Cara Menghemat Uang

 

Setiap kali kita mendapatkan uang dari gaji sebagai pekerja atau jika kita seorang ibu rumah tangga yang mendapatkan uang dari suami atau anaknya yang sudah bekerja, apakah sudah menerapkan berbagai cara untuk menghemat uang yang kita punya?

Memangnya perlu ya berhemat? Selagi ada uang ya gunakan saja semuanya nanti uang bisa dicari lagi, mungkin ada diantara kita yang berpikiran demikian. Sah-sah aja, setiap orang punya pemikiran sendiri. Hanya saja, menurut saya berhemat akan jauh lebih baik.

Berhemat itu lebih dekat pada kesederhanaan, dan sederhana itu dekat dengan Sunnah Nabi (Muhammad SAW). Berhemat itu bernilai ibadah karena tidak berlebihan dalam menggunakan sesuatu. Berhemat dalam menggunakan uang bisa mengantarkan kita pada tujuan kita, inshaAllah ya. Ya misalnya ketika kita ingin naik haji atau keliling dunia, harus bersikap hemat agar bisa menyisihkan dana untuk mencapainya.

Bagaimana ya cara menghemat uang yang kita miliki?

cara menghemat uang


  1. Atur pos-pos pengeluaran setiap bulannya

Misalnya untuk konsumsi 50%, cicilan 20%, tabungan 20% dan lain-lain 7,5% serta sedekah 2,5%. Konsistenlah dengan presentasi pengeluaran yang diatur. Jika dana konsumsi hanya 50%, berusahalah untuk menggunakan uang di angka persentasi tersebut sehingga kita terdorong untuk menghemat uang yang kita miliki untuk kebutuhan konsumsi dengan tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan.

Misalnya saja untuk memenuhi kebutuhan protein harian keluarga kita, tidak melulu harus makan daging dan ikan. Tahu dan tempe juga banyak mengandung protein kok. Bukan berarti tak boleh makan daging dan ikan, boleh dong diatur aja jadwalnya jangan setiap hari makan daging yang mahal agar pos pengeluaran kita tak terganggu.

  1. Mencatat barang yang akan dibeli ketika pergi berbelanja

Siapa nih yang niatnya belanja beras, eh ternyata malah belanja yang lain juga. Jangan sampai jadi malah berbelanja barang yang belum kita butuhkan. Oleh karena itu, sebaiknya catatlah barang-barang yang ingin kita beli dan konsisten dengan catatan tersebut. Segeralah pulang ketika keperluan kita sudah selesaai. Dengan begitu, kita bisa berhemat karena berbelanja sesuai kebutuhan saja.

  1. Tidak sering makan di restoran

Makan di restoran boleh dong sesekali, asal jangan tiap hari. Tentunya makan di restoran dengan cara pesan antar maupun makan di tempat jauh lebih mahal dibandingkan ketika kita memasak sendiri di rumah.

  1. Menggunakan berbagai kemudahan potongan harga

Siapa sih yang tak suka potongan harga? Mayoritas kita semua suka sekali kalau berbelanja dan mendapat potongan harga. Oleh karena itu, manfaatkan berbagai potongan harga yang ada. Misalnya nih, kalau kita mau belanja minyak goreng di minimarket atau supermarket pilihlah produk yang sedang mendapat promo potongan harga. Atau, kita bisa berbelanja menggunakan dompet digital seperti LinkAja yang suka memberikan berbagai potongan harga ketika berbelanja menggunakan LinkAja. Oh ya, kita bisa mendapatkan informasi potongan harga berbagai produk dan jasa melalui katalog promo dari brand yang bersangkutan ya.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apa cara menghemat uang versi kamu? Share yuk di kolom komentar!

Comments

  1. Sama nih mbak, kalo ke pasar aq juga selalu mencatat apa aja yang mau dibeli, selain biar gak kalap beli yang gak diperlukan juga karena aq orangnya suka lupa

    ReplyDelete
  2. Iya sih makan di restoran (intinya makan di luar rumah) emang lebih boros ketimbang makan di rumah dengan masak sendiri. Kalau kita bisa menyediakan makanan sendiri di rumah kenapa harus menghambur-hamburkan uang dengan makan di resto. Sesekali bolehlah untuk reward. Hehehehe

    ReplyDelete
  3. Salah satu kunci untuk menghemat uang adalah dengan meningkatkan penghasilan kita. Kadang pengeluaran bulanan kita emang gak mencukupi secara faktanya. Makanya yang bikin rumit sekarang gimana punya penghasilan lebih besar kali ya.

    ReplyDelete
  4. Salah satu cara untuk menghemat uang yang sering saya lakukan antara lain, membuat list daftar belanjaan biar ga kalap ambil barang yang ga dibutuhkan. Sama belanja menggunakan uang cash.

    ReplyDelete
  5. Saya masih nglakuin yg namanya konsisten setiap pengeluaran kak harus tau kmna aja.. Jadi seandainya mau makan enak ada waktunya..

    ReplyDelete
  6. Uang dari suami ditabung klo uang hasil konten buat foya2 lol hahah aku seneng beli buku buat anak sih kak, mainan edukasi dan main ke playground, entah kenapa kalo bahagia in anak tuh rezeki makin melimpah ruah masya Allah tabarakallah ❤️ semangat nabung dan investasi biar bisa beli cash n cash

    ReplyDelete
  7. Selain yg disebutkan, tips lainnya adalah mengumpulkan receh yg kita punya. Kadang kalau belanja ada kembalian receh suka ditaruh sembarang dan akhirnya ngilang. Padahal kalau dikumpulin, lumayan tuh recehnya. Berguna di saat-saat genting, terutama bagi anak kosan hehehe...

    ReplyDelete
  8. Nah iya, akupun sering bikin list dahulu kalau mau belanja, agar enggak lapar mata sehingga pengeluaran untuk barang yang gak mendesak enggak besar

    ReplyDelete
  9. Saya sangat aktif di poin ketiga dan melakukan poin kedua. Sayangnya, saya malah sering lapar mata di warung sebelah rumah. Mungkin beli es, jajan buat dedek, kadang kalau malas masak langsung pesan mie ayam. Susah sekali buat rem.

    ReplyDelete
  10. Setujuu mba. Aku jga senang buat pos2 keuangan gitu… Bisa dibilang kita makin jago mengatur keuangannya, dan bisa juga nanti uangnya buat mencapai sesuatu yg diinginkan.

    ReplyDelete
  11. setuju dengan langkah menghemat apalagi di masa pandemi gini. Setiap rupiah harus disimpan jika memungkinkan

    ReplyDelete
  12. Kurang lebih sama... Terutama cara yang terakhir... Kalau orang lain, belanja itu mungkin berdasarkan brand favorit, tapi kalau saya cari mana yang sedang diskon, hihihi...

    ReplyDelete
  13. Mencatat pengeluaran ternyata tidak sesimpel itu sih ya, karena butuh konsistensi dan semangat hehe

    ReplyDelete
  14. Setiap bulan alhamdulillah sudah ada pos-pos wajib yang kudu di keluarkan, dan ada pos lain yang ga boleh di otak-atik. meskipun sedikit, tapi ketika istiqomah akan banyak juga hasilnya di masa akan datang. Godaan banget buat makan di restoran kalau pas lagi berduit ya, Kak.hehe

    ReplyDelete
  15. ini yang masih jadi PR banget nih untuk saya pribadi, yaitu cara menghemat uang. Pernah pakai pos-pos presentase ternyata masih bolong-bolong juga..
    Mencatat pengeluaran jadi gak konsisten banget saya huhu

    ReplyDelete
  16. Resolusiku nih di tahun 2022, biar bisa mengatur keuangan dan gak bablas melulu. Kan gimana gitu, ya suami kerja, aku kerja, moso seringnya bablas. Semoga tahun 2022 ini aku bisa lebih hemat dan gak boros.

    Gak beli sesuatu yang gak penting lagi. 😬

    ReplyDelete
  17. dari ke empat poin di atas aku perlu mengevaluasi poin 2 dan 3 deh. soalnyakadang suka kalap saat belanja hiks. maksihs udah diingatkan

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

3 Blog Masak Favorit

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask