Karya Nyata Astra Dalam Membangun Indonesia



Pembangunan merupakan pekerjaan rumah pemerintah setelah kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945. Tetapi tentu saja pemerintah tidak bisa bekerja sendirian dalam membangun negara. Masyarakat sebaiknya mendukung langkah pemerintah dalam pembangunan. Misalnya dengan cara bekerja giat di bidangnya. Tidak hanya itu, pihak swasta atau perusahaan yang melakukan usahanya di Indonesia juga banyak yang berperan dalam pembangunan Indonesia. Salah satunya adalah PT Astra International Tbk.

Sudah tidak asing dong dengan Astra. Karena salah satu produk Astra adalah sepeda motor yang merupakan kendaraan sejuta umat di Indonesia. PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Sejak tahun 1969, Astra menjadi distributor kendaraan Toyota di Indonesia, bahkan menjadi distributor tunggal sepeda motor Honda di Indonesia pada tahun 1970. Pada tahun 1990, telah dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat.

60 tahun astra international


Astra memiliki visi untuk menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Fasifik dan menjadi perusahaan dengan tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan. Misi Astra juga sejalan dengan pembangunan Indonesia, yaitu sejahtera bersama bangsa dan memberikan nilai terbaik untuk stakeholdernya. Sedangkan dalam menjalankan usahanya, Astra dilandasi filosofi Catur Dharma, yaitu:
  1. Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara
  2. Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan
  3. Menghargai individu dan menjalin kerjasama
  4. Senantiasa berusaha mencapai yang terbaik
Setelah enam dekade berkiprah di Indonesia yang dilandasi oleh filosofi Catur Dharma, Astra telah mencoba menginspirasi Indonesia dan secara tak langsung ikut turut membangun Indonesia melalui tiga karya nyata berikut ini.

Pertama, menghasilkan produk dan Layanan-layanan berkualitas karya anak bangsa.
Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, yaitu Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi dan Properti. Dengan bisnis yang beragam, Astra telah menyentuh berbagai aspek kehidupan bangsa melalui produk dan layanan yang dihasilkan. 

Dalam keseharian hidup, masyarakat Indonesia menggunakan sepeda motor dan mobil, jalan tol, printer, hingga layanan pembiayaan, perbankan dan asuransi milik Astra. Pelaku bisnis bekerjasama dengan Astra dan memanfaatkan berbagai kendaraan komersial, alat berat, layanan logistik, sistem teknologi informasi dan jasa pertambangan dari Astra. Berbagai produk yang dihasilkan seperti minyak kelapa sawit, batu bara dan kendaraan bermotor, terus diekspor ke berbagai Negara sehingga Astra dapat berkontribusi dalam menyumbangkan devisa bagi negara.

60 tahun astra international
otomotif adalah segmen usaha pertama Astra

Kedua, menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul
Kegiatan operasional bisnis Astra yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui lebih dari 200 anak perusahaan dengan didukung oleh lebih dari 200.000 karyawan. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama yang memegang peran penting bagi pencapaian kinerja perusahaan yang baik secara berkelanjutan.
Oleh karena itu, sejak tahun 1980 Astra menyelenggarakan InnovAstra yang merupakan ajang tahunan untuk menampilkan dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh sumber daya Astra di tanah air. Pada seminar InnovAstra bulan Maret 2017 yang lalu, diperkenalkan 6 inovasi inspiratif yang telah dilakukan Astra di berbagai bidang, yakni inovasi brand, layanan, customer engagement, network, struktur serta process innovation. Ajang InnovAstra yang telah berjalan selama 33 tahun tersebut menjadi wadah dalam menciptakan dan membangun budaya inovasi di dalam perusahaan sehingga tercipta sumber daya manusia yang unggul.
Astra juga memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia melalui pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan yang berkelanjutan. Diantara pelatihan yang dilakukan Astra untuk karyawannya adalah Astra Leadership Development Programs, Integrated Talent Development (ITD), Expert Management & Development, Industrial Relation Development Program, dan Industrial Relation Update.

60 tahun astra international

 
Ketiga, melakukan Kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara 

Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang pada aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui program tanggung jawab sosial yang berkelanjutan di bidang pendidikan, lingkungan, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) serta kesehatan.

Untuk memberikan kontribusi secara nyata kepada masyarakat, Grup Astra telah mendirikan sembilan yayasan yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk untuk merangkul seluruh pemangku kepentingan Grup Astra, baik pemangku kepentingan internal maupun eksternal sebagai penerima manfaat. Astra dan yayasan-yayasan berkoordinasi dalam perencanaan dan pelaksanaan program untuk memaksimalkan manfaat yang dihasilkan dan agar program tersebut tepat sasaran. Diantara yayasan tersebut adalah Yayasan Toyota & Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Pendidika Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKB UT), Astra Argo Lestari Foundation, dan Insan Mulia Pamapersada Nusantara Fondation (PAMA).
Astra memberikan kontribusi sosialnya kepada masyarakat melalui pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar tanggung jawab sosial Astra, yaitu:

  1. Astra Untuk Indonesia Sehat.
60 tahun astra international
2000 pelari meriahkan inspirasi hidup sehat dalam ulang tahun Astra ke-60

Astra sangat peduli terhadap peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia khususnya di daerah. Astra menyadari bahwa kesehatan masyarakat sangat penting untuk menunjang keberlanjutan, baik individu, perusahaan, dan negara. Hal ini diwujudkan dalam bentuk bantuan peningkatan kesehatan berupa beberapa program yang dilaksanakan Astra Grup. Misalnya penyediaan mobil kesehatan Astra, pembinaan Posyandu, dan gerakan sosial media bertajuk #GenerAKSISEHATIndonesia yang mengajak masyarakat menggunggah foto dan video di media sosial berisi komitmen hidup sehat.
 
  1. Astra Untuk Indonesia Cerdas.
Astra turut berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Astra telah mengadakan beberapa program untuk meningkatkan pendidikan serta melakukan beberapa pelatihan demi meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. Contoh programnya adalah Program RUmah Pintar, Astra berbagi Ilmu dengan berbagi pengetahuan ke sekolah-sekolah terutama di daerah prasejahtera, pemberian beasiswa dan bantuan pendidikan, serta mendirikan Politeknik Manufaktur Astra yang menghasilkan lulusan siap pakai dengan kualitas terbaik di Indonesia.

60 tahun astra international
pemberian beasiswa pendidikan sebagai salah satu bentuk kontribusi Astra kepada masyarakat
 
3.      Astra Untuk Indonesia Hijau. 

Dalam menjalankan bisnisnnya, Astra selalu melakukan proses produksi dan operasional yang ramah lingkungan. Hal tersebut diwujudkan pada beberapa Kebijakan Astra yang ditetapkan pada tahun 2014 yaitu Penerapan Astra Green Company minimal BIRU (comply regulation) untuk seluruh anak perusahaan, Efisiensi sumber daya alam minimal sebesar 5% per satuan produk dibandingkan tahun 2013, melalui penerapan program cleaner production dan menggunakan renewable energy, Melaksanakan efisiensi energi dan menurunkan Gas Rumah Kaca (GRK) 2%, dan Mengupayakan pemenuhan regulasi PROPER melalui "Road To be Green PROPER".

Astra juga menyelenggarakan program Astra Forest yang merupakan program kawasan hutan terpadu Grup Astra seluas 200 hektare. Astra Forest akan menjadi tempat pembelajaran tentang kehutanan, keanekaragaman hayati, serta pendidikan lingkungan tentang hutan tropis Indonesia. 

  1. Astra Untuk Indonesia Kreatif
Program ini membantu generasi muda untuk  meningkatkan motivasi dan inovasi dalam berwirausaha secara kreatif. Salah satunya melalui program Astra Start-Up Challenge.


Baru-baru ini, Astra melaksanakan SATU Indonesia Awards sebagai ajang untuk mencari pemuda-pemudi Indonesia berbakat yang memiliki semangat sejalan dengan Astra untuk senantiasa berkarya dan memberi manfaat bagi masyarakat luas. Apresiasi SATU Indonesia Awards diberikan kepada lima anak bangsa atas setiap perjuangan di bidang Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Kesehatan, Teknologi dan satu Kelompok yang mewakili lima kategori tersebut. Seleksi sudah dilakukan pada Bulan Maret sampai Agustus 2017 lalu dan penerima apresiasi akan menerima pembinaan kegiatan dan dana bantuan sebesar 60 juta.  Mereka yang beruntung mendapat apresiasi adalah:

  • Ronaldus Asto Dadut, relawan edukasi preventif Bahaya human trafficking dari Nusa Tenggara Timur.
  • Triana Rahmawati, pendamping masalah kejiwaan dari Jawa Tengah.
  • Jamaludin, relawan pendidikan untuk petani dari Sulawesi Selatan
  • Ritno Kurniawan, transformer pembalak liar dari Sumatera Barat
  • Anjani Sekar Arum, pembatik muda dari Jawa Timur
60 tahun astra international
penerima SATU Indonesia Award dari Astra

Dalam rangka memperingati HUT 60 tahun Astra International, sejak Februari 2017 sampai saat ini telah diadakan berbagai kegiatan yang tidak hanya terpusat di Jakarta tetapi juga di daerah-daeran lain di seluruh Indonesia. Diawali dengan pelaksanaan Konser Inspirasi 60 Tahun Astra dan berbagai kegiatan lainnya yang diadakan di Jakarta Convention Center pada 24 hingga 26 Februari 2017. Astra juga meluncurkan buku Astra on Becoming Pride of The Nation, pameran dan program engagement lainnya dan diikuti oleh aksi sosial lainnya seperti Revitalisasi 600 Halte di berbagai kota di Indonesia yang bertujuan untuk merenovasi sekaligus mempercantik dan membersihkan 600 halte di 60 kota di Indonesia.

Astra juga mengadakan roadshow ke 5 kota di seluruh Indonesia. yaitu Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya, Medan dan Makassar. Tema Astra Hijau dipilih di Yogyakarta dengan mengadakan Jambore Adiwiyata” dan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi yaitu pada tanggal 28-30 April 2017. Di Balikpapan, Astra menghadirkan tema “Astra Cerdas” dengan mengadakan Festival Pendidikan sebagai bentuk apresiasi terhadap Hari Pendidikan Nasional dan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2017. “Astra Kreatif” diadakan di Surabaya dengan menyelenggarakn festival bertajuk “Enterpreneur Fest” dan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Juli 2017, bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional. Sebagai kota terakhir dalam rangkaian HUT 60 tahun, Makassar akan menghadirkan berbagai kegiatan dengan tema “Astra Sehat” yang dilaksanakan pada 17-19 November 2017.

60 tahun bukan waktu yang sebentar. Jika diukur dengan usia manusia, 60 tahun itu sudah penuh dengan berbagai pengalaman yang mendewasakan hidup dan karya nyata yang bermanfaat. Semoga Astra akan selalu menghadirkan produk dan layanan yang berkualitas untuk masyarakat, SDMnya semakin berkualitas serta tetap mampu memberikan kontribusi sosial yang bermanfaat untuk Negara. Selamat Ulang Tahun Astra!

Sumber referensi:


Comments

  1. Kontribusi Astra memang nyata ya Mbak Nia. Dl pas kuliah juga ada beasiswa dari astra. Jadi CSR nya sampai ke aspek pendidikan juga. Jempol!

    ReplyDelete
  2. Top bgd astra.
    Aku pling sneng soal astra melibatkn diri di bid. Pendidikn. Salut

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tetp berlanjut ya program CSR di bidang pendidikan

      Delete
  3. wah astra mantap ya, bukan hanay mencari untung saja tp berkiprah banyak untuk negeri

    ReplyDelete
  4. Astra selalu tampil ke depan dg berbagai inovasinya. Semoga sukses dg lombanya ya mba

    ReplyDelete
  5. semoga proyek csr astra semakin banyak sehingga bisa memakmurkan rakyat indonesia

    ReplyDelete
  6. Ternyta kepedulian astra terhadap masyarakat Indonesia, banyak banget yaa..! Salut buat Astra

    ReplyDelete
  7. Astra emang topp.. Semoga semakin banyak daerah yang tersentuh oleh CSR Astra

    ReplyDelete
  8. Nama besar Astra memang tak diragukan lagi ya mbak. Saya baru tahu nih banyak program CSR yg sudah dijalankan selama ini utk Indonesia yg lebih baik. Aamin

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.