Tuesday, October 4, 2016

Perbedaan GoPro Hero 5 Black vs Hero 5 Session



Diperkenalkan bersamaan, GoPro Hero 5 Black dan Hero 5 Session sejatinya hampir sama. Hanya saja Hero 5 Session adalah versi lebih murah daripada versi Black. Dalam hal spesifikasi yang krusial, keduanya hampir sama. 

Bagi teman-teman pecinta GoPro pastilah sudah tidak heran dengan dua versi ini. Pasalnya, GoPro memang punya kebiasaan untuk merilis dua varian untuk produk mereka. Ini agar pengguna dapat menyesuaikan produk dengan ‘dompet’ mereka. 

  
GoPro Hero 5 dengan Banyak Perubahan

Di tahun 2016 ini, ada cukup banyak perubahan yang terjadi pada produk GoPro. Tak heran karena mereka vakum cukup lama, yaitu 2 tahun! GoPro harus bisa memberi terobosan baru, apalagi dengan maraknya pesaing baru di kategori kamera yang sama. 

Ada beberapa perubahan signifikan, contohnya saja kemampuan Hero 5 yang lebih tangguh karena tak perlu casing tambahan untuk dibawa menyelam ataupun surfing. Dengan catatan, teman-teman dapat membawanya menyelam sampai dengan 10 meter. Kemudian, sensor kamera yang diberikan pun ditingkatkan yaitu 12 MP dengan layar sentuh 2 inci di bagian belakang. Hero 5 juga sudah dilengkapi dengan microphone stereo yang dapat merekam suara lebih jernih dan jelas tanpa perlu bantuan microphone tambahan. Kegiatan teman-teman jadi makin ringkas, bukan?

Perbedaan GoPro Hero 5 Black vs Hero 5 Session
GoPro Hero 5 (bukalapak.com)

Yang cukup menarik dari beberapa perubahan tambahan pada spesifikasi GoPro Hero 5 ini adalah teknologi Voice Controller. Teknologi ini memungkinkan pengguna Hero 5 tak perlu menekan tombol untuk mulai menggunakannya seperti merekam dan sebagainya. Cukup gunakan perintah suara saja.
Asyik, bukan?

GoPro Hero 5 Black vs GoPro Hero 5 Session

Lalu, apa perbedaan antara GoPro Hero 5 Black dan Hero 5 Session? Ada beberapa spesifikasi yang ‘dikurangi’ pada Hero 5 versi Session. Misalnya saja, Hero 5 Session tidak punya layar LCD. Lalu, versi Session juga tidak punya fitur Location Capture dan tidak bisa memproduksi gambar dengan format RAW. Bagi beberapa orang format RAW begitu membantu mereka untuk bisa lebih leluasa meng-edit foto.  Akan tetapi, kalau teman-teman tak begitu mementingkan spesifikasi tersebut, Go Pro Hero 5 Session juga dapat teman-teman pertimbangkan. Harganya cukup terjangkau yaitu US$ 299.99 saja. Lumayan, kan, menghemat US$ 100 dibandingkan dengan beli GoPro Hero 5 Black. Itulah untuk harga go pro hero 5.

Sementara itu, beberapa teknologi lainnya masih sama. Sebut saja kamera video 4K, casing waterproof, simple 1 button control, voice controller, fitur wi-fi dan bluetooh dan kemampuan mereduksi suara angin. Fitur Auto-Upload to Cloud juga ada pada versi hemat dari Hero 5 ini. Oh ya, kemampuan stabilisasi video juga sama-sama ada pada kedua versi. Hanya saja, resolusi kamera yang dimiliki oleh Hero 5 Session sedikit diturunkan menjadi 10 MP saja. Tak begitu signifikan, bukan?

Kalau teman-teman tak begitu mementingkan layar LCD yang memang cukup dipertimbangkan oleh beberapa orang – Hero 5 Session tetap dapat menjadi pilihan terbaik. Namun kalau teman-teman ingin spesifikasi yang lebih lengkap sebenarnya nilai US$ 100 tidak begitu ‘terasa’. Dengan menambah dana ‘sedikit lagi’, teman-teman sudah bisa memperoleh versi lengkap dari keluaran terbaru dari perusahaan yang dipimpin pria tampan bernama Nick Woodman tersebut. 

Yuk, tunggu rilis terbaru dari GoPro Hero 5 Black dan Session di Indonesia dalam waktu dekat. Semoga dalam tahun ini kamera aksi teranyar tersebut sudah hadir di Tanah Air. Tidak sabar, ya!

13 comments :

  1. Bila spesifikasinya hampir sama, biasanya saya pilih yang murah, hehehe

    ReplyDelete
  2. GoPro Hero 5 Black keren. Mupeeeenng saya belom punya. Heheeh...

    ReplyDelete
  3. kalo yang go pro 5 bisa format raw kak ?

    ReplyDelete
  4. Spesifikasinya memang keren tapi masih belum bisa kesampaian untuk memilikinya

    ReplyDelete
  5. saya lagi kepengen banget beli kamera, tapi belum tahu beli merk apa yang bagus. Makasih Mbak Kania info ini, bisa jadi bahan masukan yang baik.

    ReplyDelete
  6. kapan yah ada di sini..gak sabar..mauu hehe

    ReplyDelete
  7. Saya mah seneng2 aja dkasih yg mana aja hihihi

    ReplyDelete
  8. Saya belum punya, jadi kepengen nih huhuhu, tapi saya sendiri jarang beraktivitas yang tergolong 'enak' buat direkam. JAdi masih mikir-mikir nih

    ReplyDelete
  9. dan,aku belum pernah pegang go pro,penasaran

    ReplyDelete
  10. cakep spesifikasinya. Semoga saya juga punya :D

    ReplyDelete
  11. Baru denger-denger kehebatannya aja Mbak, tentang GoPro. Hmmm, kapan yak megang GoPro beneran. Haha. Ngarep.

    ReplyDelete
  12. Baru ngerti tentang goPro.
    Aku kudettt

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...