Pilih Mana, Buka Puasa di Rumah, Restoran, Atau Mesjid?



Waktu buka puasa adalah waktu yang sangat dinantikan oleh orang Islam yang sedang berpuasa. Bagaimana tidak, setelah seharian menahan lapar dan haus, maka pada waktu buka puasalah makan dan minum diperbolehkan. Makanya Buka puasa itu tidak boleh dinanti-nanti dan harus disegerakan. Juga, pada waktu buka puasalah doa umat Islam diijabah.

Buka puasa bersama di rumah adalah momen yang istimewa bagi sebagian orang. Belum tentu di hari-hari biasa bisa buka puasa bersama dengan seluruh anggota keluarga karena kesibukan masing-masing. Buka puasa di rumah lebih rileks karena memang di rumah sendiri dan bisa menentukan dan memasak sendiri menu buka puasa yang ingin disantap. 

buka puasa di rumah
pixabay.com

Tentu saja, memasak sendiri menu buka puasa di rumah jadi lebih hemat dan sehat karena bisa memilih sendidi bahan-bahan makanan yang bagus dan menentukan sendiri komposisi bumbu yang pas. Memang butuh sedikit tenaga dan waktu, tetapi untuk momen istimewa keluarga apapun mampu dilakukan bukan?

Buka puasa di restoran merupakan alternatif lain jika ingin suasana buka puasa yang berbeda atau jika jenuh makan di rumah dengan menu buka puasa yang itu-itu saja. Asiknya buka puasa di restoran karena kita tidak perlu memasak sendiri dan menunya kadang-kadang berbeda dari menu buka puasa di rumah. 

Tetapi ada juga tidak enaknya buka puasa di restoran. Biasanya buka puasa di restoran harus memesan tempat terlebih dahulu atau datang lebih awal dari waktu buka puasa karena sudah pasti restoran akan penuh dengan orang-orang yang akan berbuka puasa juga. Antrinya itu loh, kadang menguji kesabaran padahal waktu buka puasa sudah datang. Makanya, sebagian orang menghindari buka puasa di restoran kalau tidak terlalu perlu dan memilih untuk buka puasa di rumah saja. Buka puasa di rumah pun bisa kok dengan menu restoran. Kan tinggal delivery aja,, hehe!

Buka puasa di masjid juga jadi tren positif di bulan Ramadan. Buka puasa di masjid terbuka untuk siapa saja, bukan saja untuk dhuafa dan orang yang melakukan perjalanan. Jadi, semua umat Islam berkumpul untuk buka puasa bersama dan menjalin silaturahim, karena biasanya waktu buka puasa bersama sambil makan akan membuka obrolan hangat. Enaknya buka puasa di masjid besar, biasanya menu buka puasanya cukup enak karena mungkin dana untuk buka puasa sangat cukup dari berbagai donator. Sudah begitu, setelah buka puasa bisa langsung shalat berjamaah di masjid.

Nah, bagaimana dengan anda, lebih suka buka puasa di rumah, restoran atau masjid? Semoga Allah SWT menerima ibadah puasa kita semua ya, amiiin ya Rabbal alamin.


Comments