Meraih Penghasilan Dari Media Sosial

 


Beberapa waktu lalu sempat viral ada seorang ibu yang nyinyir pada tetangganya. Ia bilang bahwa tetangganya itu memelihara tuyul untuk mendapatkan uang, karena tetangganya tersebut tak terlihat bekerja keluar rumah namun tetap berpenghasilan. Padahal di era serba teknologi seperti sekarang, beberapa pekerjaan bisa dilakukan dari rumah loh. Diantaranya adalah pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial.

Dulu mungkin kebanyakan dari kita menggunakan media sosial sebagai hobi. Sekarang, banyak yang menggunakan media sosial untuk meraih penghasilan bahkan menjadi pekerjaan utama. Ternyata pergeseran dunia marketing menyebabkan media sosial menjadi salah satu alat yang ampuh untuk memperkenalkan produk atau jasa dari suatu brand.

Lalu, bagaimana caranya menggunakan media sosial untuk meraih penghasilan? Ini nih beberapa hal yang bisa dilakukan di media sosial agar mendapatkan penghasilan.

Menjadi blogger


Blogger adalah sebutan untuk orang yang suka menulis di blog. Mungkin dulu banyak orang menulis di blog untuk sekedar sharing pengalaman atau menulis curahan hati tanpa bermaksud meraih penghasilan. Namun sekarang tulisan mereka di blog bisa juga jadi jalan meraih penghasilan.

Bagaimana cara seorang blogger meraih penghasilan? Bisa dengan cara mereview produk atau jasa dari suatu brand, memenangkan lomba blog, memposting konten tulisan dari suatu brand atau menerima jasa titip link dari suatu brand di tulisan kita.


tips meraih penghasilan dari media sosial



Selebgram


Selebgram adalah sebutan untuk orang dengan follower banyak di instagram dan suka memposting berbagai hal sesuai minat mereka. Mereka biasanya meraih penghasilan di instagram dari endorsement atau memperkenalkan produk atau jasa suatu brand di instagram mereka.

Youtuber


Youtuber adalah orang yang suka membuat konten video di youtube. Ini nih pekerjaan di media sosial yang digandrungi anak sekarang, karena banyak idola mereka di youtube. Selain itu, penghasilan dari youtube juga mungkin jadi salah satu daya tarik pekerjaan ini.

Berjualan online


Karena pengguna media sosial memiliki potensi sebagai konsumen, saat ini banyak juga toko yang berjualan secara online di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Fasilitas dari media sosial juga sangat mendukung untuk mereka yang berjualan online, misalnya saja fitur bisnis di media sosial.

Jasa komen di media sosial


Akun di media sosial dengan karakteristik tertentu dianggap bagus untuk pemasaran produk atau jasa. Misalnya saja akun media sosial yang followernya banyak atau yang komentarnya banyak dan natural yang ditunjukkan dengan ER (Engangement Rate) yang tinggi. Oleh karena itulah muncul perusahaan jasa komen youtube dan media sosial lain, perusahaan jual beli subscriber youtube dan media sosial lain, serta perusahaan atau agensi sejenis. Salah satu perusahaan tersebut adalah rajakomen.com.


rajakomen.com



Bagaimana, tertarik untuk menjadikan media sosial untuk meraih penghasilan? Ada hal yang harus diperhatikan ketika menjadikan media sosial untuk meraih penghasilan. Berikut tipsnya ketika menjadikan media sosial untuk meraih penghasilan;

1. Profesional

Walaupun kita menjalaninya sebagai hobi pada awalnya, namun ketika sudah berhubungan dengan suatu brand dimana kita dibayar oleh brand tersebut, berlakulah profesional seperti halnya kita bekerja pada umumnya. Bekerjalah dengan tepat waktu dan tepat brief. Dan sebagai pekerja, kita juga berhak meminta surat kontrak kerja dan mendapat bayaran sesuai kontrak kerja.

2. Jujur

Mungkin orang tak melihat secara langsung apa yang kita lakukan ketika bermedia sosial, namun pada akhirnya kebohongan akan terbuka dan hanya akan jadi bumerang untuk diri sendiri. Berikanlah review produk atau jasa dengan jujur. Jika ada yang harus diperbaiki dari brand tertentu, sampaikan secara pribadi terlebih dahulu.

3. Bangun networking

Membangun networking bertujuan agar kita semakin banyak relasi dalam bermedia sosial, sehingga pengetahuan kita tentang media sosial pun bertambah. Bukankah silaturahi itu akan memperluas rejeki?

3. Belajar terus

Jika ingin menjadikan media sosial untuk meraih penghasilan, kita perlu belajar lagi tentang berbagai hal. Misalnya cara membuat konten yang baik, cara membuat iklan di media sosial, cara berbicara di depan umum yang baik, dan sebagainya. Banyak kok workshop yang berkaitan dengan media sosial, bahkan ada yang gratis!

Comments

Popular posts from this blog

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik