Monday, January 26, 2015

Mimpi Belajar Nyetir

Mimpi. Mendengar kata ini saya langsung teringat perkataan Aa Gym saat saya masih kuliah di Bandung. Kebetulan kampus saya dekat dengan Pesantren Daarut Tauhid. Sebelum kuliah, saya biasanya mendengar kuliah subuh yang disampaikan Aa lewat Radio MQ FM. Kata Aa, mimpi itu gratis. Artinya silahkan kita bermimpi, apapun itu. Namun jangan lupa untuk mewujudkannya.

Terus terang, mimpi saya banyak. Saya bermimpi untuk menerbitkan buku. Saya bermimpi untuk menjadi blogger professional. Saya bermimpi anak-anak saya sukses dalam pendidikan dan karir mereka. Saya bermimpi pergi ke Rumah Allah di Mekkah. Namun ada satu impian yang ingin saya wujudkan tahun ini dengan berbagai keterbatasan saya, yaitu belajar mengemudi.

Saya ingin mengantar dan menjemput anak saya ke sekolah dan les mengaji. Saya ingin mengantar mertua saya ke pasar saat dia berkunjung ke rumah. Saya ingin mengajak ayah dan ibu jalan-jalan saat saya pulang kampung. Saya ingin mengantar suami ke stasiun atau rumah sakit. Saya ingin silaturahim ke rumah saudara dan teman. Saya ingin ini itu, banyak sekali kayak Nobita. Pokoknya intinya, tak mau bergantung pada yang menggantung…eh pada orang lain.

Bisa dibilang, mimpi ini berlebihan bagi saya. Sepeda motor saja tidak bisa, kok mau belajar mengemudi mobil. Ya, seringkali saya termakan dengan pandangan yang seperti ini. Di satu sisi, saya pesimis. Saya mudah sekali ‘jatuh’ saat ada pandangan yang memberi label bahwa saya tidak bisa. Di sisi lain, saya optimis. Tak ada manusia yang tak bisa kalau dia belajar. Hati saya terbagi dua (bukan lagu loh ya..).

 Sumber gambar: imgarcade

Usaha yang sudah saya lakukan untuk meraih mimpi ini antara lain:
  • Mencari informasi di internet tentang perangkat dan cara mengemudikan kendaraan roda empat lewat internet. Jadi ketika praktek nanti, tidak kaget.
  • Mencari informasi tentang kursus menyetir mobil khusus wanita di Bintaro. Ada yang tahu? Saya tak mau asal memilih tempat kursus untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Salah satu blog favorit saya dalam mencari informasi ini adalah blognya Mbak Nungqee yang kebetulan juga tinggal di Bintaro. Postingannya tentang belajar menyetir khusus wanita tahun 2009 masih dikomentari orang sampe sekarang. Sayang, Mbak Nungqee sekarang tinggal di Inggris sebelum sempat saya kursus menyetir saya beliau. Hihi, kenal juga nggak.
Baru itu sih usaha saya, hiks. Saya masih harus melakukan upaya lain antara lain:
  • Minta doa restu suami.
  • Menyediakan dana untuk kursus. Mungkin nanti setelah ada sisa dari keperluan ini dan itu. Hihi, mengharapkan ada sisa dana dari uang belanja? Sampai kapaaan? Ya, ya, ini pertanyaan untuk diri sendiri.
  • Memberitahu saudara atau teman yang bisa dititipi anak sedari sekarang. Nah ini dia nggak enaknya tak punya pengasuh. Mau kemana-mana repot (jangan bilang repot, nanti repot beneran!!!). Alhamdulillah ada saudara yang dekat, teman juga ada yang mau dititipi. Tapi ya itu, sungkaaan. Setiap orang kan punya kesibukan masing-masing ya.
  • Mengumpulkan keberanian, semangat dan motivasi. Nah ini yang penting. Dengan pribadi saya yang begini ini, cepat semangat cepat turun, harus selalu menyediakan stok semangat yang banyak. Membaca dan mendengar berita orang yang belajar menyetir lalu gagal, membuat semangat saya menjadi surut. Sampai saya berfikir, mungkinkah saya sudah takdir berteman dengan ketidakberanian??
Menurutmu, mungkinkah saya mewujudkan impian ini? Ah tidak, tepatnya, menurut saya. Ya, karena saya yang akan menjalani impian ini. Doakan saya dong teman, supaya saya memiliki keberanian untuk mewujudkannya.

36 comments :

  1. Wah saya juga sudah kepengen bisa nyetir mobil. Walaupun saat ini belum mampu untuk beli MOBIL walaupun KREDIT, yah minimal bisa NYETIR saja dahulu hiehiheiheiheiheiheiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pa minimal bisa nyetir aja dulu..nanti kalau udah bisa keahliannya kan bisa menghasilkan juga untuk nyicil Mobil :)

      Delete
  2. Semangat Mak Kania...
    Temenku ada yang gak bisa bawa motor tapibisa nyetir mobil kok...
    In sya Allah bisa...tergantung niat, usaha dan do'a....
    Semoga segera terwujud mimpinya ya Mak....
    :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin..makasih loh mak suntikan semangatnya. Sangat berarti buat saya :)

      Delete
  3. Salah satu keinginan juga nih teh.. hanya saja bukan tahun ini. hehehe.
    sim c aja ngga punya #pletak..

    salam hangat dari Bandung, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayaa ikutan sama dengan Teh Gulunganpita :D mau belajar nyetir, tapi belum tahun ini...

      Ayo Mbak Kania semangat..! Hehe, alhamdulillah kalo motor saya udah bisa. Harus berani Mbak kalo mau bisa berkendara

      salam kenal dari Bekasi :)

      Delete
  4. semangat mbak semoga mimpinya bisa terwujudkan,kalau sering belajar pasti bisa mbak :)

    ReplyDelete
  5. Jangan kuatir Kania, lha yang pada jago bawa mobil seperti pembalap formula-1 itu aja dulu semuanya nggak ada yang bisa nyetir kok. :D

    Di Bintaro, dari Discovery arah jalan tembus baru mentok nanti ada lapangan tempat orang biasa latihan. Les bisa google "bintaro kursus stir mobil", nanti keluar alamat dan peta segala.

    Oya kalau boleh sedikit saran. Cari-cari info dan dengarin pengalaman orang? Ok. Tapi khusus untuk aspek teknis cara nyetirnya, sebaiknya cuek nyantai saja. Itu soal nanti (waktu kursus), sekarang jangan terlalu ambil pusing soal teori harus gini-gitu karena ini bukan soal ujian tertulis. Nanti malah tegang sendiri waktu praktek ('feeling' kurang terasah karena kebanyakan mikir). Maksud saya, satu-satunya cara untuk bisa main bola adalah pergi ke lapangan dan mulai menendang, ok? Selamat nyetir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, sangat bermanfaat infonya :)

      Delete
  6. mak kaniaaa *tos dung*, ini salah satu mimpi sy di 2015 juga. Mimpi terpendam sebenrnya hikss guling di pojokan.
    Aku tuh takut bgt yang namanya setir menyetir. Blm ada usaha apapun, baru belajar nyalain mobil sm teori soal gigi.
    trus langsung gak kepegang lagi

    Ayoo mak sama2 kita amini mudah2an kita bisa yakss *curcol*
    Jujur sy agak pesimis...tp bener2 pengen bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaaamiiiiiiiiin..hihi sama mak, baru panasin mobil aja tiap hari sama teori gigi :(
      yu semangat bersamaa!!!

      Delete
  7. semoga terwujud maaak...saya pernah belajar nyetir tapi gak lulus-lulus. lha gimana mau bisa kalo sama ibu didoakan nggak bisa. lho kok? iya, soalnya saya belajar nyetir waktu kelas 6 SD. hahaha...kemaruk deh. naik motor aja belum bisa gegayaan latihan setir mobil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi duh ya iya mba, ibu khawatir kali..:D

      Delete
  8. Wah, saya juga mau bisa nyetir mba ^.^

    ReplyDelete
  9. Yang penting pemberani...brani langsung turun ke jalan mak...btw, aku juga belum berani Mak, pernah nyoba, tapi di llapangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia mak..mengumpulkan keberaniannya yg kurang mgk ya..

      Delete
  10. Semangat, Mak. Semoga dimudahkan ya. Aamiin

    ReplyDelete
  11. tos dulu ah..sy juga blm bisa nyetir, ya motor ya mobil padahal suami sampe bosen ngomporin biar bisa nyetir..duh gimana, liat jalan lgsg ngeri ..tapi smg segera bisa n berani :) semangat ya mba

    ReplyDelete
  12. iya mbak, pengen deh bisa nyetir sendiri kaya gini. semoga segera nemu tempat les nyetir khusus wanita ya mbak. semangat semangat!!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, jarang ya tempat les khusus wanita. di depok ada tapi kejauhan dr tempat tinggal saya

      Delete
  13. in syaa Allah terwujud mbak. aamiin. eh kok jurinya langsung nyelonong aja hehe. saya juga kepingin bisa nyetir mbak, biar sekali2 ke lapangan bawa mobil *eh hehe

    terimakasih sudah berpartisipasi dalam GA wujudkan impian ya

    ReplyDelete
  14. Senasib mbak
    .gabisa mengendarai motor dan mobil
    Kata suami gausah wes..soalnya gampang panik hehehhe..takut ntar nabrak

    ReplyDelete
  15. terima kasih telah berbagi info....
    salam kenal dan salam sukses......

    ReplyDelete
  16. justru kalau naik motor itu lebih takut mbak. kan rodanya cuma dua. lebih mudah jatuh. nah kalo mobil kan rodanya 4. gak bakalan jatuh deh hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kliatan jalan mba, takut nabrak hehe

      Delete
  17. terimakasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...