6 Hal Ini Perlu Disiapkan Dalam Pesta Pernikahan, Jasa MC Salah Satunya



Menyiapkan pesta pernikahan bukan hal yang mudah. Karena biasanya setiap orang ingin merasakan momen indah pernikahan sekali dalam seumur hidup yang akan terus dikenang. Oleh karena itu, semua persiapan pesta pernikahan harus dipikirkan secara matang.

Walaupun kita menggunakan wedding organizer, ada baiknya juga mengetahui hal yang harus disiapkan untuk pesta pernikahan. Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan ketika mempersiapkan acara pesta pernikahan, yaitu:

1.       Tempat

Tempat diadakannya pesta pernikahan bisa di rumah atau dengan menyewa tempat di gedung, masjid, restoran, dan lain-lain. Semuanya bisa dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan dana. Dulu, orang mempertimbangkan mengadakan pesta pernikahan di rumah untuk menghemat dana.

Namun sekarang, banyak orang memilih menyewa tempat pernikahan agar lebih praktis dan tidak mengganggu privasi anggota keluarga di rumah. Menyewa tempat pernikahan pun tidak harus di gedung yang mewah dan mahal. Banyak pilihan tempat untuk pesta pernikahan seperti yang disebutkan di atas. 

jasa MC pernikahan


 2.       Undangan

Banyak atau sedikit undangan juga tergantung dengan kebutuhan dan dana yang punya hajat. Apakah ingin pesta pernikahan yang meriah dengan banyak tamu dan bingkisan, ataukah ingin pesta pernikahan yang sederhana.

Undangan juga tidak perlu mewah, asalkan memenuhi fungsinya sebagai informasi agar orang yang kita undang mengetahui pesta pernikahan yang diadakan. Sekarang, banyak undangan yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga fungsinya selain sebagai undangan juga sebagai souvenir. Misalnya, undangan dalam bentuk tote bag, cangkir, album foto, notes, dan sebagainya. Tentu saja, harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan undangan kertas biasa. 

jasa MC pernikahan


3.       Pelaminan

Adanya pelaminan menunjukkan bahwa sang pengantin adalah bintangnya di pesta pernikahan. Pelaminan menunjukkan bahwa pengantin merupakan ‘Raja dan Ratu’ sehari dan momen ini merupakan hal yang istimewa dan akan dikenang terus oleh sang pengantin. Memilih pelaminan yang sesuai dengan selera pengantin tentu saja hal yang penting.

Namun, ada juga orang yang tidak menyukai jadi pusat perhatian sehingga tidak menggunakan pelaminan dalam pesta pernikahan dan memilih berbaur dengan tamu undangan. Pengantin hanya dibedakan dari busana mereka yang lebih mencolok dibanding undangan.

jasa MC pernikahan
sumber: merahputih.com


4.       Busana pengantin

Busana pengantin juga merupakan hal yang paling penting dalam pesta pernikahan. Busana pengantin bisa didapatkan dengan menyewa di tempat khusus penyewaan busana pengantin, atau membuat sendiri sesuai selera pengantin.

jasa MC pernikahan


5.       Catering

Di kota kecil, masih banyak orang yang mengadakan pesta pernikahan dengan memanfaatkan saudara dan tetangga untuk memasak makanan untuk resepsi pesta pernikahan. Ini tentu hal yang bagus untuk menjalin silaturahim dengan tetangga dan saudara. Konsekuensinya, yang punya hajat harus memiliki alat-alat memasak yang memadai atau tetap harus menyewa peralatan dan perabotan memasak.

Akhirnya, membeli makanan jadi lewat catering menjadi solusi agar tak perlu merepotkan tetangga dan saudara serta tak perlu menyewa alat memasak. Namun, telitilah dalam memilih jasa catering. Pilihlah jasa catering yang sudah dipercaya dengan kelezatan masakannya, kerjanya yang cekatan, atau harganya yang negotiable.

jasa MC pernikahan


6.       MC

Yang tak kalah penting juga dalam mengadakan pesta pernikahan adalah jasa MC (Master of Ceremonies) yang akan membawakan jalannya pesta pernikahan. MC untuk pesta pernikahan idelanya adalah orang yang interaktif dengan pengantin dan semua tamu undangan, sehingga pengantin bisa relaks di momen istimewa mereka. Tau sendiri kan, jadi pengantin itu seperti apa. lelah dan tegang sudah apsti. lelah bertemu dan berjabat tangan dengan semua orang, serta tegang karena khawatir acara tidak berjalan dengan lancar.

MC juga pastinya diharapkan bisa membawakan acara dengan lancar, formal maupun non formal, tanpa ada kendala bahasa atau minim pengetahuan. Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang baik atau Bahasa asing seperti Bahasa Inggris, bahkan bahasa daerah seperti Bahasa Jawa jadi pertimbangan untuk memilih MC jika kita mengundang rekan-rekan berkewarganegaraan asing atau mengundang kolega dari daerah. 

jasa MC pernikahan


 MC pernikahan juga tentunya harus memiliki pengetahuan tentang pesta yang diadakan seperti informasi keluarga pengantin atau budaya yang dibawakan dalam pesta pernikahan, sehingga tidak salah memberikan informasi saat pesta berlangsung. MC yang memiliki kepribadian menarik yang bisa membuat suasana pesta pernikahan jadi menyenangkan, tentu jadi nilai tambah.

Susah-susah gampang memang mencari MC dengan kriteria di atas. Tapi sekarang sih sepertinya tidak masalah lagi, karena bisa pesan jasa MC di Sociabuzz dengan cepat dan mudah. Sociabuzz adalah marketplace jasa kreatif, dimana salah satu jasa yang ditawarkannya adalah jasa MC untuk berbagai acara seperti pernikahan, MC ulang tahun, seminar, dan lain-lain. Banyak daftar MC berkualitas yang bisa dipilih sesuai kriteria yang diinginkan di Sociabuzz. Kunjungi saja website resmi Sociabuzz untuk informasi terlengkap mengenai jasa MC berbagai acara, atau klik link berwarna biru di artikel ini.

Comments

  1. MC Resepsi yang mumpuni adalah kunci. Kalau buat saya. Sebab jalannya acara, asik atau nggak, termasuk perhatian dari para tamu kepada mempelai, semua ada di tangan MC.

    ReplyDelete
  2. Jadi MC bener-bener harus berani, ya Mba. Berani menerima tantangan maksudnya. Keren lah buatku mereka yang jadi MC.

    ReplyDelete
  3. di jaman sekarang malah lebih dibutuhkan MC yang lebih luwes nggak kaku jadi para tamu undangan juga pengantinnya bisa ikutan senang.

    ReplyDelete
  4. Dulu jama nikah, MC pernikahanku pake sodara aja, jadi gratisan dan ngga ribet hahaha. Karena blm pernah ngurusin MC pernikahan, tulisan ini lumayan jg jadi referensi buat yg nyari2 MC :D

    ReplyDelete
  5. Hiks hiks .. coba jaman baheula ya udah ada referensi kayak gini

    ReplyDelete
  6. Iya peran MC sangat penting dalam resepsi pernikahan. Acara akan lebih hidup dan semarak jika MC piawai menjalankan tugasnya.

    ReplyDelete
  7. Saya MC-nya temen sendiri, karena acaranya juga sederhana. Untung dia punya pengalaman, jadi acaranya berjalan enak.

    ReplyDelete
  8. MC pernikahan di zaman sekarang kayaknya harus seru, ya. Kalau dulu kan kayaknya kayak sekadar membaca aja gitu, Makanya butuh juga MC yang profesional di zaman sekarang

    ReplyDelete
  9. Kunci jalannya acara sih ya mbak MC. Mau seru atau garing acara ya yang nyetir, mv-nya jadi kudu banget diperhitungkan cari yg mumpuni

    ReplyDelete
  10. Jadi inget dulu nyiapin nikahan rempong bener hehe.. tapi seninya gitu ya mbaa. Mc nya dulu ada 2 gantian karena biar nggak capek kan di rumah acaranya ��

    ReplyDelete
  11. Wah sociabuzz ternyta menyediakan jasa MC juga ya ngga hanya blogger dan influencer

    ReplyDelete
  12. Nah bener nih, keberadaan MC juga penting dalam suatu acara. Berjalannya acara, apalagi pernikahan yaa... tampak lancar dan mengalir juga berkat jasa MC ini.

    ReplyDelete
  13. Setuju sama Akarui Cha tentang peran MC di sebuah acara pernikahan. MC harus faham tentang tamu2 istimewa yg hrs ia sebutkan termasuk mengeja nama2 dengan benar dan tepat. Fatal akubatnya kl sampai salah mengeja nama2 tamu penting.

    ReplyDelete
  14. Menjadi MC di acara pernikahan itu perlu mental yang kuat ya. Dan bener banget, Mbak, harus menguasai bahasa Inggris, Indonesia dan Jawa. Apalagi kala untuk pernikahan ala-ala adat Jawa, MC-nya harus pakai bahasa Jawa Kromo Inggil, alus pisan.

    ReplyDelete
  15. MC ini memegang peranan sangat penting dalam jalannya acara pernikahan, apalagi ini acara yang sangat sakral. Kalau dulu aku karena menikah dengan menggunakan adat Jawa jadi MCnya memang yang terbiasa membawakan pernikahan adat Jawa.

    ReplyDelete
  16. bicara MC, bener banget ini termasuk yg utama. dulu mama saya sampai cari MC terbaik di kota kami demi kesuksesan acara nikah saya. soalnya kan acara sakral. jangan sampai MC salah ucap atau pembawaannya gak enak dipandang

    ReplyDelete
  17. Sekarang untuk hajatan atau melakukan pesta pernikahan tidak terlalu ribet prosesinya. Karena untuk semua keperluan tersebut ada yang menyewakan. dan yang paling ribet menurutku kalau dikerjakan sendiri adalah soal catering. Kalau untuk pesta di rumah masih bisa mengandalkan tenaga tetangga dan saudara-saudara. Tapi kalau di gedung ribet banget ya Mbak. Solusi terbaik untuk makanan pesta di gedung adalah catering 😊

    ReplyDelete
  18. Wah keren banget ini..ada Sociobuzz, marketplace jasa kreatif termasuk menyediakan MC untuk pernikahan dan aneka gelaran. Praktis nih..

    ReplyDelete
  19. Wah MC tuh penting banget dalam suatu acara terutama yang jago menghidupkan suasana supaya gak bosan.

    ReplyDelete
  20. Jadi inget waktu nikahan dulu MC-nya kakak iparku sendiri. Giloiran pas baca doa, lagi-lagi kaka iparku juga karena dia ustadz. Kalau diingat lagi, ekonomis banget karena gak harus bayar MC, hihihi.

    ReplyDelete
  21. MC pernikahan itu harus bisa hapalin nama2 tamu penting biar gak salah sebut. Pernah kejadian MCnya salah sebut nama padahal tamu undangannya penting banget, pengantinnya jadi gak enak deh :(

    ReplyDelete
  22. Pernikahanku dulu make temen semua, jadi ringan banget biayanya. Catering pun banyak diskonnya. 😃

    ReplyDelete
  23. Aku dulu sering bangeeet MC untuk acara pernikahan dan juga event lain. Jadi ingeeet masa muda hehehe

    ReplyDelete
  24. MC acara pernikahan sekarang ini menjadi orang yang penting, karena dia ikut mengatur jalannya acara juga ya mba

    ReplyDelete
  25. Waktu itu aku nikah alhamdulilah MC sudah sepaket mba jadi ga lieur memang MC itu beneran kunci acara sih menurutku :)

    ReplyDelete
  26. Sama calon pasangannya...
    Hehehe...canda, kak Kania.

    Undangannya cantik banget yaa, kak...
    Aku dulu bikin undangan model Jepang-Jepang pake kimono gituu...
    Tapi ada kekurang telitian...jadi pelajaran banget buatku.
    Bahwa saat melakukan sesuatu, perlu di kroscek kembali dengan orang-orang terkait, agar semua (pihak) keluarga puas dengan hasilnya.

    ReplyDelete
  27. Jasa MC penting sekali buat bikin wedding meriah dan lebih hidup

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.