Membuat E-KTP di Tangerang Selatan



Legaaaaa. Begitu perasaan saya saat akhirnya saya memiliki KTP elektronik. Duh, segitunya ya. Iya, rasanya kayak diakui jadi warga Negara Indonesia, hehe.Jadi sebenarnya saya sudah mengajukan pembuatan KTP elektronik sejak KTP saya habis masa berlakunya yaitu di Bulan Mei 2018. Saya pernah menuliskan pengalaman mengajukan pembuatan KTP elektronik di Tangerang Selatan di blog ini.

Saat itu di tahun 2018, saya mengajukan pembuatan KTP elektronik di kantor kecamatan. Masha Allah, jadinya berbulan-bulan guys! Saat itu, saya tak diberi surat pengambilan KTP elektronik yang sudah jadi. Cuma dikasih tau sama petugas, nanti kesini lagi bulan anu, katanya. Nah, saat saya ke kecamatan untuk mengambil KTP elektronik, petugasnya bilang KTP elektroniknya sudah dihanguskan! Alasannya, mau Pilkada saat itu dan semua KTP elektronik yang telat diambil dihanguskan biar tak disalahgunakan!

Huaaa, pengen nangis di pojokan deh rasanya sambil bertanya kenapa. Kenapa dihanguskan kan saya sudah menanti lama untuk memiliki dokumen kependudukan ini. Kenapa saya tidak dihubungi petugas kecamatan atau kelurahan kalau KTP elektronik saya sudah jadi, kan saya sudah menyimpan nomor telepon saya. AKhirnya pada Januari 2019, saya bikin surat keterangan (Suket) pengganti KTP yang menyatakan saya penduduk di tempat tinggal yang sekarang. Suket ini fungsinya seperti KTP dan berlakunya Cuma 6 bulan. 

cara membuat ektp tangerang selatan


Nah, di tahun 2020 ini, pencetakan KTP elektronik di Tangerang Selatan bisa dilakukan di kecamatan lagi, setelah sebelumnya sempat diharuskan cetak KTP di Disdukcapil Tangerang Selatan yang antriannya masha Allah banget deh! Dan Alhamdulillah sekarang KTP eletronik saya udah jadiiii, gratis, yeay Alhamdulillah!

Ini nih proses yang harus kita lakukan untuk membuat KTP elektronik di Tangerang Selatan.

  1. Melakukan pendaftaran di siakcapil.tangerangselatankota.go.id/ , isi data-data kita di form tersebut dengan memperhatikan hal berikut:
-          Daftar menggunakan NIK kepala keluarga
-          Daftar menggunakan nomor telepon atau email baru yang belum pernah didaftarkan sebelumnya
  1. Setelah daftar, nanti dapat kode aktivasi yang dikirim ke email kita
  2. Buka email yang kita daftarkan, dan klik link aktivasinya.
  3. Login dengan nomor telepon dan kata sandi yang kita daftarkan
  4. Klik fitur ‘Pendaftaran’
  5. Klik ‘Rekam E-KTP’ lalu pilih NIK yang mau dibuatkan E-KTP. Nah, karena saya sudah pernah rekam foto untuk membuat E-KTP, saya pilihnya fitur ‘Cetak E-KTP’.
    membuat ektp di tangerang selatan
  6. Pilih jadwal yang kosong yang bertanda hijau
  7. Cek jadwal yang sudah kita dapatkan di fitur ‘Aktivitas’ yang ada di kiri atas lalu print untuk kita bawa ke petugas kecamatan saat jadwal rekam foto atau cetak foto tiba.
  8. Datang ke kecamatan pada waktu yang sudah dijadwalkan untuk rekam foto atau cetak foto. Jangan lupa untuk memencet nomor antrian ‘Rekam E-KTP’ atau ‘Cetak E-KTP’. Tunggu petugas untuk memanggil.
  9. Buat saya yang sudah pernah rekam foto untuk membuat E-KTP, KTP eletroniknya langsung dicetak hari itu juga loh. Wah, surprise, seneng banget. Dikirain teh butuh berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan seperti sebelumnya.
Jadi, saya cukup datang sekali saja loh ke ekcamatan buat mencetak E-KTP, nggak perlu dua tiga kali datang. Sistem yang sekarang cukup baik lah. Karena sebelumnya sudah mendaftar online untuk mencetak KTP elektronik, maka tak perlu mengantri terlalu lama di kecamatan seperti sebelumnya. Antrian gak terlalu membludak karena setiap hari dibatasi untuk pembuatan KTP elektronik. 

Sekarang di kantor kecamatan Pondok Aren juga ada playgroundnya euy! Jadi buat ibu-ibu kayak saya yang punya balita bisa mengurangi khawatir kalau anak rewel saat membuat dokumen disini, anaknya bisa diajak main di playground yang nyempil diantara kursi tunggu pengunjung. Hal ini secara gak langsung mengurangi upaya suap menyuap juga sih kata saya mah. Biasa, ibu-ibu yang repot sama anak ada alasan untuk bayar ‘orang dalem’ agar pembuatan KTP elektronik nya cepat selesai. Tapi beneran gak perlu sih sekarang mah, selain ada payground buat main anak juga proses pembuatan KTP elektronik yang sekarang kayaknya lebih baik. Kayaknya ya, semoga bener.

membuat ektp di tangerang selatan
mengantri untuk rekam foto E-KTP. Maaf saya nggak upload foto KTP karena itu dokumen pribadi :)
 
Tapiiii, tetap ada tapinya, proses pendaftaran KTP elektronik secara online tetap ada kelemahannya. orang-orang yang tidak terlalu mengerti teknologi akan kebingungan saat mendaftar online. Tak sedikit ketika saya mengobrol tentang KTP elektronik, ada saja yang mengeluh kalau dia merasa kerepotan dan tak mengerti saat mendaftar online. Bahkan ada yang akhirnya bayar orang deh untuk membuat KTP elektronik dengan dana yang cukup besar agar KTP elektroniknya cepat jadi tanpa pusing dengan pendaftaran online.

Memang sih saya rasakan juga, kita harus meluangkan waktu dan tenaga untuk mendaftar online saat mau membuat KTP elektronik. Karena kuota pencetakan KTP elektronik setiap harinya dibatasi, maka ketika kuota hari itu habis, kita nggak bisa mendaftar untuk hari selanjutnya karena jadwal yang tersedia di website belum tersedia. Saya dikasih tips sama petugasnya untuk mendaftar online pembuatan kTP elektronik setelah jam 12 malam atau saat hari berganti.

Saya menerapkan tips tersebut, dan ruarrrrr biasa loading websitenya luamaaaa bangettt. Saya pikir ini karena banyak yang akses website untuk mendaftar online pembuatan KTP elektronik di Tangerang Selatan. Saya juga hampir putus asa karena setiap kali klik fitur yang kita inginkan, malah eror atau data tak tersedia. Begitu terus sampai akhirnya jam 2 malam, saya dapat jadwal untuk pencetakan KTP elektronik di Tangerang Selatan! Yes, Alhamdulillah. 

Ini pengalaman saya saat membuat KTP elektronik di Tangerang Selatan. Pengalaman setiap orang tentu berbeda. Dan saya selalu mengharapkan perbaikan terus untuk pemerintah kita dalam pengurusan dokumen yang diperlukan masyarakat termasuk pembuatan KTP elektronik. 

Oh ya, tatacara online pembuatan KTP elektronik di Tangerang Selatan yang lebih lengkap dan jelas  bisa dibaca di website Disdukcapil Tangsel.

Comments