Dukung Kegiatan Belajar Anak di Masa Pandemi Bersama Ruang Belajar

  

Sudah kurang lebih satu setengah tahun sekolah di negeri kita diadakan secara daring karena pandemi, atau disebut juga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Rasanya sudah jenuh. Di satu sisi, banyak orangtua dan murid yang mengeluh dan ingin segera sekolah tatap muka. Namun di sisi lain, orangtua juga khawatir akan keselamatan anaknya jika pembelajaran tatap muka dilaksanakan di saat pandemi seperti ini.

Di Tahun Ajaran Baru Juli 2021 ini, pemerintah menetapkan pembelajaran sekolah masih dilakukan dengan daring karena angka penderita Covid-19 semakin tinggi. Lagi, orangtua jadi dilema. Di satu sisi orangtua lega karena berkurangnya khawatir terhadap kesehatan anak. Namun di sisi lain, orangtua juga kembali akan berkutat dengan PJJ yang kadang-kadang bikin repot.


layanan belajar online terbaik


Bagaimana tidak repot, orangtua yang tak biasa menjadi guru, tiba-tiba harus menjadi guru yang serba bisa buat anaknya. Ya guru matematika, Bahasa inggris, IPA, pokoknya semua mata pelajaran harus bisa dikuasai jika anaknya bertanya atau ada tugas. Kalau salah satu orangtua tidak bekerja, mungkin tidak terlalu bermasalah. Namun jika keduanya bekerja, harus rela multitasking, saat bekerja dari rumah juga sekaligus menjadi guru bagi anaknya. Karena berdasarkan pengalaman pribadi, walau anak sudah belajar online di depan computer bersama guru, tetap bolak balik nyamperin ayah atau ibunya untuk bertanya, terutama jika ada tugas.

Untuk mendukung pembelajaran sekolah anak di masa pandemi, orangtua dituntut kreatif dan melek teknologi. Orangtua juga jadi ikut belajar, buka buku sekolah, googling internet, belajar berbagai aplikasi, untuk membantu kegiatan sekolah sang anak. Ada juga yang  mendaftarkan sang anak untuk ikut bimbingan belajar demi mendukung pembelajaran di sekolah.

layanan belajar online terbaik


Ikut bimbingan belajar ternyata tak selalu mahal. Ada yang terjangkau banget, seperti Program Ruang Belajar dari layanan belajar online terbaik Ruang Guru. Kebetulan Ruang Belajar sedang mengadakan promosi untuk bimbingan belajar tahun ajaran baru 2021 ini. Paket belajar termurah dan paling banyak diminati mulai dari 600 ribu setahun (sudah diskon), jadi kita Cuma bayar kira-kira 50 ribu sebulan. Dengan harga paket sebesar itu banyak banget keuntungan yang didapatkan. Ini nih diantaranya:

  1. Siswa bisa belajar mandiri melalui aplikasi Ruang Guru di handphoe atau komputer dengan master teacher dengan puluhan ribu video animasi dan infografis yang menarik. 
    layanan belajar online terbaik

  2. Tersedia ratusan latihan soal serta kunci jawabannya yang bisa dikerjakan siswa.
  3. Jadwal belajar bisa ditentukan sendiri atau minta bantuan aplikasi untuk mengatur jadwal belajar.
  4. Siswa bisa download materi saat offline, jadi lebih hemat kuota internet.
    layanan belajar online terbaik

  5. Materi Ruang Belajar lengkap sesuai kurikulum.
  6. Ada fitur gamification yang bikin semangat belajar. Di fitur gamification, siswa bisa memilih teman belajar berupa karakter animasi yang akan selalu mengingatkan siswa dalam setiap proses pembelajaran. Misalnya ketika siswa tidak selesai menonton video, karakter animasi ini akan muncul mengingatkan siswa untuk menyelesaikan menyimak video materi. JIka siswa dapat menyelesaikan setiap misi pembelajaran, maka akan mendapatkan hadiah poin tertentu. Keren kan, jadi seperti main game.
    layanan belajar online terbaik

  7. Bisa memantau perkembangan belajar anak dengan mudah. Untuk memantau perkembangan belajar siswa, orangtua cukup ketik “Rapor Anak” ke nomor whatsapp Ruang Guru. Nanti akan ada balasan berupa link rapot siswa yang bisa diakses orangtua. Mudah dan praktis ya.

Oh ya, bulan Juli 2021 ini ada beberapa fitur baru di Ruang Belajar. Diantaranya fitur Adapto untuk pembelajaran yang lebih interaktif, fitur Rencana Belajar untuk membuat siswa lebih disiplin, fitur Subtittle Video agar siswa lebih faham ketika menyimak video, fitur Pencarian untuk memudahkan mencari materi pembelajaran, fitur Pet Mission untuk mendorong siswa rajin belajar, dan fitur tes minat dan bakat untuk membantu siswa memperkirakan karir yang sesuai.

Untuk lebih jelasnya, silahkan download aplikasi Ruang Guru dan mencoba berbagai fitur gratisnya. Semangat damping kegiatan belajar anak selama pandemi ya, ayah dan bunda!

 

Comments

Popular posts from this blog

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik