Berbagai Cara Mengatasi Tikus


Tikus merupakan binatang yang cukup mengganggu. Di rumah atau di kantor, keberadaan tikus dapat membuat aktivitas terganggu dan merusak barang-barang. Bau menyengat dari kotoran tikus membuat tidak nyaman dan tidak baik juga untuk kesehatan. Oleh karena itu, perlu sekali diupayakan berbagai cara untuk mengusir dan mengatasi tikus di rumah atau perusahaan. 

Ada berbagai cara untuk mengatasi tikus, diantara adalah:


1. Selalu menjaga kebersihan lingkungan

Ya, tikus menyukai lingkungan yang kotor. Banyaknya sampah dan sisa makanan merupakan undangan menarik untuk tikus datang ke rumah. Biasakanlah menjaga lingkungan kita tetap bersih. Misalnya dengan cara membuang sampah segera setelah tempat sampah penuh agar tikus tidak datang, serta menyapu dan mengepel lantai secara rutin dengan cairan yang bisa membunuh kuman. 

Jasa basmi tikus


2. Pastikan tidak ada lubang di rumah atau kantor yang dapat memungkinkan tikus masuk

Tikus biasanya masuk ke dalam rumah melalui lubang-lubang kecil atau saat pintu dan jendela terbuka. Usahakan tidak ada lubang kecil di rumah yang bisa dimasukin tikus. Usahakan juga, lubang pembuangan air di kamar mandi tidak bisa didorong dengan mudah oleh tikus. Pasanglah teralis di pintu atau jendela, sehingga tikus tak mudah masuk rumah. 

3. Memasang jebakan tikus

Banyak sekali macam jebakan tikus yang bisa digunakan. Ada yang berupa jebakan capit dan jebakan kurungan tikus. Dengan menyediakan umpan di jebakan, dapat mengundang tikus untuck datang menuju jebakan. Jebakan kurungan tikus kadang mempan dan kadang tidak untuk digunakan mengusir tikus. Untuk tikus kecil, mungkin jebakan kurungan bisa digunakan, tapi tidak untuk tikus besar. Sementara itu, untuk jebakan capit sebaiknya tidak digunakan jika tidak tega melihat darah binatang. 

Jasa basmi tikus


4. Memberi racun tikus

Memberi racun tikus merupakan cara yang cukup mempan digunakan untuk mengusir tikus. Campurkan racun tikus dengan makanan yang disukai tikus seperti tulang ayam atau ikan, lalu sebarkan di tempat yang suka dilewati tikus. Bisa juga menggunakan kamper yang biasa digunakan untuk mengatasi bau. Tebar kamper di tempat yang disukai tikus. Selain bisa mengatasi bau kurang sedap dari kotoran tikus, kamper juga bisa berfungsi sebagai racun tikus. 

5. Memasang alat elektronik pengusir tikus

Di jaman teknologi seperti sekarang, mengusir tikus juga bisa menggunakan alat elektronik khusus pengusir tikus. Alat tersebut memiliki gelombang tertentu yang tidak disukai tikus sehingga tikus bisa menjauh. 

Dari kelima cara tersebut, manakah yang sudah pernah digunakan? Jika punya saran lain untuk mengusir tikus, boleh dong komentar di kolom komentar. Oh ya, jika kamu termasuk orang yang yang sibuk atau tidak mau repot, panggil saja jasa basmi tikus terdekat di kotamu. Tinggal telepon dan petugas akan datang mengatasi masalah tikus di rumah atau kantormu. Lebih praktis kan! 

Comments

  1. Masalah tikus juga sy alami tp di mesin mobil. Mereka bersarang di sana. Bingung ngusirnya 😭

    ReplyDelete
  2. caraku adalah dengan menutup semua lubang yg bisa menjadi akses tikus masuk ke rumah, dan ampuh :D

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.