Berikut Ini Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang

 

Salah satu jenis sakit kepala yang sering dialami orang adalah sakit kepala belakang. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai faktor yang berbeda. Penyebab ini bisa dikenali dengan timbulnya gejala tambahan yang menyertai. Gejala ini termasuk jenis rasa sakit yang dialami dan di bagian mana rasa sakit itu berada. 

Sakit kepala belakang ini merupakan suatu penyakit umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Akan tetapi, jenis penyakit migrain di bagian belakang 3x lipat lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, orang dengan usia 35-45 tahun akan lebih rentan terkena penyakit ini dibandingkan dengan usia lainnya. 

Cara mengobati sakit kepala belakang


Pengobatan Sakit Kepala Belakang

Untuk mengatasi sakit kepala bagian belakang anda bisa menggunakan obat-obatan. Obat yang digunakan untuk mengatasi sakit kepala belakang ini biasanya disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut obat sakit kepala belakang berdasarkan penyebabnya :

1. Obat Sakit Kepala Tegang (Tension Headache)

Obat sakit kepala bagian belakang yang disebabkan tension headche adalah obat-obatan pereda sakit kepala. Seperti acetaminopen dan aspirin. Akan tetapi, jika anda mengalami kronis, maka dokter akan memberikan resep obat lainnya yang bisa anda gunakan. 

Selain itu, ada juga obat-obatan lainnya yang bisa digunakan untuk mencegah timbulnya sakit kepala. Diantaranya adalah obat antidepresan, obat relaksan otot (untuk membantu otot lebih rileks), hingga obat untuk mengurangi munculnya rasa sakit di kemudian hari. 

2. Obat Anti Migrain

Seperti yang diketahui bahwa sakit kepala migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala di bagian belakang. Untuk mengobati kondisi ini, anda bisa menggunakan obat-obatan yang disesuaikan dnegan tingkat keparahan guna mengatasi sakit kepala migrain. Misalnya, menggunakan obat-obatan pereda rasa nyeri seperti ibuprofen, aspirin, dan paracetamol. Selain itu, ada juga obat yang mengandung kafein di dalamnya. 

Jika kondisi migrain sudah tergolong cukup parah, maka anda bisa menggunakan obat-obatan lainnya yang telah diresepkan oleh dokter seperti triptan. Obat triptan ini tersedida dalam bentuk semprot hidung dan pil. 

3. Obat Untuk Mengatasi Cluster Headache

Cara mengobati sakit kepala bagian belakang yang disebabkan cluster headche ini biasanya digunakan untuk memperpendek periode sakit kepala muncul, mengurangi tingkat keparahan serta mencegah munculnya serangan sakit kepala di kemudian hari. 

Obat yang digunakan untuk mengatasi sakit kepala cluster yang sudah akut biasanya adalah obat-obatan triptan yang juga digunakan untuk migrain. Bukan hanya itu, ada juga obat lainnya yang digunakan yakni obat octreotide. Octreotide ini adalah obat injeksi yang mengandung hormon somatostatin buatan. 

Sedangkan obat yang digunakan untuk mencegah adalah obat seperti nerve blockers, melatonin, calcium channel blockers, dan kortikosteroid. Namun, jika sakit kepala ini sudah tergolong cukup parah, maka penderita akan dioperasi. 

4. Obat Untuk Oksipital Neuralgia

Obat yang digunakan untuk mengobati kondisi ini biasanya adalah obat-obatan non-steroidal anti-inflammatory drugs atau NSAID. Bukan hanya itu, ada juga metode terapi fisik, pijat, serta obat relaksasi otot yang bisa anda pilih guna membantu meredakan sakit kepala belakang.  

Bagi penderita yang sudah parah, mungkin dokter akan memberikan anestesi lokal di area oksipital guna memberikan pengobatan langsung. Ada juga obat-obatan lainnya yang digunakan untuk mengatasi sakit kepala belakang ini, seperti golongan opioid yang mengadung codeine. Yang mana, obat jenis ini bersifat adiktif, artinya hanya boleh digunakan ketika obat-obatan yang lainnya tidak manjur untuk mengatasi masalah sakit kepala bagian belakang tersebut.  


Comments