Tugas Dan Bacaan Yang Dibacakan Oleh Bilal Dalam Pelaksanaan Sholat Jum’at

 

 

            Sebagai umat muslim yang baik tentunya kita sudah memgetahui bahwa kita memiliki kewajiban untuk menunaikan ibadah sholat. Ternyata selain ibadah sholat wajib yang 5 waktu, bag kaum laki – laki ada ibadah wajib lainnya yang harus dilaksanakan. Ibadah tersebut ialah ibadah sholat Jum’at yang hanya dilakukan 1x dalam seminggu yakni di hari Jum’at saja.

            Dalam melaksanakan ibadah sholat Jum’at ini di beberapa tempat memang mengizinkan wanita untuk mengikuti ibadah tersebut. Tapi menurut syariat yang wajib mengikuti ibadah sholat Jum’at tersebut hanyalah laki – laki yang sudah baligh. Pelaksaan sholat Jum’at ini hampir mirip dengan sholat biasanya, hanya saja ada beberapa aturan dan rukun dalam pelaksanaan sholat Jum’at tersebut.

            Biasanya dalam sholat Jum’at terdapat khutbah Jum’at yang harus didengarkan oleh para jemaahnya karena itu merupakan salah satu rukun sholat Jum’at. Di sela – sela Khutbah jum’at tersebut biasanya akan ada seorang Bilal yang akan memimpin bacaan tarqiyah ataupun sholawat. Selain bertugas sebagai orang yang memimpin doa dan sholawat, biasanya Bilal juga sekaligus merangkap sebagai seorang muadzin.


bacaan bilal


            Tugas seorang Bilal dalam ibadah sholat Jum’at terdiri dari beberapa hal dan juga bacaan Bilal yang biasa dibacakan. Berikut ini beberapa bacaan Bilal yang biasa dibacakan selama pelaksanaan sholat Jum’at.

1.     Bacaan Bilal sebelum khutbah dimulai

Biasanya sebelum khutbah sholat Jum’at yang pertama dimulai Bilal akan mengumandangkan adzan terlebih dahulu. Adzan ini dilafalkan untuk memberitahu kepada para jamaah bahwa waktu sholat Jum’at sudah tiba. Biasanya setelah adzan pertama, para jamaah juga disarankan untuk melaksanakan sholat sunnah qoblitah Jum’at.

2.     Bacaan Bilal untuk mengantarkan Khotib naik mimbar

Ma’a syirol muslimin, wa zumrotal mu’minina rohimakumulloh, ruwiya ‘an abi hurairota rodliyallohu’anhu annahu qoola, qoola rosulullohi shollallohu ‘alaihi wa sallam idza qulta lishohibika yaumal jum’ati anshit, wal imaamu yakhtubu faqod laghout -Anshitu wasma’u wa athi’u rohimakumulloh 2x- Anshitu wasma’u wa athi’u la’alakum turhamun.

3.     Bacaan Bilal Jum’at untuk membaca sholawat diantara dua Khutbah

Allohumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad 2x, Allohumma sholli ‘ala sayyidina wa habibinaa wa syafi’iina wa maulanaa Muhammadin wa sallim wa rodliyallohu tabaaroka wa ta’ala ‘an saadatinaa ashaabi rosuulillahi ajma’in.

4.     Bacaan Bilal Jum’at untuk memberikan doa pada kaum muslimin dan mukminin

Allohumma sholli wa sallim ‘ala sayyidina wa maulana muhammadin wa ‘ala aali sayyidina muhammad, Allohumma qowwil islaam wal iiman, minal muslimiina wal muslimaat, wal mu’miniina wal muslimaat, al ahya i minhum wal amwaat, wanshurhum ‘ala mu’aniddiin robbikhtim lanaa minka bilkhoir, yaa khoironnaashiriin, birohmatika yaa arhamarroohimiin.

5.     Bacaan Bilal Jum’at untuk membaca sholawat

Allohumma Sholli wa sallim, wa zid wa an’im wa tafadlol wa baarik, bi jalaalika wa kamaalika ‘ala zaini ‘ibadik, wa asyrofi ‘ibadika, sayyidil ‘arobi wal ‘ajami, wa imaami thoibata walharomi, sayyidinaa wa maulanaa muhammadin wa ‘ala aalihi wa shohbihii wa sallim wa rodhiyallohu tabaaroka wa ta’ala’an kulli shohaabati rosulillahi ajma’in. 

6.     Bacaan Bilal saat mengumandangkan Iqomah

Setelah membacakan semua doa, sholawat, dan juga khatib telah selesai menyampaikan khutbahnya. Selanjutnya Bilal akan melakukan murraqi untuk mengumandangkan iqomah kepada seluruh jamaah. Dengan berkumandangnya iqomah ini menandakan bahwa ibadah sholat Jum’at akan dimulai. Setelahnya Bilal akan memimpin untuk melafalkan niat ibadah sholat Jum’at.

Comments

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask