didalam?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.