3 Jenis Pengobatan untuk Mengatasi Nyeri Haid



Menstruasi adalah kondisi dimana dinding endometrium rahim mengalami pengelupasan yang disertai dengan keluarnya darah. Hal ini termasuk sesuatu yang normal terjadi pada seorang wanita apalagi yang sudah memasuki masa puber. Menandakan bahwa sudah siap untuk berproduksi. Hanya saja juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya ketika tengah haid biasanya perut akan terasa sakit atau nyeri, diagnosa nyeri haid ini sebenarnya adalah kondisi yang normal terjadi.

Namun terkadang ada beberapa orang yang mengalami rasa nyeri atau sakit tidak tertahankan, sehingga cukup mengganggu aktivitasnya. Umumnya nyeri saat menstruasi ini terjadi di hari-hari pertama namun setelah itu akan reda sendiri. Rasa sakit pada saat datang bulan ini sebenarnya bisa diobati dengan beberapa langkah, diantaranya adalah:


mengatasi nyeri haid


  1. Mengonsumsi obat pereda nyeri, obat-obatan semacam ini banyak dijual di apotek, seperti diantaranya adalah Ibuprofen, Motrin IB dan masih banyak lagi diantaranya, membantu untuk mengurangi rasa sakit ketika sedang haid.
  2. Menggunakan obat antidepresan, biasanya dokter atau bidan sendiri yang akan meresepkan obat tersebut, dengan tujuan adalah untuk mengurangi efek dari perubahan hormonal yang kerap kali menyebabkan mood swing. Biasanya ia tidak dijual secara bebas di pasaran, baru bisa dibeli dengan menggunakan resep dokter.
  3. Menggunakan alat kontrasepsi hormonal, alat kontrasepsi layaknya pil KB bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri ketika sedang haid, karena obat yang satu ini bekerja dengan fungsi untuk menipiskan dinding rahim, sehingga ketika dinding rahim tersebut meluruh rasa nyerinya juga tidak akan terlalu berlebihan. Hanya saja tentunya tidak semua orang dapat menggunakan obat-obatan ini, harus ada resep dari dokter.

mengatasi nyeri haid


Setidaknya itulah beberapa obat-obatan yang bisa dipakai untuk meredakan nyeri saat haid. Anda juga harus mengetahui siklus haid sehingga lebih mudah untuk mengontrolnya, diantaranya dengan menggunakan kalkulator ovulasi anak perempuan. Pastikan ketika sedang haid juga menggunakan produk pembalut yang aman layaknya Laurier untuk menjaga kesehatan organ intim Anda.

Comments