Cara Memasak Tempe Jadi Masakan Lezat



Hari ini masak apa? Biasanya kalau ditanya seperti ini, saya bakalan sedikit bingung. Karena setiap hari harus memikirkan ide menu masakan buat keluarga di rumah. Akhirnya saya tanya-tanya ke teman, atau paling sering buka internet untuk mencari ide menu masakan. Salah satunya di website selerasa.com yang banyak menyajikan berbagai resep menu masakan.

Karena sekarang berbagai bahan makanan mulai mahal, dikarenakan adanya wabah virus Corona dan juga karena akan segera datangnya Ramadhan, maka saya harus berupaya membuat masakan dengan bahan-bahan yang terjangkau. Tempe, sampai saat ini harganya sepertinya masih stabil. Tempe juga salah satu makanan favorit yang hampir ada sih di rumah. Dan biar tidak bosan, saya kreasikan tempe dengan berbagai cara agar tetap nikmat dimakan.

Resep tempe

1. Digoreng

Paling enak banget kalau makan tempe dengan nasi hangat. Apalagi kalau tempe nya dipakaikan bumbu. Biasanya bumbu yang dipakai untuk merendam tempe adalah bawang putih, ketumbar, dan garam. Lalu tempe yang sudah direndam bisa digoreng sampai kecokelatan.

Saya dapat tips dari mertua nih. Katanya kalau ingin tempe nya renyah, jangan dipakaikan bumbu apa-apa. Jadi setelah tempe dipotong-potong, langsung digoreng. Memang renyah sih, tapi tak ada rasanya meskipun masih tetap bisa dinikmati.

Tempe goreng tepung juga bisa jadi cemilan atau teman makan nasi yang nikmat loh. Bumbunya sama, yaitu bawang, ketumbar, garam, dan kunyit kalau mau. Bumbu tersebut dicampurkan dengan tepung terigu. Tambahkan air dan daun bawang atau daun jeruk jika ingin lebih wangi. Celupkan tempe nya ke tepung dan goreng sampai garing. Tempe goreng tepung bisa dimakan begitu saja dengan cabe rawit atau sambal, maupun sebagai teman makan nasi.

Resep tempe


2. Disajikan dengan saus atau sambal

Tempe yang disajikan dengan saus atau sambal juga bisa jadi pilihan masakan yang lezat untuk keluarga loh. Tempe goreng dicocol saus kecap pedas rasanya mantap banget diiringi nasi hangat. Saus kecap pedas membuatnya pun mudah. Iris saja bawang merah, cabe rawit dan tomat, lalu camurkan dengan kecap. Saus kecap pun siap dihidangkan. Tempe bisa juga dicocol dengan saus lain sesuai selera, seperti saus tomat, saus cabe, dan lain-lain.

Sudah coba makan tempe dengan sambal penyet? Ini bisa juga jadi variasi masakan lezat buat keluarga. Setelah tempe digoreng, letakkan tempe di cobek bersama sambal penyet lalu tempe ditekan agar rasanya menyatu dengan sambal. Sambal penyet biasanya terbuat dari bawang, cabe rawit, tomat, garam, dan gula. Sambalnya bisa juga divariasikan dengan sambal lain, seperti sambal hijau, sambal marah, dan sebagainya.

3. Dicampur dengan bahan makanan lain

Resep tempe

Tempe juga nikmat jika dinikmati dengan dicampurkan dengan bahan makanan lain. Misalnya dengan dijadikan tumis kacang panjang dan tempe, sayur lodeh labu dan tempe, dan lain-lain.

Untuk membuat tumis tempe dan kacang panjang, tempe nya perlu dipotong korek dan digoreng terlebih dahulu. Setelah itu, tumis bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan cabe merah. Lalu masukkan tempe dan kacang panjang yang sudah dipotong-potong. Jika punya petai, boleh juga ditambahkan ke tumisan. Lalu tambahkan kecap, saus tiram, garam, gula pasir dan pada ke tumisan. Masak sampai matang.

Gimana, sudah coba mengkreasikan tempe menjadi menu seperti di atas? Kalau punya ide lain, yuk share di kolom komentar!

Comments

  1. Tahu dan tempe kayaknya sudah mendarah daging bagi warga Indonesia. Rasanya sajian setiap hari pasti ada tahu dan tempe nya. Kalau favoritku sih tempenya dipenyet sama sambal di atas layah (tempat penumbuk bumbu yg terbuat dr batu)

    ReplyDelete
  2. Orak arik tempe buatan ibu biasanya dikirim jelang buka puasa. Tapi kini tidak lagi.
    Karena saya tidak bisa masak, biasanya tempe ya digoreng saja. Cuma pakai tepung, jadi kaya mendoan.
    Satu lagi tempe yg disukai di keluarga kami adalah dengan dibacem sampai bumbu meresap

    ReplyDelete
  3. Sama nih Mba, saya biasanya ya kalau nggak digoreng ya dicampur sayur kacang, atau campur orak arik telur tempe.
    Anak-anak suka banget.
    Kalau digoreng sih kadang saya aja yang doyan hihihi

    ReplyDelete
  4. Sudah semua sih, yg terbaru aq nyoba masak tempe cabai garam..
    Enak dan g biasa gt, hehe

    ReplyDelete
  5. Zaman sekarang kudu hemat2, makan tempe juga alhamdulillah ya mbak kita syukuri, krn di luar sana masih banyak yg gak bisa makan. BTW tempe juga bisa dibikin sayur lodeh, enak lho :D

    ReplyDelete
  6. Wahh boleh juga nih menunya buat buka puasa dirumah enak banget yah kak

    ReplyDelete
  7. Kalau mpo team di bumbuin tepung baik yang di goreng setengah matang maupun yang di goreng matang. Tempe goreng enak buat buka puasa

    ReplyDelete
  8. Aku wajib ada tempe mba. Mau digoreng kering, tumis dan jadi bahan lodeh juga pilihan banget. Harganya juga murah ya

    ReplyDelete
  9. Tempe tuh diapa2in juga enak mbaa.. digoreng aja enak, tapi kalo aku paling suka tak sambel tempe atau tak buat sambel goreng hihi

    ReplyDelete
  10. saya sukanya dioseng sama.sayur dg bumbu saos tiram. rasanya enak...atau dibumbu sambal goreng manis. mantaaap

    ReplyDelete
  11. Tempe ini makanan enak yang gampang banget dibikinnya. Dijadiin cemilan enak, dijadiin lauk juga hayu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.