Temukan Berbagai Tips Kecantikan Untuk Kulit Berminyak di talkativetya.com

talkativetya.com

tak adakah lipstick, bedak, or even a mirror untuk touch up?

Itulah salah satu komentar teman blogger di postingan saya tentang apa yang biasa saya bawa di dalam tas. Ya, memang begitulah saya, jarang bahkan tak pernah membawa peralatan kosmetik atau perawatan tubuh di dalam tas kecuali jika pergi menginap. 

Terlalu. Itu mungkin yang ingin teman sampaikan sama saya, hehe. Saya juga ingin bilang seperti itu sama diri sendiri. Tapi ada alasannya saya tidak memakai banyak produk kosmetik. Dulu saat remaja saya itu suka termakan iklan kosmetik. Saya mencoba produk ini itu tanpa pengetahuan tentang produk apa yang cocok untuk kulit saya, haruskah saya memakainya, dan sebagainya. Akibatnya kulit saya berjerawat sehingga saya jadi pelanggan dokter kulit yang lumayan mahal menurut kantong saya. Parahnya lagi, saya sempat salah memakai cream jerawat dari dokter sehingga jerawat saya makin menjadi. Pemakaian pil hormon KB memperparah kondisi  muka saya. Beberapa tahun terakhir ini kondisi muka saya jauh lebih mendingan dan jerawat berkurang. 

Sejak itu, saya tak berani mencoba produk ini dan itu karena takut malah akan merusak kulit muka yang sensitive. Saya cuma pakai facial wash, cream, bedak, dan lipbalm untuk sehari-hari dan bepergian. Padahal kalau saya punya pengetahuan yang cukup tentang kosmetik yang sesuai, saya juga bisa kok tampil cantik bermake-up terutama saat ke acara spesial. 

talkativetya.com
Ini salah satu beauty blogger yang belakangan ini saya kunjungi blognya

Selain alasan di atas, saya juga orangnya tak mau repot, apalagi saat anak-anak masih kecil. Karena jarang memoles wajah, makanya saya tidak punya skill bermakeup dan tidak percaya diri saat bermakeup bahan saat hanya memakai lipstik. Saya juga suka speechless membaca tulisan para beauty blogger di blog mereka tentang berbagai hal menyangkut kosmetik dan kecantikan. Duuh, ko mereka bisa ya tampil cantik padahal dengan makeup minimalis. Ko bisa membat alis yang berantakan jadi rapi, dan sebagainya. 

Menjadi blogger dan memiliki teman beauty blogger dari berbagai komunitas sedikit membuka mata pentingnya menjaga penampilan. Beberapa kali blogwalking ke salah satu Indonesian beauty blogger membuat pengetahuan saya (mudah-mudahan) bertambah.

Dia adalah Atistya Arifin, atau biasa dipanggil dengan sebutan Tya. Dia pemilik blog www.talkativetya.com. Katanya, orangnya ceriwis, suka masak, nulis dan difoto. Impian terbesarnya jadi langsing, jalan-jalan ke luar negeri, dan bikin buku puisi sendiri. Ibu dua putra ini adalah seorang guru bahasa Inggris. Sebagian besar isi blognya tentang kecantikan, kesehatan, dan makeup.

Jujur, saya terbengong-bengong sekaligus kayak dapat pencerahan dari blog ini. Banyak istilah kosmetik yang baru buat saya seperti primer, matte, dan istilah lainnya. Beberapa tulisan Tya yang saya suka adalah tentang tips kecantikan untuk kulit berminyak. Kulit saya memang saya termasuk yang mudah berminyak, mudah berjerawat dan cenderung sensitive.

  1. Tips makeup untuk kulit berminyak
Ada 6 tips make up untuk kulit berminyak dari Tya. Pertama, menurut Tya, kulit berminyak tetap harus diberi pelembab, tentu saja yang sesuai dengan kulit berminyak. Kedua, pakai primer yang sesuai untuk kulit berminyak. Primer yang diformulasikan untuk kulit berminyak biasanya memiliki kelebihan mengurangi kadar minyak di wajah, mengecilkan pori-pori, sampai meratakan warna kulit. Ketiga, pilih foundation atau BB cream yang berbasis air dan mampu menyerap kelebihan minyak di wajah. keempat, pilih loose powder untuk kulit berminyak. 

talkativetya.com
Rekomendasi bedak untuk kulit berminyak dari Tya, mulai dari yang harganya 25 ribu sampai 200 ribuan. Sumber: www.talktivetya.com

Kelima, jika masih berminyak setelah melewati 4 tahap diatas, jangan buru-buru didempul dengan bedak. Tapi gunakan dulu blotting paper atau oil paper yang mampu menyerap minyak dan menghilangkan kilap di wajah. Keenam, menyemprotkan face mist agar wajah tidak kekurangan air. Oh ya, Tya juga merekomendasikan beberapa merek yang bisa kita pakai beserta kisaran harganya.

  1. Membuat bedak sendiri menggunakan berbagai tepung
Saya surprised banget saat membaca tulisan Tya yang ini. Kita bisa membuat sendiri bedak untuk kulit berminyak kita! Membuat bedak sendiri tentu akan jauh lebih hemat dan sehat.

Bahan yang digunakan yaitu tepung garut (arrowroot powder), tepung maizena (corn flour), dan tepung coklat (cocoa powder). Pertama-tama, masukkan satu sendok tepung garut menggunakan sendok takar yang paling besar, ke dalam mangkuk. Masukkan 1 sendok ukuran sedang tepung maizena ke dalam mangkuk. Masukkan 1 sendok ukuran kecil tepung coklat ke dalam mangkuk. Aduk-aduk, boleh juga diayak jika merasa kurang halus. Masukkan ke tempat bedak dan yeayyy..bedaknya siap dipakai!

talkativetya.com
bedak buatan sendiri. Sumber www.talkativetya.com

Menurut Tya, tepung garut memiliki efek menghaluskan kulit. Tepung maizena bisa menyerap minyak yang berlebihan di wajah, sehingga akan memberikan hasil kulit wajah yang matte. Tepung coklat memiliki zat antioksidan dan anti inflamasi yang bisa membantu meremajakan kulit.

  1. Membuat sendiri Acne green tea face mist
Beberapa wanita mungkin menganggap face mist tidak penting. Cuung, saya angkat tangan hehe. Padahal, menurut Tya face mist banyak manfaatnya. Face mist membuat wajah menjadi segar, lembab, makeup tahan lama dan terlihat natural. 

Tya memberikan tips cara membuat face mist sendiri di rumah untuk muka berminyak, berjerawat, berpori-pori besar dan komedoan. Masaklah air sampai mendidih lalu tuangkan ke cangkir. Celupkan green tea dan diamkan selama 1 jam. Setelah dingin, tuangkan ke dalam botol spray. Teteskan 2-3 tetes tea tree oil lalu kocok. Acne green tea face mist siap digunakan! Pengalaman Tya menggunakan face mist ini selama seminggu, membuat 2 jerawatnya menjadi kempes.

acne green tea face mist buatan sendiri. Sumber www.talkativetya.com

Itulah 3 diantara ratusan tulisan Tya tentang berbagai tips kecantikan. Masih banyak sebenarnya tulisan lainnya yang menarik. Misalnya saja tentang quick and easy everyday makeup. Kenapa menarik? karena saya termasuk perempaun yang tak mau repot dan tutorial ini cocok sekali buat saya. Menurut Tya, Cuma perlu waktu 10-15 menit untuk melakukan everyday makeup ini. Tapi karena saya bau kencur dalam hal ini, kayanya mungkin saya perlu bermenit-menit deh. Mbak Tyaaa, saya kursus makeup deh sama dirimu, sekalian kursus bahasa Inggris ya!!

Selain itu, ada tips dari Tya bagaimana menyiasati lisptik glossy menjadi matte. Ada juga review tentang lensa mata berbentuk gel (gel contact lens) yang harganya ternyata lebih murah dari contact lens biasa namun tetap nyaman dipakai, dan berbagai informasi lainnya. Pokoknya, buat yang butuh tips seputar kecantikan terutama untuk kulit berminyak, silahkan ubek-ubek blognya Atisatya Arifin. 

Kita bisa dengan mudah menemukan informasi yang ingin kita cari melalui label yang disediakan Tya di blognya.Oh ya, Tya juga suka merekomendasikan beberapa brand beserta informasi harganya.Buat saya yang awam dunia kecantikan, itu sangat bermanfaat sekali. Jadi, sebelum membeli dan menggunakan, kita sudah punya bekal informasi dan dana yang harus disiapkan. Selamat berpetualang di blog talkativetya.com.

Comments

  1. Ini tips yang aku cari mba.Kulitku berminyak nich.

    ReplyDelete
  2. aku suka liat2 postinagn biuti blogger mbak, liat tips2 menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun mba, tips2nya oke secara saya emang buta banget dunia ini

      Delete
  3. Waaah Mbak Kania, survay-nya terhadap blog Mbak Tya mendalam banget.

    *jadi ingat lagi saya belum kerjain tugas yang ini -_- *

    ReplyDelete
  4. Tipsnya menarik Mbak, terutama yang bagian bikin bedak sendiri. Nanti kukepoin deh blog Mbak Tya. Trims infonya :)

    ReplyDelete
  5. Absen deh, ikut hadir hehehe
    salam sehat dan sukses mbak

    ReplyDelete
  6. wah, baru tahu semua itu bisa buat sendiri ya, tapi kepraktisan kadang menjadi pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mba, apalagi kalau yg punya anak kecil

      Delete
  7. Emang cantik sih orangnya, cucok jadi beauty blogger :)
    JAdi penasaran pengen kepoin blog dia

    ReplyDelete
  8. Bedak dari tepung...jadi penasaran deh. Kepingin bikin juga

    ReplyDelete
  9. Waah seru ya jadi beauty blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepung garut beli yang dari tepung untuk MPASI itu lho mbakyu. Tepung gasol namanya. Biasanya di toko perlengkapan baby jual tuh....

      Delete
  10. mbak kaniaa ternyata kita se grup yaa :D

    ReplyDelete
  11. Sy selalu seneng baca tulisan para beauty blogger. Termasuk tips2 nya tp syg sy selalu ga berhasil (baca:malas) mempraktekkan tips nya hehehe *plakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya, kalo tips utk kulit berminyak dari mba Tya sudah pasti kepake sih itu kan tips memilih kosmetik yg cocok utk kulit berminyak sya :)

      Delete
  12. Tips Make-Up untuk kulit berminyaknya saya tiru ah, makasih ya Mba sharing-nya :)

    ReplyDelete
  13. Mbak Tya emang oke banget, aku suka baca blog dandannya ama ootd nya...

    ReplyDelete
  14. biasanya ke biyuti blogger cuma baca cara penulisannya aja, ini pertama kalinya kepoin ampe dalam karena banyak tutorialnya termasuk yang diatas itu, secara saya malesan juga orangnya -_-

    ReplyDelete
  15. Wah, ternyata di blognya membahas kosmetik yang merakyat juga ya Mbak. Kulit berminyak memang membuat risih ha Mbak -,-

    ReplyDelete
  16. Saya pernah berkunjung ke blognya mbak Tya, tetapi kemudian lupa lagi mbak. Nanti saya buka lagi deh, memang seru ya ngomongin tentang dunia kecantikan mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru mba, ternyt pengetahuan saya tentang dunia ini nol besar

      Delete
  17. Blognyaaaa inspiratif ni mba Tya dan mba Kanis juga mereviewnya enak dibaca...

    ReplyDelete
  18. Aku bingung kalau lihat postingan beauty blogger, karena peralatanku cuma semacem :)

    ReplyDelete
  19. Lumayan ya kalau bisa buat bedak sendiri. Lebih hemat. Mak irit banget yaa.. heheheheh.. :D

    ReplyDelete
  20. Waah tips nya sangat bermanfaat sekali, selain mengatasi muka berminyak yang bikin mood buruk juga bikin kantong lebih hemat

    ReplyDelete
  21. Saya tertarik banget tuh dengan DIY bikin face mist nya. Bisa ya mba Tya. Hebat... *jempol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tinggal green tea sama spray nya nih blm ada :)

      Delete
  22. Terima kasih banyak atas tulisannya mbak Kania. Senang deh kalau ternyata artikel di blog banyak membantu dan menginspirasi. Aku jadi makin semangat ngeblog.

    Salam cantik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, mudah2an saya ketularan semangatnya ya mba :)

      Delete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Cara Mudah Mendapatkan Kuota Internet Gratis

Semakin Bersyukur di Usia Cantik