3 Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Kuningan





Kuningan. Pernahkah teman-teman mengunjungi kota kecil ini? Atau, jangan-jangan malah teman-teman salah memahami Kuningan yang mana dan  bahkan tidak tahu dimana letak Kuningan.


Yup, dulu saat pertamakali saya meninggalkan kota kelahiran saya ini, jika ditanya asal daerah saya dari mana, selalu aea saja teman yang salah memahami Kota Kuningan. Ada yang menyangka Kuningan yang berada di Jakarta. Atau, malah ada yang belum tahu dimana letak Kota Kuningan. Baru setelah dijelaskan bahwa Kuningan itu dekat dengan Kota Cirebon, mereka akan ngeh. Cirebon itu kota yang lebih besar dan sering dilalui orang-orang yang akan ke Jawa dari Jakarta, sehingga otomatis orang-orang lebih mengenal Cirebon dibandingkan Kota Kuningan.


Sebagai orang yang lahir dan besar di Kota Kuningan, saya senang sekali jika kota asal saya bisa maju dalam segala hal, salah satunya di bidang pariwisata. Jika banyak orang yang berkunjung ke Kota Kuningan untuk berwisata, tentu saja ini hal yang baik untuk perekonomian masyarakat Kuningan sendiri. 


Memangnya apa sih keistimewaan Kota Kuningan sehingga kota ini layak untuk dikunjungi? Ini nih, setidaknya ada 3 alasan kenapa Kota Kuningan harus teman-teman kunjungi.


  1. Udaranya relatif sejuk

Ya, udara di Kota Kuningan relatif sejuk jika dibandingkan kota tetangganya Cirebon. Coba saja deh jika teman-teman sedang ada di perjalanan melewati Kota Cirebon, lalu masuk ke Kota Kuningan. Udara yang dirasakan begitu masuk Kota Kuningan akan terasa lebih sejuk. Hal ini karena letak geografis Kota Kuningan yang berdekatan dengan Gunung Ciremai, terutama Kuningan barat, sehingga udaranya lebih sejuk.

3 alasan mengunjungi kuningan
Gunung Ciremai di kejauhan
 

Banyak orang yang bekerja di luar kota Kuningan seperti Cirebon dan Jakarta, namun tetap memiliki rumah di Kuningan untuk ditinggali keluarganya. Mungkin salah satu alasannya ini, karena udara di Kota Kuningan relatif sejuk sehingga nyaman untuk tempat tinggal keluarga. Ada juga yang memiliki rumah di Kota Kuningan untuk disewakan kepada para wisatawan yang ingin menikmati sejuknya Kota Kuningan di akhir pekan. Nah, ini peluang bisnis untuk warga Kuningan nih yang ingin mencari penghasilan dengan menyewakan tempat tinggal atau homestay di lingkungan yang sejuk pada para wisatawan.



  1. Banyak tempat wisata alamnya

Alasan kedua kenapa teman-teman harus mengunjungi Kota Kuningan adalah karena cukup banyak wisata alam disini yang bisa teman-teman kunjungi. Ada Waduk Darma Waduk seluas kurang lebih 425 ha di sebelah barat daya Kota Kuningan yang dikelilingi bukit dan lembah, serta pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Waduk Darma ini selain digunakan untuk penampungan air  untuk pengairan dan perikanan (kapasitas genangan airnya sebanyak 39 juta m3), juga digunakan untuk tempat wisata dan olahraga. Fasilitas yang ada disini adalah kolam renang anak, area kemping, perahu motor, cottage untuk menginap, dan lain-lain.

3 Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Kuningan
Waduk Darma selain digunakan untuk penampungan air juga juga digunakan untuk tempat wisata dan olahraga (sumber gambar: kabupaten-kuningan-blogspot.com)

Mengajak keluarga ke Kota Kuningan, paling tepat kalau berkunjung ke Taman Wisata Alam Linggarjati di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kuningan. Selain bisa menikmati berbagai kekayaan Flora dan Fauna yang ada, keluarga juga bisa menikmati berbagai fasilitas bermain untuk anak, kolam renang, pemancingan, sembari menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Tidak jauh dari Taman Wisata Alam Linggarjati, terdapat museum Linggarjati yang menjadi tempat perundingan Bangsa Indonesia dan Belanda pada tahun 1946. Sekalian deh, keluarga juga bisa mengenal sejarah bangsa di museum ini sembari menikmati pemandangan indah dan udara sejuk di luar museum.


Mau menikmati wisata alam yang sekaligus menyehatkan? Bisa kok, karena di Kuningan terdapat kawasan pemandian air panas yang bisa teman-teman nikmati bersama keluarga. Tepatnya di daerah Sangkanhurip, kurang lebih 14 km dari pusat kota Kuningan, terdapat banyak bilik pemandian air panas dan kolam renang yang disewakan dengan berbagai fasilitas dan harga yang ditawarkan. Sangkanhurip menawarkan sensasi air panas alami yang kaya akan sulfur berasal dari gunung Ceremai. Air panas Sangkanhurip bermanfaat untuk relaksasi tubuh dan menyembuhkan berbagi macam penyakit kulit. Saya pernah mengunjungi kolam renang air panas di Grage Sangkan Hotel & Spa Sangkanhurip, recommended buat sekeluarga karena dilengkapi permainan untuk anak.

3 Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Kuningan
kolam air panas di Grage Sangkan Hotel & Spa Sangkanhurip, Kuningan

3 Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Kuningan
Di area kolam air panas Grage Sangkan Hotel & Spa, ada tempat bermain anak seperti ini
 
Selain itu, di Kuningan juga terdapat banyak air terjun. Salah satu yang pernah saya kunjungi adalah air terjun ataur Curug Ciputri yang berada di kawasan Bumi Perkemahan Palutungan. Disini selain bisa menikmati sejuknya udara dan dinginnya air terjun, juga bisa menyewa lahan untuk berkemah serta menikmati berbagai permainan outbound. Di sepanjang jalan menanjak menuju Bumi Perkemahan palutungan dan Curug Ciputri, akan kita temui berbagai lahan sayur dan kalau beruntung kita akan menemukan para petani yang sedang memanen berkarung-karung sayuran. Oh ya, Palutungan ini biasanya juga menjadi akses untuk para pendaki yang akan mendaki ke Gunung Ciremai loh.

3 alasan mengunjungi kuningan
Curug Ciputri di area Bumi Perkemahan Palutungan, Kuningan


  1. Akses transportasinya semakin mudah

Dengan adanya tol Cipali, akses transportasi ke Kota Kuningan semakin mudah dan cepat jika kita membawa kendaraan pribadi. Dari Jakarta, ke Kota Kuningan bisa ditempuh hanya selama kurang lebih 5 jam perjalanan saja lewat tol Cipali. Jika memilih kendaraan umum, bisa menggunakan kereta api sampai kota Cirebon lalu lanjut dengan kendaraan umum lain ke Kota Kuningan. Bahkan, sekarang ada Bandar udara terdekat dari Kota Kuningan yaitu Bandar udara internasional Kertajati di Kota Majalengka. Dari Majalengka, barulah melanjutkan perjalanan ke Kota Kuningan dengan kendaraan umum.

3 alasan mengunjungi kuningan
Pengalaman naik kereta api dari Jakarta ke Cirebon cuma 3 jam, lanjut 1/2 jam perjalanan ke Kuningan

Nah, itulah 3 asalan kenapa teman-teman harus mengunjungi Kota Kuningan. Saran saya, sebelum berkunjung ke Kuningan, pesanlah terlebih dahulu tiket transportasi dan akomodasinya secara online melalui Pegi-pegi. Mau pesan tiket kereta api, pesawat atau hotel di Kuningan melalui Pegi-pegi lebih mudah karena bisa diakses melalui website maupun aplikasi Pegi-pegi. Selain itu, Pegi-pegi sudah terhubung dengan ribuan hotel dan ribuan rute transportasi di seluruh Indonesia. Pembayarannya pun mudah, bisa melalui transfer, kartu kredit, internet banking, bayar di swalayan, bahlan bayar dengan cicilan!


pegi-pegi


Sebagai informasi, di Bulan Januari ini lagi banyak promo nih di Pegi-pegi. Kalau kita daftar jadi member Pegi-pegi, makin banyak lagi keuntungan yang kita dapatkan. Misalnya saja, kita akan mendapat harga spesial yang berbeda dari non member. Jangan lupa untuk mengumpulkan poin yang kita dapatkan saat berbelanja tiket di Pegi-pegi, karena bisa digunakan untuk potongan harga di transaksi berikutnya.  

Yuk, saya tunggu di Kuningan ya!

Comments

  1. Pernah ke Kuningan, ke museum Linggarjati dan ke gunung Ciremai nya aja �� ternyata banyak tempat wisata lain yaa

    ReplyDelete
  2. Waah saya belum pernah ke Kuningan Mbak. Ternyata banyak juga ya tempat wisatanya meski gaungnya gak sebesar Cirebon atau tempat wisata di Garut dan Sukabumi.

    ReplyDelete
  3. Kuningan bagus juga untuk wisata ya Mba..

    ReplyDelete
  4. waah ku suka berkunjung kuningan.. apalagi kalau lewat cidomba itu enak banget udaranya..

    ReplyDelete
  5. Aku pernah dua kali ke Kuningan, sejuk segar deh

    ReplyDelete
  6. Dl prnh ke sana tp sdh lm bgt... Tp blom smp jln2 mudah2an suatu hr nanti

    ReplyDelete
  7. Teh, yuk kita gencar menulis info tentang Kota Kuningan, karena masih banyak yang belum mengenalnya. Saya boleh izin menulis dengan tema yang gak jauh berbeda, tapi dengan bahasa saya sendiri. Biar pembaca lebih mengenal Kuningan.

    Kalo bisnis home stay di Desa saya kurang greget, soalnya letaknya gak strategis.

    Yang udah dikunjungi Cibulan, Sangkanhurip, Museum Linggarjati dan Waduk Dharma... Nice sharing... Lanjutkan!!

    ReplyDelete
  8. Saya pernah ke sankanhurip, waktu KKN. tapi kalo ke kuningan masih terasa jauh ya mba. Enggak kuat perjalanan lama.

    ReplyDelete
  9. jujur belum pernah ke kuningan, tapi menarik sih ke curugnya.

    ReplyDelete
  10. Hi Mak, kuningannya dimana ? Boleh lah PM, kebetulah Nini dari Ciwaru dan beberapa saudara ada di Lenteng Agung. Gie sendiri besar di Sumber dan sekolah di Plered *eaaa panjang. Boleh atuh kalau lagi pulkam meetup, atau mak nya sekarang di Jakarta ?

    Kuningan mah tetep juara wisata alam, apalagi sekarang ada jalan baru yang memudahkan. Nggak lengkap ke Kuningan kalau belum jajan Tahu dan Tape seember :D

    ReplyDelete
  11. aku termasuk yg dulu ga tau kota kuningan. mikirnya pas pertamakali dgr , lgs inget kuningan di jakarta hahahaha..

    naaah, kalo udaranya relatif sejuk, aaplagi ada air terjunnya, ini pasti bakal cocok ama aku mba :). aku lbh suka wisata yg sejuk begitu udaranya , drpd yg panas..

    ReplyDelete
  12. Udah beberapa kali ke Cirebon, tapi nggak pernah sampai ke Kuningan. Dulu pernah sekali sih, ke kolam ikan yang buesar-buesar itu, Mak. Cibulan ya namanya kalo nggak salah?

    ReplyDelete
  13. Pernah beberapa kali ke Kuningan, bahkan turing pake motor, seruuu.
    Tempatnya emang adeem, tapi belom sempet explore wisatanya, biasa selalu mager kalo dah ketemu sahabat2 di sanaa

    ReplyDelete
  14. Aku cuma sampai Cirebon Mbak..dua hari, mau lanjut Kuningan keknya mesti 2-3 hari juga ya...Lain kali aja lah, biar puas di sana. Mupeng nih ke Kuningan..karena relatif deket dari Jakarta.

    ReplyDelete
  15. Saya teh, belum pernah ke Kuningan tapi pastinya sudah sering dengar daerah Kuningan Jawa barat. Kalau gunung ciremai ini yang biasa disebut dalam cerita nini pelet atau apa ya? Lupa-lupa ingat ceritanya. Ini Daerah hampir sama kayak purwokerto kali ya, adem dan banyak wisata alamnya.

    ReplyDelete
  16. Bentuk kolam air panasnya sama seperti yg ada di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Atau memang semua pemandian air panas tu begitu ya? Hihi

    ReplyDelete
  17. Kuningan memang lebih fresh karena alamnya masih asri. Dan ini bisa menjadi rekomendasi liburan bersama keluarga yg menyenangkan.


    Dan saya baru tahu, kalau Gunung Ciremai itu ada di Kabupaten Kuningan. Saya tahunya ya Jawa Barat, enggak tahu tepatnya mana. Baca tulisan Mba Maya Kania ini saya jadi tahu, di daerah mana Gunung Ciremai itu..

    ReplyDelete
  18. Deket ternyata dari Cirebon ke Kuningan, ya. Saya baru sampai Cirebon aja. Kapan-kapan lanjut Kuningan

    ReplyDelete
  19. Indahnya alam kota Kuningan. Kapan yaa saya bisa traveling ke sana?

    ReplyDelete
  20. Kuningan lebih mirip Garut ya, udaranya sejuk. Aku belum pernah ke Kuningan nih. Coba dulu diajakin Nia pas kita belum nikah hehe..

    ReplyDelete
  21. Sebagai orang (yang ayahnya lahir di) Cirebon, rasanya kebangetan ya aku, ngga tau Kuningan!

    ReplyDelete
  22. Kuningan asri ya alamnya jadi pengen piknik deh..tahunya Cirebon doang..

    ReplyDelete
  23. Aku seering lho ke Kuningan. Kuningan Jakarta wkwkwk kidding mbak.
    Kuningan ini yang sebelah Cirebon ya? Aku blm pernah sih ke sana.
    Wah banyak curug dan tempat wisata lainnya ya? Moga2 ntr kalau ke Cirebon jg bisa ke sana :D

    ReplyDelete
  24. Betul banget. Sejak awal denger ya kirain jalan kuningan di jakarta. Ternyata ada sebuah kota tersendiri ya.

    ReplyDelete
  25. Daku belum sempat nih ke Linggarjati, padahal udah tiga kali ke Kuningan, kapan-kapan ajak anak-anak wisata ke sinilah. Nabung dulu :)

    ReplyDelete
  26. Temen kerjaku dulu orang Kuningan tapi gak pernah dia cerit klo di kuningan juga ada kota wisata.

    ReplyDelete
  27. Saya pernah ke Kuningan Mbak, kunjungan kerja, tapi untuk nyobain pegi-pegi nih yang belum pernah dicobain.

    ReplyDelete
  28. Wah, beberapa kali cuma lewat aja nih ke Kuningan waktu mau ke Cirebon. Ternyata banyak tempat seru yah mbak, kapan2 harus dikhususkan waktu buat mampir nih ke Kuningan :))

    ReplyDelete
  29. Belom pernah ke Kuningan hehe tapi temen SMPku ada yang asli Kuningan. Ternyata ok ya jadi tujuan wisata Mba, semoga ada rejekinya ke sana :D

    ReplyDelete
  30. Saya pernah ke Kuningan dua kali. Dua-duanya sama-sama ke Museum Linggarjati. Pengin ke Grage Sangkan, tapi belum sempat.

    ReplyDelete
  31. Menarik...saya belum pernah ke kuningan. Dulu temen kuliah ada yang dari kuningan. Tapi gak pernah cerita kaki gunung ciremeinya cakep euy...smoga ada kesempetan ke sana

    ReplyDelete
  32. Aku udah dari dulu pingin ke Kuningan tapi belum kesampaian.. Baru sampe Cirebon mba.. Udah deket banget ya dari Cirebon.. Di Kuningan wisata alamnya banyak ya.. Aku juga pingin ngajak anak-anak ke Museum Linggarjati yang ada di sana..

    ReplyDelete
  33. Wahh mbak nya asli Kuningan? Salam kenal mbak :) Ibu mertua saya juga asalnya Kuningan, di Ciporang. Tapi saya baru pernah diajak ke The Sangkan nih hehe, blm bisa eksplore tempat wisata lainnya. Tiap kesana pas lebaran, jadi macetnya mengular wew :D

    ReplyDelete
  34. Hai, Mbak. Salam kenal, ya. Aku tertarik banget membaca tulisan ini karena aku pengen banget bisa mengunjungi kota-kota kecil di Indonesia. Aku tinggal di Bogor. Jadi semestinya Kuningan nggak jauh-jauh amatlah, ya. Tertarik banget nih menghabiskan beberapa hari liburan di Kuningan. Apalagi anak-anak sebisa mungkin kuajak berwisata yang menyatu dengan alam. Oiya, berhubung aku kalau bepergian hanya sendiri bersama dua anak a dan pastinya menggunakan transportasi umum, sebisa mungkin semuanya sudah diset sejak dari kota asal. Kalau punya informasi guest house, sewa mobil dalam kota, termasuk kontak wisata outbound yang bisa buka tenda, bolehkah aku dibantu? Terima kasih sudah menciptakan ide destinasi wisata baru di kepalaku, hahaha ...

    ReplyDelete
  35. Air terjun jadi incaran saya kalau kesini.
    Tapi kalau si kecil senang ke tempat bermain anak pastinya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.