Upaya Menjaga Berat Badan Anak Ideal

 

Setiap orangtua pasti khawatir jika anaknya tidak bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Berbagai upaya dilakukan agar anak mendapatkan tumbuh kembang yang baik, salah satunya adalah dengan menjaga berat badan ideal anak.


berat badan anak ideal


Untuk mengetahui berat badan ideal pada anak, Indonesia menggunakan krva pertumbuhan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) dan kurva dari Center for Desease Control Prevention (CDC) tahun 2000. Kurva ini bisa menjadi salah satu acuan terpercaya untuk memantau pertumbuhan anak.

Berikut ini adalah standar WHO untuk menggambarkan pertumbuhan anak sejak lahir sampai usia 5 tahun dalam kondisi lingkungan yang optimal dan dapat diterapkan pada semua anak dimanapun. Ada standar deviasi 1-3 kilogram dalam daftar tersebut, artinya jika anak berat badannya kurang atau lebih 1-3 kilogram dari daftar berat badan ini maka masih termasuk normal.

berat badan anak ideal menurut WHO

 Upaya Menjaga Berat Badan Anak Ideal

Menjaga berat badan ideal anak sebaiknya senantiasa diupayakan semakismal mungkin. Beberapa upaya berikut bisa dilakukan orangtua dalam menjaga berat badan anak tetap ideal, yaitu:

1. Memberikan anak makanan bergizi yang seimbang

Anak membutuhkan pola makan dengan gizi seimbang untuk tumbuh kembang yang baik. Beberapa contoh makanan bergizi yang bisa diberikan pada anak adalah daging merah, daging putih, telur, ikan, kacang-kacangan, yogurt, produk susu dan turunannya, sayur, buah, dan lain-lain.

Batasi juga konsumsi garam dan gula, biasanya terdapat pada berbagai cemilan anak. Oleh karena itu cemilan anak sebaiknya yang sehat dan berbahan alami. Oh ya, minum air putih yang cukup juga sangat diperlukan ya agar berat badan anak ideal karena air putih banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.


makanan bergizi seimbang


2. Tidak melewatkan sarapan

Sarapan sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Anak yang rutin sarapan cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan karena sarapan dapat mengendalikan nafsu makan sehingga mendukung berat badan anak ideal.

3. Berikan anak aktifitas yang membuat tubuh sehat

Upaya lain agar anak memiliki berat badan ideal adalah dengan memberikan aktifitas yang membuat tubuhnya sehat. Misalnya dengan mengajak anak bergerak melakukan aktifitas fisik yang menyenangkan seperti olahraga secara rutin. Aktifitas tersebut selain dapat menjaga berat badan anak tetap ideal, juga dapat memperkuat tulang dan mengurangi rasa cemas atau stress pada anak.


olahraga untuk anak


4. Tidur atau istirahat yang cukup

Menurut penelitian, anak atau pra remaja yang kurang tidur cenderung kelebihan berat badan saat mereka dewasa. Istirahat atau tidur yang cukup dapat membantu berat badan anak tetap ideal.

5. Memberikan suplemen atau asupan nutrisi tambahan jika diperlukan

Pemberian suplemen pada anak diperlukan jika anak kekurangan gizi yang disebabkan karena anak susah makan, makanan kurang variatif atau ada masalah kesehatan. Suplemen bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi anak yang seimbang sehingga membantu berat badan anak ideal.

Asupan nutrisi tambahan salah satunya bisa didapatkan melalui susu anak Pediasure yang mengandung 14 vitamin dan 9 mineral, campuran sinbiotik yang unik, omega 3 dan 6, AA dan DHA, 3 sumber protein, serta rendah gula yang pastinya mendukung tumbuh kembang anak.

Jika berbagai upaya tersebut masih belum cukup untuk memenuhi berat badan ideal anak, hendaknya segera ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan mengenai tumbuh kembang anak.   


Keterangan:

Sumber referensi artikel: pediasure.co.id

Sumber referensi gambar: pixabay.com

Comments

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

3 Blog Masak Favorit