Merayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi


Idul Fitri tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang semakin merebak membuat pemerintah memberlakukan pembatasan sosial. Semua aktivitas harus dilakukan di rumah sesuai instruksi pemerintah, seperti bekerja, belajar , dan beribadah.

Huhu, sedih sekali deh, karena ini kan Bulan Ramadhan. Biasanya Ramadan kita banyak beribadah di mesjid seperti shalat Tarawih. Tapi karena wabah ini,shalat Tarawih berjamaah di mesjid pun ditiadakan. Bahkan mudik pun dilarang oleh pemerintah karena khawatir penyebaran Covid-19 makin meluas. 

Nah, bagaimana agar merayakan Idul Fitri tetap semarak di tengah pandemi? Beberapa hal ini mungkin bisa kita lakukan agar Idul Fitri tetap terasa terasa suasananya walau beberapa kebiasaan yang suka dilakukan jadi tidak bisa dilakukan. 

Idul Fitri 2020


1. Hias rumah menjelang Idul Fitri dan Lakukan Takbir 

Menghias rumah bisa dilakukan agar suasana Idul Fitri cukup terasa di rumah. Tidak perlu yang mewah. Misalnya saja dengan membuat ucapan selamat Idul Fitri atau menempel quote Idul Fitri di rumah yang membuat suasana rumah terasa istimewa. Bisa juga dengan memindahkan perabotan untuk suasana rumah yang berbeda. 

Jangan lupa, takbir juga digaungkan di seluruh rumah. Kalau bukan kita sendiri yang bertakbir, setel saja takbir Idul Fitri dari channel youtube dengan volume yang tak mengganggu tetangga tapi cukup terdengar untuk semua anggota keluarga. 

2. Sediakan hidangan khas Idul Fitri

Hidangan Idulfitri sebisa mungkin ada agar suasana Idul Fitri terasa. Tak harus mewah, ketupat dan opor sudah mewakili. Duh, jadi kangen kampung halaman kan. Biasanya di rumah orangtua di kampung, ketupat nya dilengkapi dengan berbagai lauk yang menggugah selera. 

Hidangan Idul fitri


2. Tetap lakukan ritinitas Idul Fitri seperti biasa

Saat Idul Fitri, bangunlah pagi seperti biasa. Pakai pakaian yang bersih dan rapi, lalu lakukan shalat Ied dengan keluarga secara khusyuk. Gaungkan takbir pada Allah SWT dengan penuh syukur. Lalu setelah itu makan hidangan Ied bersama keluarga dan lakukan videocall ke anggota keluarga besar lainnya untuk saling mengucapkan selamat hari raya. 

3. Tetap Mengirim Hadiah Pada Keluarga

Tradisi saat Idul Fitri di banyak keluarga adalah saling mengirim hadiah kepada keluarga yang dituakan. Nah, karena tahun ini tak bisa mudik, kita bisa menggunakan berbagai jasa ekspedisi untuk mengirim hadiah pada keluarga. Yup, jasa ekspedisi tetap berjalan walau agak lama karena adanya pembatasan sosial. 



Jangan bingung kirim hadiah apa. Makanan saat pandemi seperti ini adalah hal prioritas yang dibutuhkan. Pilihlah produk makanan yang tak mudah hancur atau basi. Misalnya saja di banyak toko online ada produk Mayora yang banyak variannya dan mereknya tentu saja sudah terpercaya dan tidak asing di telinga kita. 

Comments

  1. Hai Kak, alhamdulillah tiga poin yang kakak sebutkan sudah terlaksana waktu Idul Fitri kemarin. Tapi kemarin nggak kepikiran nyetel takbiran dari Yutub. Hehe..
    Salam.

    ReplyDelete
  2. Aku dari awal puasa suamiku malah udh setel lagu hari raya.. ahaha. Produk Mayora udh terkenal sejak dulu ya kak.

    ReplyDelete
  3. Lebaran kali ini jg sedih mb g bs pulang kampung. Mau beli makanan bnyk jg g boleh terima Tamu
    Yg ada makanan suamiku yg abis in semua

    ReplyDelete
  4. Selamat Idul Fitri ya mbak, wah aku paling senang nih biasanya dapat opor dari tetangga tapi sekarang lagi pandemi enggak mbak. Semoga tahun depan jauh lebih baik ya mbak.

    ReplyDelete
  5. Meski masak sendiri, makan sendiri tapi tetep harus semangat ya kan kak..
    Rindu dengan kampung halaman cukup terobati dengan video call dengan mereka.

    ReplyDelete
  6. Saya udah lho Mbak Kania,, sebelum 1 Syawal gosend in makanan ke rumah uwak..soalnya ortu udah gaada lagi kan ya, Alhamdulillah beliau seneng banget meski gak ketemu lgsg

    ReplyDelete
  7. Benar ya mbak,merayakan idul fitri saat pandemi memang beda ya.
    Jadi kenangan yg tak terlupakan

    ReplyDelete
  8. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Maaf lahir dan Batin ya Moms. Meski tahun ini sangaat dirasa berbeda, Alhamdulillah tetap menyambut hari raya dengan sukacita

    ReplyDelete
  9. meski Lebaran kali ini berbeda tapi Alhamdulillah masih bisa makan ketupat dan sajian Lebaran seperti biasanya, malamnya juga tetap dengar takbir dari Masjid sekitar rumah dan juga live streaming dari Youtube :)

    ReplyDelete
  10. tetap bersyukur bisa bersama keluarga di rumah dengan kondisi sehat, udah nikmat lebaran dan ramadhan yang saya sangat syukuri di kondisi seperti ini...

    ReplyDelete
  11. kalo aku di rumah yang utama selama idul fitri nih adalah makananya. welcome makanan berat berlemak dan bersantan! hehe untuk ngasih2 hadiah dan THR juga jalan alhamdulillah :D

    ReplyDelete
  12. Sedih banget yah kak. aku pun merasakan. Sebagai parantauan yang mudik di hari raya idul Fitri. Eh ternyata mesti dirumah aja. Tetap bersyukur selalu. Owh iya aku juga suka nih sama produk mayora. Anak2 apalagi. Rebutan deh heheheh

    ReplyDelete
  13. Tetap bersyukur bisa bersama keluarga dirumah dan banyak quality time nya yah

    ReplyDelete
  14. Lebaran tahun ini bener2 sangat istimewa ya , ini lebaran yang gak kan pernah terlupakan di kehidupan saya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.