Tips Merawat Kendaraan Selama Masa Pandemi


Setelah pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), banyak perusahaan di Jakarta yang memberlakukan Work From Home (WFH) bagi karyawannya. Hal ini tentu mempengaruhi banyak hal, salah satunya berkurangnya kendaraan yang lalu lalang di jalanan. Karena bekerja dari rumah, maka kendaraan pribadi pun banyak yang tidak dipergunakan dan ikut tinggal di rumah. 

Kendaraan yang tidak dipergunakan bukannya tidak perlu dirawat loh. Kendaraan tetap perlu dirawat agar tetap sehat dan bisa dipergunakan lagi beraktivitas ketika masa pandemi Covid-19 berlalu. Merawat kendaraan adalah salah satu cara kita untuk tetap terhubung dengan aktivitas kita sebelum masa social distancing. 

Merawat kendaraan pribadi di masa pandemi sebenarnya tidak jauh berbeda ketika hari normal. Namun karena biasanya kita selalu mengandalkan bengkel untuk. Merawat kendaraan, kegiatan ini akan jadi aktivitas yang sangat menantang. Coba deh, kita lakukan beberapa hal ini agar kendaraan kita tetap sehat selama masa social distancing.

Merawat kendaraan


1. Memanaskan kendaraan

Punya kendaraan keluaran lama? Berarti kita harus sedikit berupaya untuk memanaskan kendaraan kesayangan nih. Ketika kendaraan didiamkan lama tidak digunakan, oli dalam kendaraan
akan turun sehingga bagian atas mesin mengering. Agar oli bisa naik kembali, mesin harus dijalankan, salah satunya dengan memanaskannya. Memanaskan kendaraan akan membantu oli untuk mencapai celah-celah mesin sempit yang perlu dilumasi. Pelumasan tersebut akan membantu memperkecil gesekan antar logam yang menyebabkan keausan pada komponen mesin. Tapi untuk kendaraan keluaran terbaru, kayaknya kita tak perlu melakukan pemanasan kendaraan sering-sering deh. 

 2. Membersihkan kendaraan

Walaupun tidak ke mana-mana, kendaraan akan tetap kotor karena debu yang menempel. Bersihkanlah kendaraan secara berkala, misalnya seminggu sekali. Membersihkan kendaraan juga bisa menyingkirkan kuman dan bakteri yang menempel di kendaraan. Membersihkan kendaraan akan jadi aktivitas yang menyenangkan selama di rumah saja, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. 

3. Pakailah bahan bakar yang berkualitas untuk kendaraan

Memilih bahan bakar untuk kendaraan cukup penting untuk diperhatikan. Jangan sampai bahan bakar yang digunakan untuk kendaraan malah merusak mesin atau boros bahan bakar. Pilihlah bahan bakar yang bisa meningkatkan kinerja mesin kendaraan, misalnya saja menggunakan pertamina dex

Pertamina Dex adalah bahan bakar minyak non subsidi jenis diesel yang dapat menjaga dan meningkatkan kinerja mesin serta ramah lingkungan. Pertamina dex sudah bisa didapatkan di berbagai SPBU di kota-kota besar. Dengan menggunakan pertamina dex, Kendaraan jadi prima, sekaligus membantu lingkungan juga tetap terjaga. 

Pertamina dex


4. Lakukan Servis kendaraan secara berkala

Meskipun kendaraan tidak dipakai, atau dipakai sesekali saja untuk membeli bahan makanan misalnya, kendaraan harus tetap dirawat dong. Misalnya dengan mengganti oli dengan rutin. 

Meskipun perawatan kendaraan bisa dilakukan sendiri, namun biasanya sebagian besar orang melakukan perawatan kendaraan dengan datang ke bengkel agar perawatan kendaraan dapat dilakukan oleh montir yang lebih berpengalaman. Tapi sekarang banyak juga kok bengkel yang menerima panggilan untuk perawatan kendaraan dengan datang ke rumah konsumen. Kita cukup menelepon dan membuat janji, maka montir atau teknisi akan datang untuk merawat kendaraan kita. 

Kalau kendaraan dirawat dengan baik, ia tak akan mudah rusak dan akan lebih tahan lama. Kendaraan yang prima akan mendukung aktivitas kita juga lebih lancar. Itulah mengapa kita tetap perlu merawat kendaraan selama masa pandemi. 

Comments

  1. PSBB kemarin nyaris mengganggu soal servis ini. Mobil sy letter E, stay di Jawa Timur; bengkel resmi hanya ada di kota besar terdekat. Untung sj PSBB sdg dilonggarkan jd bs menuju bengkel tnp dpaksa puter balik.

    Bengkel resmi langganan biasa tutup krn psbb.

    Klo jasa panggilan malah jd ekonomi biaya tinggi, gk efisien, jatuhnya mahal

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.