Sering Merasa Cemas, Coba lakukan Hal Berikut!

Dalam hidup ini, manusia selalu dihadapkan pada berbagai ujian. Sebagian orang bisa menghadapinya dengan biasa saja dan menganggapnya sebagai bagian dari ujian hidup, namun sebagian lagi menghadapnya dengan rasa cemas yang berlebihan. Rasa cemas yang berlebihan bisa membuat kesehatan mental terganggu dan akhirnya menyebabkan hal yang lebih serius seperti anxiety.

Rasa cemas berlebihan banyak dirasakan sebagaian orang saat ini, yang juga termasuk dampak dari pandemi Covid yang berpengaruh pada berbagai hal. Pandemi telah menyebabkan masalah pada kesehatan, ekonomi, hubungan, dan sebagainya termasuk menyebabkan kesehatan mental yang salah satunya ditandai rasa cemas yang berlebihan.

Rasa cemas yang terus menerus tidak bisa dibiarkan saja dan mengganggu aktifitas kita. Kalau perlu, periksakanlah diri ke psikolog atau psikiater. Selain itu, untuk umat islam, Alquran sudah memberi petunjuk atau obat untuk mengatasi cemas yang berlebihan dengan cara menghadirkan ketenangan dalam hidup dalam berbagai cara.

Menurut ustadz Adi Hidayat dalam channel youtube Adi Hidayat Official, ada beberapa ayat dalam Alquran yang menjadi petunjuk untuk menghilangkan cemas dan menghadirkan ketenangan. Menurut petunjuk dalam Alquran, ketika seseorang merasa cemas, lakukanlah dzikrullah atau berdzikir kepada allah SWT seperti firman Allah SWT dalam Alquran berikut ini:


cemas berlebihan


الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوب

(Alladziina aamanuu wa tatma'innu quluubuhum bidzikrillah 'alaa bidzikrillaahi tatma'innul quluub)

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS Ar Ra'du : 28)

Ayat ini mengingatkan kita agar meyakinkan diri dalam hati bahwa dengan berdzikir pada Allah SWT maka Allah SWT akan memberikan ketenangan. Jika rasa cemas datang, segeralah fokus berdzikir sampai mendapatkan ketenangan. Amalan dzikrullah ada 4, diantaranya adalah:

1. Bacaan Dzikir 

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: " Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS Annisaa ayat 103)

Dzikir bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, dzikir setelah shalat adalah keutamaan yang diperintahkan Allah SWT dalam Alquran. Bacaan dzikir berupa istighfar, tasbih, takbir, tahlil, dan bacaan doa lainnya yang banyak dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW. Bacalah dzikir sambil mengingat Allah SWT, jangan cuma di lisan. Berdzikirlah sampai ada perubahan dalam hati dan cemas berkurang.

2. Membaca Alquran

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَاِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ اٰيٰتُهٗ زَادَتْهُمْ اِيْمَانًا وَّعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَۙ

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal," (QS Al Anfal:2)

Membaca Alquran termasuk salah satu amalan dzikir kepada Allah SWT. Bacalah Alquran dengan tulus dan sambungkan dengan hati sembari mengingat Allah SWT sampai ketenangan datang. 

3. Lakukan shalat 

Ketika rasa cemas masih saja datang, lakukanlah wudhu, menghadap kiblat, dan lakukanlah shalat sesuai dengan waktunya. Jika waktu Dhuha, maka lakukanlah shalat Dhuha, jika waktu Tahajjud maka lakuknalah shalat Tahajjud, dan seterusnya. Jika belum waktunya shalat, lakukanlah shalat Mutlak, yaitu shalat sunnah yang dilaksanakan tanpa terikat oleh waktu. 

Saat sujud, tumpahkanlah segala kegelisahan dan kecemasan yang kita rasakan, bahkan sampai air mata kita tumpah. Dalam shalat, semua dzikir terkumpul dan inilah waktunya kita untuk menumpahkan segala masalah kita pada Allah SWT.

4. Yakin Ada Solusinya 

 فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا 

Artinya: "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (QS Al Insyirah: 5)

Allah SWT sudah berjanji dalam Alquran bahwa sesudah kesulitan ada kemudahan. Pasti ada solusi dari setiap masalah. Dari dahulu pun kita ditimpa masalah dan mampu melewatinya. Maka yakinikah bahwa semua akan ada solusinya sehingga kita tak lagi merasa cemas dalam hidup. Wallahua'lam bishawwab. 



Comments

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

3 Blog Masak Favorit