Penyebab dan Pengobatan untuk Angin Duduk

 

            Gejala dari Angin duduk adanya rasa nyeri di bagian dada seperti di tindih atau di tekan, gejala yang satu inu lebih sering muncul saat para penderitanya sedang melakukan aktivitasm jasi pada saat jantung bekerja memompa darah lebih cepat.

            Penyakit yang satu ini bisa ditangani dengan cara di obati oleh dokter dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Jika penyakit yang satu ini ditangani dengan baik maka Anda bisa terhindar dari komplikasi yang cukup serius.

angin duduk


 

Penyebab Angin Duduk

            Angina duduk ini terjadi pada saat pembuluh darah yang ada di jantung ini mengalami penyempitan. Pembuluh coroner yang fungsinya untuk mengalirkan darah ini akan memompa darah dengan sangat baik. Pada saat pembuluh darah ini mengalami penyempitan maka suplai oksigen akan terganggu dan membuat jantung jadi tidak bisa memompa darah dengan baik. Beberapa faktor bisa membuat penyakit jantung ini jadi jantung coroner, faktor- faktor tersebut diantaranya:

·       Kolesterol yang tinggi

·       Diabetes

·       Hipertensi

·       Stres

·       Obesitas

·       Merokok

·       Kurang berolahraga

·       Memiliki keluarga yang punya riwayat angina duduk

·       Laki-laki yag usianya 45 tahun ke atas atau perempuan yang usianya 55 tahun ke atas

·        Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol

 

Pengobatan Angin Duduk di Rumah Sakit

            Jika Anda mengalami angina duduk maka sebaiknya Anda ini segera lakukan konsultasi dengan dokter jantung supaya Anda bisa segera tahu penyebabnya. Biasnya penyakit ini di sebabkan oleh penyakit jantung coroner, jika hal ini memang begitu maka dokter akan memberikan obat- obat berikut ini:

·       Obat nitrat

Obat yang satu ini memiliki fungsi untuk melemaskan pembuluh darah yang kaku supaya bisa mengalir lancar hingga sampai ke otot jantungm salah satu obatnya adalah nitrogliserin 

·       Obat pengencer darah

obat yang satu ini punya fungsi untuk mencegah sel darah menggumpal, beberapa contoh obatnya ada ticagrelor, clopidogrel, dan aspirin.

·       Obat antagonis kalsium

Obat yang satu ini bisa melancarkan aliran darah pada jantung sehingga bisa mencegah angina duduk. Selain itu obat ini juga bisa membantu untuk melemaskan sel-sel otot yang ada dalam dinding pembuluh darah contoh obatnya ada diltiazem dan amlodipine,

·       Obat penghambat beta

Obat yang selanjutnya memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan darah serta denyut jantung, hal tersebut membuat beban kerja pada jantung jadi berkurang

·       Obat ACE inhibitor

Obat ini memiliki fungsi untuk membuat pembuluh darah melebar dan tekanan darah juga jadi menurun

·       Statin

Obat yang satu ini bisa menurunkan kolestrol yang ada dalam darah, jadi rusaknya pembuluh darah bisa dicegah.

Beberapa orang yang pernah menderita angina duduk ini tidak bisa diatasi lagi dengan obat- obata, jika hal ini terjadi maka dokter akan melakukan beberapa tindakan diantaranya:

·       Pemasangan ring jantung

Tujuan dari prosedur ini bisa membantu untuk membuat aliran darah jadi lebih lancar, caranya yaitu dengan melebarkan bagian pembuluh darah yang mengalami penyempitan, jika sudah nanti akan di pasangkan sebuah alat yang brntuknya seperti cincin supaya bagian tersebut tidak menyempit lagi.

·       Operasi bypass jantung

Operasi yang satu ini bertujuan untuk mengalirkan rute aliran darah yang menyempit, caranya ini dengan membuat sebuah pembuluh darah alternatif. Pembuluh darah ini bisa di ambil dari bagian tubuh yang lain.

Pengobatan Tambahan Angin Duduk

·       Mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang

·       Komsumdi banyak makanan yang mengandung banyak serat contohnya buah- buahan, biji- bijian,dan sayuran.

·       Jangan konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh

·       Jangan makan melebihi porsi atau kalori yang memang dibutuhkan oleh tubuh

·       Tidur cukup dalam satu hari

·       Mengelola stres dengan baik.

·       Menjaga berat badan

·       Tidak merokok.

 


Comments

  1. Saya langsung membayangkan saat terkena angin duduk, Mbak. Akan tersiksa sekali bernapas saat dada seperti dihimpit ya. Jadi sebelum terkena angin duduk, sebaiknya melakukan pencegahan. termasuk jangan merokok bagi kaum adam.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask