Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

 


Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan. Menurut data dari Badan organisasi Dunia (WHO), secara umum kematian akibat penyakit jantung mencapai 18,6 juta orang setiap tahunnya. Angka ini diperkirakan akan meningkat sebesar 20,5 juta orang pada tahun 2020 dan 24,2 juta orang pada tahun 2030 yang meninggal akibat penyakit jantung. Di Indonesia sendiri, penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi, bahkan sampai membebani BPJS sampai 10 triliun rupiah!

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun Wanita, baik usia tua maupun muda. Terlebih pada usia tua, penyakit jantung lebih beresiko karena menurunnya fungsi tubuh akibat bertambahnya usia. Penyakit yang menyerang organ jantung juga bervairasi, bisa berupa serangan jantung, jantung koroner, serta gagal jantung.


Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

Oleh karena itu, sebaiknya kita melakukan berbagai upaya untuk menjaga Kesehatan jantung sejak dini. Karena jantung itu adalah organ yang sangat penting untuk tubuh kita. Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh agar oksigen dan nutrisi diserap dengan baik oleh tubuh. Jika jantung tidak bisa berfungsi dengan baik, maka oksigen dan nutrisi pun tidak akan dapat diserap dengan baik sehingga tubuh akan terganggu kesehatannya.

Upaya untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Diantaranya adalah dengan menyediakan makanan yang sehat untuk jantung, yaitu makanan yang rendah garam, lemak dan tinggi serat.

Berbagai makanan untuk jantung yang sehat juga bisa didapatkan dari sayurang segar, buah-buahan, biji-bijian, alpukat, teh hijau, cokelat hitam, edamame, dan lain sebagainya. Cara memasak direbus atau dikukus juga sangat baik untuk mendapatkan makanan yang sehat untuk jantung, karena tidak mengandung lemak seperti cara memasak digoreng.

makanan untuk jajntung


Oh ya, mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk jantung juga bisa dilakukan jika diperlukan. Misalnya susu Ensure Gold yang sudah terbukti baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung tetap optimal.

Selain dari pola makan yang sehat, menjaga kesehatan jantung sejak dini juga dilakukan dengan berolahraga secara teratur, tidak merokok dan minum alkohol, cukup tidur atau istirahat, jangan terlalu stress, dan melakukan cek kesehatan secara rutin. Yuk, semangat menjaga kesehatan jantung!

 

Comments

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional