Monday, January 25, 2016

Cara Praktis Membuat Sup Sedap Nan Bergizi


Memasak makanan sendiri di rumah memang banyak manfaatnya. Bukan cuma bisa berhemat, kita pun membuat makanan yang higienis dan citarasanya sesuai dengan selera kita. Tidak sulit kok membuat makanan sendiri. Salah satu yang paling praktis dan digemari adalah kreasi aneka sup.

Jika sudah mendapatkan peralatan memasak dan bahan dasar dari tempat belanja pavorit, misalnya MatahariMall, kita bisa bergegas untuk langsung membuatnya. Pilihan produk dengan harga terbaik di MatahariMall memang membuat belanja online jadi makin mudah dan menyenangkan. Lalu hal-hal apa lagi yang harus kita perhatikan sebelum membuat sup di rumah?

Yuk simak cara praktisnya berikut ini :

Kaldu Adalah Kunci Kelezatan Sup

Sup yang lezat pasti terdiri dari kaldu yang berkualitas. Kita bisa membuat kaldu dari aneka bahan dasar mulai dari ayam, daging sapi, seafood atau kaldu sayuran. Kaldu segar yang baru diolah akan membuat citarasa sup jadi lebih istimewa. Kita juga bisa menyimpan kaldu beku di freezer untuk digunakan beberapa hari kemudian.

Gunakan Sayuran yang Variatif

Hampir semua jenis sayuran bisa digunakan sebagai bahan dasar sup. Jenis sayuran yang paling sering digunakan adalah kol, bayam, brokoli, kembang kol, dan sawi putih. Perhatikan waktu yang tepat ketika merebus sayuran di dalam kaldu. Pastikan kita tidak merebus sayuran terlalu lama supaya sayuran tidak menjadi lembek dan berubah warna.

sumber
Daging untuk Melengkapi Sup

Biasanya banyak orang yang gemar menambahkan potongan daging atau seafood sebagai bahan isian sup. Alangkah lebih baik jika kita menambahkan daging yang dipotong berbentuk dadu kecil. Sebab daging yang dipotong dadu kecil tidak akan terasa keras dan teksturnya pun masih juicy. Usahakan untuk memotong daging dalam ukuran yang sama agar daging tersebut matang secara bersamaan ketika direbus dalam kaldu.

Memanaskan Sup

Temperatur yang tepat untuk memanaskan sup adalah tidak lebih dari 80 derajat. Jika temperaturnya lebih dari 80 derajat, kemungkinan besar kandungan vitamin dalam sup akan hilang dan sayuran di dalamnya pun menjadi lembek. 

Ingin segera berkreasi dengan sup buatan sendiri di rumah?

Yuk gunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di kulkas dan buatlah sup sedap nan bergizi.

38 comments :

  1. segeerr dan menyehatkan. jadi lapar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, saya juga laper udah waktu makan siang ini :)

      Delete
  2. wah saya suka banget makan sup mbak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nyuapi anak saya juga lebih suka yg berkuah kayak sup ini

      Delete
  3. juga bumbu yg pas ya mba... hehehe...
    kadang saya suka merasa sup yg saya masak kurang bumbu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih tambahannya mba, iya bumbu yg pas bikin sup makin sedap :)

      Delete
    2. Oh..memanaskannya hnya 80 derajat saja ya? Aku salah berarti mb, soalnya sampe mendidih.. Punya anak kecil, masakan paling sering nge- sup aku mb...cepet+anak suka krn ga pedes

      Delete
  4. saya sekeluarga penyuka masakan berkuah, terutama sup atau soto...sudah pasti lahab deh makannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau ujan2 tambah nikmat y mba

      Delete
  5. Saya suka sup mbak Kania, kadang saya makan gitu aja tanpa nasi. Ibu saya sering bikin sayur campur, bumbu dan sayurnya persis sup hanya ditambah kecap dan yang bikin segar dicampurkan juga taoge :)

    ReplyDelete
  6. kami sekeluarga juga sangat menyukai sup Mbak Kania :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, kalo sy jadi gamoang buat nyuapi anak juga

      Delete
  7. kalau saya lebih suka sup yg murni sayuran, tanpa daging2an. habis gimana ya, menurut saya sih, kalau pakai daging itu kuahnya jd agak berlemak gitu dan jadi kurang segar kalau menurut saya hehe... kalau ingin ada protein hewaninya paling sy cemplungin telur puyuh aja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang mba kalo pake daging jd berminyak supnya :)

      Delete
  8. musim hujan gini enak nya makan sup kambing... bikin anget di badan mba...

    ReplyDelete
  9. Mbaa,, posting cara membuat kaldu dong mba heheh..
    aku pernah bikin dari ceker sama sayap ayam tapi kok kayaknya gagal, kurang nampol sedepnya

    ReplyDelete
  10. Resepnya boleh di coba tuh ...pasti enak apa lagi bikinan istri tercinta....pasti maknyus

    ReplyDelete
  11. praktis dan paling disukai oleh anak-anak ya mbak

    ReplyDelete
  12. Praktis tapi kalau pakai kaldu instant itu di lidah ku pait ya makk.. Aneh aja rasanya, rasa mecin.. Kalau kaldu beku itu maksudnya kaldu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaldu beku bikinan sendiri dan dibekukan

      Delete
  13. makanan favorit saya ini : sup :D sekaligus masakan favorit karena paling gampang masaknya heheeh

    ReplyDelete
  14. saya senangnya soup sayuran..soalnya enaaaak dan lebih sehat

    ReplyDelete
  15. Thanks tipsnya tapi yg terakhir itu nggak pernah karena aku masak untuk sekali makan saja, jadi masak 3x sehari, jarang banget ada kegiatan ngangetin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang enak begitu ya mak, jadi lebih fresh

      Delete
  16. Paling seringnya bikin sup-supan, Mbak (istilah sup yang tanpa daging) he he

    ReplyDelete
  17. Aku suka sup mak..tapi tanpa daging, heheee..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...