Ini Jenis Penyakit Yang Paling Banyak Diderita Usia Diatas 40an, Yuk Hindari Dari Sekarang!

  

Memasuki usia 40 tahun, kita seringkali dihinggapi kekhawatiran tentang berbagai masalah kesehatan. Di usia tersebut, terjadi perubahan hormon dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya penurunan kepadatan tulang, turunnya dorongan seksual, serta perubahan mood. Laju metabolisme tubuh juga melambat akibat perubahan hormon ini, sehingga lemak mulai berkumpul di beberapa area tubuh. Ditambah lagi, terjadinya penurunan massa otot sehingga tubuh tak bisa membakar lemak sebaik pada usia muda.

Ada beberapa penyakit yang banyak diderita oleh usia 40 tahun ke atas. Oleh karena itu, kita perlu waspada terhadap penyakit tersebut. Diantaranya penyakit yang banyak diderita usia 40 tahun ke atas adalah penyakit berikut ini.

  1. Diabetes

Diabetes yaitu penyakit yang disebabkan kadar gula dalam darah terlalu tinggi dalam waktu yang cukup lama. Menurut sebuah artikel di website https://solusi-diabetesku.com, ada 4 jenis diabetes yang perlu kita ketahui. Diabetes tipe 1 disebabkan karena pankreas tidak bisa memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh, sehingga menyebabkan metabolisme gula dalam darah menurun. Diabetes tipe 2 disebabkan karena sel-sel dan jaringan tubuh tidak bisa mengenali insulin dan tidak bisa mengenali gula sebagai sumber energi, sehingga gula menumpuk di luar sel tubuh. Diabetes tipe 2 inilah yang biasanya banyak menyerang usia 40 tahun ke atas.


penyakit diabetes usia 40an


Pada Diabetes tipe 3, sel otak tidak menerima sumber energi gula sehingga membuat kinerja otak mengalami penurunan. Diabetes tipe 3 bisa menyebabkan penyakit Alzheimer. Yang keempat adalah Diabetes Gestasional, merupakan jenis diabetes yang biasa menyerang saat kehamilan. Meningkatnya hormon progesteron dan hormon lain saat seroang ibu hamil menyebabkan tubuh tidak mengenali insulin sehingga kadar gula dalam darah meningkat.

  1. Hipertensi

Semakin bertambah usia seseorang, semakin besar resikonya untuk terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan bertambahnya usia, pembuluh darah akan semakin kaku sehingga tekanan darah semakin meningkat.

  1. Infeksi saluran kemih

Ketidakseimbangan hormon dan penurunan fungsi penguraian dalam tubuh karena bertambahnya usia, membuat ukuran kelenjar prostat membesar dan mengganggu proses buang air kecil sehingga terbentuklah batu di saluran kemih yang menyebabkan nyeri, pendarahan, dan infeksi. Hal ini bisa diperparah jika memiliki gaya hidup yang jarang bergerak dan kurang minum.

  1. Kolesterol tinggi

Kadar kolesterol yang dibutuhkan dalam tubuh seseorang bervariasi. Jika kadar kolesterol melebihi normal, maka dikatakan kolesterol tinggi yang bisa menyebabkan penyakit serius seperti jantung dan stroke. Usia adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kolesterol tinggi. Semakin bertambah usia, hati menjadi kurang mampu menghilangkan kolesterol jahat.

  1. Depresi

Semakin bertambah usia, semakin banyak hal yang harus dipikirkan dan diperhatikan seperti masalah ekonomi, orangtua yang menua, membesarkan anak, sampai masalah penampilan fisik. Hal ini bisa mengganggu kondisi mental seseorang sehingga menyebabkan depresi.

penyakit depresi usia 40


Untuk menghindari berbagai penyakit yang bisa menyerang usia 40 tahun ke atas, kita perlu mencegahnya sedari dini dengan cara memperhatikan dan menerapkan berbagai tips hidup sehat. Terapkanlah gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan yang baik, yaitu dengan mengurangi kalori, membatasi porsi makanan, serta cukup serat dan cairan. Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tidurlah yang cukup agar kinerja organ tubuh berjalan secara normal. Hindari rokok dan alkohol yang dapat merusak tubuh bahkan kondisi keuangan. Serta, tetaplah berpikiran positif agar hidup bahagia dan tubuh sehat.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Cara Mudah Mendapatkan Kuota Internet Gratis

Semakin Bersyukur di Usia Cantik